Ada Yang Tau Bedanya Banteng Sapi Dan Kebo ?

Ada Yang Tau Bedanya Banteng Sapi Dan Kebo ? 11:37
Ada yang tau gak sih bedanya Kebo Sapi ama Banteng ? Hahah gaje banget yak .. ngapain coba ngurusin Kebo , Sapi ama Banteng :D . Yah secara baru kemaren Lebaran haji ya kan ... pasti lah sering banget tuh liat Sapi di Tipi . Eits tunggu dulu nih itu Sapi apa Banteng yak yang di tipi kemaren ? ahah tuh kan ... awas aja kalo ampe salah ...
Okeh deh gak usah kepanjangan bahas makhluk 3 bersaudara dengan tamplian yang eksotis ini , kita langsung aja ..
Oh iya perlu di ketahui dulu sebelumnya , ketiga makhluk yang kita bahas ini masuk ke dalam keluarga Bovidae dan subfamilia Bovinae .

Sapi .
ini sapi


Sapi yang punya nama Binomial Bos Taurus ini sering juga di sebut Lembu di beberapa daerah di Indonesia .Jadi Lembu sama dengan Sapi , cuma cara penyebutannya saja yang beda .

Sapi sendiri biasanya menjadi binatang ternak yang dimanfaatkan Susu nya , Daging dan ada juga beberapa daerah yang memakai sapi untuk menarik pedati atau grobak bahkan ada juga yang menggunakan sapi untuk membajak sawah *Tega T_T itu kan tugas si Kebo .
Ada lagi nih yang menarik dari sapi , permintaan pasar terhadap Daging sapi di Indonesia memang tidak pernah surut , dan kebanyakan daging sapi yang di pasarkan adalah daging sapi Bali . Dan tau gak sih sebenarnya Sapi Bali itu bukan Sapi melainkan Banteng ? Nah loh makan daging Banteng :D :P .
Ya , Sapi bali memang ternyata Domestikasi dari banteng yang sebenarnya memang lebih mirip Banteng ketimbang Sapi .
Fakta seputar sapi nih , kayaknya semua orang pernah minum susu dari makhluk Cute ini . Baik yang anak-anak sampe yang udah berumur masih saja memeras harta berharga dari si sapi ... liat aja nih betapa teraniayanya si makhluk malang ini ! Selain tidak sopan dan begitu melecehkan , keselamatan anda juga di pertaruhkan . >.<
Jangan meniru adegan ini

Dan satu lagi nih soal sapi , ternyata ada satu spesies sapi yang tergolong langka di dunia .
Sapi apa itu ?  Sapiderman !




Kebo atau Kerbau sama saja .


Kebo


Meskipun Kebo tuh masih dalam subfamilia yang sama dengan Sapi , tapi Genus Kebo beda . Kalo Sapi dari Genus Bos , si Kebo ini berasal dari genus Bubalus dengan nama ilmiah Bubalus Bubalis . Kebo juga lebih tahan idup ketimbang sapi , Ni makhluk bisa tetep kalem biarpun dunia lagi krisis .

Tanduk kebo biasanya lebih gede ketimbang sapi dengan ukuran rata-rata 1m dengan tinggi badan 17ocm di pundaknya , bisa nyalon jadi model lah .Bobotnya berkisar antara 300 sampe 600 kilo ukuran dewasa , kalo yang liar bisa lebih gede lagi bisa ampe 1200 kilo yang cowoknya dan 900 kilo yang ceweknya .

Biarpun Kebo cenderung hewan peliharaan , namun tabiatnya masih cukup labil dan suka menyerang meskipun tanpa diprovokasi . Makhluk kalem nan susah di tebak .

Nah Kebo sendiri banyak sekali kegunaannya bagi manusia seperti misalnya buat bajak sawah karena mereka dapat bergerak dengan sangat baik di dalam lumpur ketimbang Sapi.
asal jangan pas di sawah di perlakukan sekeji ini dengan alih alih biar kumis Kebo'nya numbuh subur .. lu pikir poon pisang lu kencingin subur -_-"
Kebo'nya di pipisin
Untuk susunya sendiri Kebo memiliki kadar lemak susu yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi olahan lezat seperti Keju Mozarella . Kulitnya juga biasanya di pakai untuk membuat sepatu , mungkin jaket , dan helm berkendara . Untuk dagingnya sepertinya jarang sekali yang suka ,selain teksturnya yang keras bau nya juga katanya gak enak .

Jenis jenis Kebo
Kebo Bule
Kebo bule
Mungkin karena warnanya yang putih membuat Kebo ini di namai kebo bule .
kalo yang ini Bule mirip kebo .
Udah gak usah pake kata "mungkin" lagi ... bentuk nya kayak gitu >.< .

Ada yang tau ini apa ???

Mirip orang tapi kayak kebo ... orang atau kebo ?

Banteng
Banteng dengan nama latin Bos Javanicus adalah saudara dengan Sapi yang sama sama berasal dari familia Bos . Yang membedakan dengan sapi adalah corak warna dan warna dasar si Banteng itu sendiri , biasanya warna banteng jantan antara Biru hitam atau coklat berpunuk dengan tanduk yang menjulang ke atas dan yang betina berwarna coklat tua gak berpunuk dan bertanduk kecil . Corak yang membedakan ada di kaki bagian bawah dan bokong banteng dan lagi di sekitar moncong yang biasanya berwarna putih .

Banteng adalah binatang yang aktif siang maupun malam hari dan memiliki kecenderungan untuk berkelompok dengan jenisnya . liat tayangan Dicovery Channel , gak ada banteng yang menyendiri di pojokan dan termenung meratapi nasibnya menjadi banteng .

Banteng sudah di domestikasi di beberapa daerah di Asia tenggara dan Australia dan dikenal sebagai Sapi Bali .Keunggulan sapi Bali sendiri diantaranya memiliki efisiensi reproduksi yang tinggi , daging berkualitas dengan karkas yang tinggi mencapai 57% , dan keunggulan lainnya adalah mampu menggunakan sumber pangan yang terbatas .

Banteng In Actions
Oops... >.<


=
Satu lagi nih hal menarik soal Banteng ...


Kenapa banteng akan marah banget kalo liat kain warna merah (Muleta ) dan bakal langsung nyruduk kalap ? jadi gini nih ceritanya 
Sebenarnya Banteng atau hewan ternak lainpun tidak akan terganggu dengan warna merah dari muleta ini karena mereka buta warna :D . 
trus apa yang membuatnya begitu garang sampe kalap membanteng buta ? 
Si banteng justru terganggu ama bentuk dan gerakan si Matador ( dalam adu banteng khas spanyol) , ya mungkin karena tu banteng tersinggung melihat kemolekan si matador itu #plak !
Pada tahun 2007 kemaren Discovery Channel melakukan 3 eksperimen tentang banteng ini . 
Eksperimen pertama dengan meletakan 3 bendera warna merah biru dan putih dan apa yang terjadi ? Banteng itu langsung nyeruduk ketiga bendera itu tanpa pilih-pilih mana yang merah .
Kedua ,Team DC meletakkan 3 boneka dengan warna merah biru dan putih juga dan seketika banteng itu juga nyeruduk ketiga boneka itu tanpa milih dulu .
dan eksperimen terakhir yaitu dengan menggunakan manusia bebaju merah yang di letakkan di kandang banteng . Di luar kandang ada dua orang berkostum koboy mondar mandir . apa yang terjadi ? Si banteng justru nyruduk si koboy yang ada di luar kandang yang tentunya gak pakai baju merah tanpa memedulikan orang yang berbaju merah dalam kandang dengan posisi diam .
Jadi kesimpulannya ... bukan warna merah yang mengganggu si banteng dan membuatnya emosi , melainkan banteng itu marah karena bentuk dan gerakan yang ada di depannya . 
itu .
Terus kenapa matador memakai kain merah dalam aksinya ?
Sebenarnya , di balik kain merah ( Muleta ) ada sebuah cambuk yang di sembunyikan . untuk apa ? yah tau sendiri lah .
Dan kain merah itu untuk menutupi cipratan darah si banteng agar tidak terlalu tampak .
Makanya sekarang Di Barcelona aksi matador sudah dilarang digelar .
Dari berbagai sumber

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon