Gajah Binatang Terkuat ? Anda Salah !

Gajah Binatang Terkuat ? Anda Salah ! 00:27
Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa definisi binatang terkuat pada post ini adalah binatang yang paling kuat menurut perbandingan antara proporsi tubuh dengan kekuatan yang dimiliki oleh hewan tersebut. Dan ternyata tidak seperti yang kita pikirkan selama ini, gelar hewan terkuat di dunia bukan dimiliki oleh gajah, paus atau binatang berukuran besar lainnya. Dan fakta menunjukkan bahwa, binatang paling kuat di dunia adalah copepod, walaupun ukuran mereka biasanya hanya sekitar 1 mm. Copepod juga merupakan hewan paling cepat di dunia, relatif terhadap ukuran mereka juga, ia mampu melompat pada kecepatan sekitar satu setengah meter per detik. Kekuatan mereka yang luar biasa ini, membuat mereka sepuluh kali lipat lebih kuat daripada semua spesies lain manapun yang telah diketahui di planet ini dan bahkan lebih kuat daripada semua mesin motorik mekanis buatan manusia yang ada sampai saat ini.




Untuk mencapai kekuatan dan kecepatan lompatan besar ini, yang terutama digunakan untuk menghindari predator, copepod menggunakan mekanisme penggerak dan sistem syaraf yang luar biasa sangat cepat, yang sangat jarang ditemukan pada invertebrata (hewan tak bertulang belakang) lainnya. Mereka juga memiliki jalur saraf yang dirancang secara unik dengan neuron yang dikelilingi oleh mielin, yang dengan ini akan meningkatkan kecepatan hantaran sinyal pada sistem syaraf mereka menjadi berkali-kali lipat. Ketika mereka mendeteksi pemangsa, sinyal dengan cepat akan dikirim ke kaki mereka dan pada sepasang antena, yang bersama-sama menyebabkan mereka untuk melompat dengan kekuatan tak terbayangkan.


Untuk memudahkan anda membayangkan kekuatan dahsyat hewan kecil ini, mari kita andaikan bila kita memiliki kekuatan yang setara dengan hewan ini untuk perbandingan ukuran tubuh kita. Jika anda mampu melompat dengan kekuatan yang sama, anda akan mampu melompat sekitar setengah mil (800 meter) jauhnya dalam waktu hanya satu detik di dalam air. Di udara, dimana gesekan lebih sedikit, tentu anda dapat melompat lebih jauh dari itu, anda dapat melompat sekitar 6-12 mil (9,6-19,2 km) per detik. Tentunya, jika anda memiliki kekuatan copepod dalam proporsi untuk ukuran tubuh anda.


Hampir semua jenis copepod tidak memiliki jantung atau sistem peredaran darah, karena ukuran kecil mereka. Mereka juga tidak memiliki insang karena mereka dapat bernapas dengan menyerap oksigen langsung ke tubuh mereka, juga seperti cacing tanah. Copepod juga dapat digunakan untuk mengontrol populasi nyamuk. Copepod dapat ditambahkan dalam jumlah yang signifikan ke dalam air di mana nyamuk berkembang biak dan mereka akan memakan larva nyamuk yang ditemukan di sana.


Selain itu, copepod adalah sejenis binatang crustacea kecil, yang terdiri dari sekitar 13.000 varietas (setengah darinya bersifat parasit), ditemukan di hampir setiap tempat di planet di mana ada kelembaban yang berkumpul, dari daerah kutub, lembab, aliran air dan gua bawah bawah tanah, sampai pada sistem instalasi air minum. Oleh karena itu, mereka dapat dijadikan sebagai bio-indikator untuk menandakan air yang baik dan tidak tercemar polusi. Copepod adalah sumber makanan penting bagi banyak ikan, paus, burung laut, crustacea, dan berbagai kehidupan laut lainnya.


Diperkirakan bahwa copepod menyerap 1-2 milyar ton karbon per tahun, yang setara dengan sekitar 1/3 dari seluruh emisi karbon yang dihasilkan oleh manusia dan cukup signifikan untuk membuat mereka menjadi penyerap karbon terbesar di dunia. Mereka juga berkontribusi untuk membawa karbon ke laut dalam. Planktonik copepod, yang menyerap karbon, akan mencari makan di dekat permukaan pada malam hari dan kemudian tenggelam ke dalam air di siang hari untuk menghindari predator, dan secara tidak langsung mereka juga membawa karbon ke laut dalam. Karena faktor-faktor di atas, copepod adalah salah satu organisme terpenting di planet ini.


Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon