Tahukah Anda Apa Website Pertama Di Dunia ?

Tahukah Anda Apa Website Pertama Di Dunia ? 00:10
Pernahkah sebelumnya Anda berfikir atau menanyakan siapa penemu Ide membuat website ? Atau apa website pertama di dunia ? atau siapa sih yang pertama kali merancang atau punya ide gila membuat website ? Mungkin ada diantara pertanyaan itu yang pernah terbersit dalam angan Anda ? Kalau memang iya , mari kita simak sama sama artikel mengenai website paling pertama yang mempelopori menjamurnya website sekarang ini .
 
Website pertama di dunia adalah website yang dibuat oleh pencipta World Wide Web, yaitu Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan komputer yang bekerja untuk CERN (European Organization for Nuclear Research) di Jenewa, Swiss. Website ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 6 Agustus 1991 dan menyajikan sebuah halaman yang menjelaskan apa itu proyek World Wide Web. Proyek ini sendiri didasarkan pada filosofi bahwa informasi akademik harus bebas tersedia bagi siapa saja dan bertujuan untuk memungkinkan berbagi informasi antara para ilmuwan.




Website ini juga memberikan informasi tentang bagaimana pengguna dapat mengatur web server mereka dan bagaimana cara membuat website dan halaman web mereka sendiri, serta bagaimana mereka bisa mencari suatu website untuk mendapatkan informasi. URL untuk halaman web pertama di dunia ini beralamatkan di http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html.


Sayangnya, link ini sudah tidak aktif lagi, namun, versi awal dari halaman ini sudah dibuat salinannya dan telah diarsipkan dalam bentuk aslinya pada tahun 1992. Salinan dari halaman tersebut dapat ditemukan dihttp://www.w3.org/History/19921103-hypertext/hypertext/WWW/TheProject.html.


Untuk mengakses web tentu dibutuhkan suatu web browser. Dan web browser pertama di dunia, yang bernama WorldWideWeb, juga diciptakan oleh Tim Berners-Lee. Browser ini memiliki tampilan grafis yang bagus. Kita juga dapat merubah jenis dan ukuran font, selain itu kita juga bisa mendownload dan menampilkan gambar, suara, animasi, film, dan lain-lain. Browser ini juga memiliki kemampuan agar pengguna bisa mengedit halaman web yang sedang dilihat untuk saling berbagi informasi. Namun, browser ini hanya dapat dijalankan pada sistem operasi NeXT Step, yang kebanyakan orang tidak memilikinya karena harganya yang mahal.


Dalam rangka memberikan browser yang bisa gunakan oleh siapa pun, browser berikutnya yang ia kembangkan jauh lebih sederhana dan dengan cepat dikembangkan untuk dapat dijalankan pada hampir setiap komputer mana pun. Browser tersebut hanya berupa baris perintah dan teks saja, yang tentu tidak memiliki sebagian besar fitur browser pertama buatannya, tetapi setidaknya dapat digunakan pada hampir setiap komputer apa saja pada saat itu dan memungkinkan orang untuk mengakses informasi di web.


Web server yang pertama juga dimiliki oleh Tim Berners-Lee yang disebut CERN HTTPd (Hypertext Transfer Protocol daemon). Bagi yang belum tahu apa itu daemon, daemon kurang lebih hanyalah sebuah program yang berjalan di latar belakang pada sebuah sistem, yang melakukan apa saja yang diprogramkan pada program tersebut untuk dilakukan. Dalam hal ini, mendengarkan dan menanggapi permintaan halaman web yang ada pada mesin tempat program ini berjalan. Sekarang daemon ini lebih kita kenal dengan sebutan "server".

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon