Berpikir Ala Thomas Alva Edison

Berpikir Ala Thomas Alva Edison 06:19
Pada artikel ini kita akan bersama membahas salah satu tokoh ternama dan mungkin malah paling terkenal dan fenomenal di Dunia . Thomas Alva Edison . Ya , siapa yang gak tau ata gak kenal dengan nama yang satu ini , seorang penemu lampu yang luar biasa fenomenal .
Kisah hidupnya di masa kecil,muda serta kesuksesannya menciptakan berbagai macam penemuan mampu menginspirasi milyaran umat manusia di seluruh dunia . Selain dari Lampu pijar yang fenomenal lebih dari 3.000 penemuan lain di cetuskan oleh Thomas Alva Edison dan 1.093 diantaranya berhasil ia patenkan .
Diantaranya adalah bola lampu pijar , gramophone dan proyektor pemutar film kecil yang menjadi sumber inspirasi atau dasar teori yang kemudian di kembangkan dan menjadi seperti sekarang ini .

Thomas terlahir 11 februari 1847 di Milan Ohio Amerika Serikat dari pasangan suami istri Samuel Odgen seorang tukang kayu dan Nancy Elliot seorang guru .
Pada usia 7 tahun Thomas kecil pindah kePort HUron Michigan dan bersekolah di Port Huron .
Yang menarik dari kisah hidup dari seorang Alva Edison adalah sewaktu di sekolah dia sempat dikatakan murid paling bodoh oleh gurunya , bahkan guru itu sering memanggilnya idiot dan sempat mengirim surat pada orang tuanya dan meminta ibunya untuk mengeluarkan atau menarik thomas dari sekolah karena saking bodohnya . Dan itu membuat Thomas hanya bersekolah selama 3 bulan .

Akhirnya Nancy sang Ibu memutuskan berhenti jadi guru dan fokus untuk mengajari Thomas di rumahnya mulai dari membaca , menulis dan matematika .
“My mother was the making of me. She was so true, so sure of me; and I felt I had something to live for, someone I must not disappoint.”
Itulah ucapan Thomas kecil yang menunjukan motivasi dalam dirinya yang sukup kuat dalam belajar .
Setelah dia bisa membaca , thomas jadi senang membaca .
Ia membaca apa saja yang dapat dijumpainya. Ia membaca ensiklopedia, Sejarah Inggris, Kamus IPA karangan Ure, Principia karangan Newton dan juga Ilmu Kimia karangan Richard G. Parker. Kegemarannya yang menonjol adalah membaca, berpikir dan bereksperimen.

Di usia 12 tahun thomas berjualan buah , koran dan permen di dalam gerbong kereta .
Di usaia sedini itu Thomas sudah mencoba bereksperimen menerbitkan Weekly Herald setelah mendapat perijinan dari perusahaan kereta api “Grand Trunk Railway”.
Pada suatu malam secara gak sengaja Thomas menumpahkan cairan kimia di dalam gerbong dan hampir meledakkan gerbong kereta api karena ulahnya itu .  Karena kasus ini Thomas di tampar oleh salah seorang Kondektur kereta hingga pendengarannya rusak .
Dia bilang bahwa "Saya tidak pernah mendengarkan suara burung sejak usia 12".
Namun Thomas tidak pernah menganggap bahwa budeknya itu adalah cacat justru dia menganggap bahwa denga budeknya itu dia lebih punya banyak waktu buat berfikir daripada harus mendengarkan ocehan kosong orang .

Pada usia 15 Thomas menyelamatkan nyawa putra anak kepala stasiun yang hampir terlindas gerbong kereta , karena merasa berhutang budi maka Thomas di pekerjakan sebagai operator telegraf setelah 3 bulan di ajari telegraf secara gratis .

Dari situ kemudian ia mulai menciptakan segaligus mematenkan penemuannya yang pertama yaitu electric vote recorder . Namun tidak laku akhirnya ia membuat mesin telegraf yang ia beri nama Stock Ticker dan di jualnya seharga 40.000 Dollar AS . Dari uang itu kemudia ia mendirikan sebuah pabrik dan merekrut 300 orang sekaligus untuk mengembangkan telegraf .

Pada umur 29 tahun, Edison mendirikan laboratorium riset untuk industri di Menlo Park , New Jersey. Dan dalam 13 bulan ia menemukan 400 macam penemuan yang kemudian mengubah pola hidup sebagian besar orang-orang di dunia.

Tahun 1877 Edison berkonsentrasi pada lampu pijar. Edison sadar bahwa betapa pentingnya sumber cahaya ini bagi manusia. Dia menghabiskan 40.000 dollar dalam kurun waktu dua tahun untuk eksperimen lampu pijar. Yang menjadi masalah adalah menemukan bahan yg bisa berpijar ketika dialiri arus listrik namun tidak terbakar. Total ada sekitar 6000 bahan yang dicobanya.

Melalui usaha keras Edison, akhirnya pada tanggal 21 Oktober 1879 lahirlah lampu pijar listrik pertama yang mampu menyala selama 40 jam. Tahun 1882, untuk pertama kalinya dalam sejarah lampu-lampu listrik di pasang di jalan-jalan dan di rumah rumah.

Sungguh patut direnungkan ketika saat keberhasilan dicapainya, dia sempat ditanya: Apa kunci kesuksesannya. Thomas Alfa Edison menjawab:
“Saya sukses, karena saya telah kehabisan apa yang disebut dengan kegagalan.”

Bahkan saat dia ditanya apakah dia tidak bosan dengan kegagalannya, Thomas Alfa Edison menjawab:
“Dengan kegagalan tersebut, Saya malah mengetahui ribuan cara agar lampu tidak menyala.”

Orang-orang mungkin menyebut dia gila dengan ucapannya itu , seolah gak sadar betapa banyak kegagalannya . Namun dengan cara berfikirnya itu membuat Edison mampu meyakinkan orang lain untuk tetap mendanai proyeknya meskipun gagal berulang–ulang kali.
Mungkin prinsip Edison inilah yang patut kita terapkan dalam kehidupan kita sehari hari . Bahwa sebenarnya kita tidak pernah mengalami kerugian dan sesungguhnya kerugian itu bermula dari sikap dan cara pandang kita sendiri yang negatif.
Edison telah banyak menghasilkan berbagai penemuan yang sangat berharga bagi perkembangan umat manusia. Telegraf cetak, pulpen elektrik, proses penambangan magnetik, torpedo listrik, karet sintetis, baterai alkaline, pengaduk semen, mikrofon, transmiter telepon karbon dan proyektor gambar bergerak adalah beberapa dari penemuan Edison .
Thomas Edison meinggal 18 Oktober 1931 menjelang ulang tahun penemuannya yang paling fenomenal yakni Lampu pijar .

Orang orang seperti inilah yang patut kita contoh untuk menuju kesuksesan dimana kita tidak lagi memandang sebuah kegagalan adalah resiko ,melainkan Gagal adalah syarat kita menuju sukses . Tanpa gagal kita tidak akan pernah sukses . Dan orang-orang seperti inilah manusia abadi yang akan terus hidup sebagai sumber inspirasi bagi seluruh umat manusia di dunia .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon