Cara Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog 09:24
Semua orang benci lelet ... Benar begitu ? Yah meskipun standar kualitas Koneksi Internet Indonesia masih di bawah standar , tapi seenggaknya kita patut berbahagia karena Internet udah masuk Indonesia :D hahah telat banget girangnya .
Kali ini kita gak lagi mau bahas soal koneksi Internet Indonesia yang masih di bawah standar , yang mau kita bahas adalah cara mempercepat loading page blog . Bagi kalangan blogger bangkotan cara ini emang udah basi banget karena udah di terapin sejak jaman dulu . Tapi buat para blogger muda yang lagi doyan-doyannya ngeblog hal ini patut diperhatikan .
Sering sekali kita menjumpai judul artikel yang begitu menarik untuk kita dan membuat kita penasaran atau memang sesuai dengan apa yang lagi kita cari , tapi kita membatalkan untuk melihatnya karena loadingnya ngabisin durasi #kebiasaan main di warnet di uber waktu :D .
Nah gimana kalo kejadian itu menimpa blog kita ? Pengunjung pada kabur sebelum liat isi materi yang kita pikir ampe mumet dan susah payah dan kita share dengan sungguh2 cuma gara2 page blog kita kelamaan kebuka .
Nah untuk mengatasi itu semua tentu kita harus benar2 rutin mengecek loading blog kita setiap kali edit template atau penambahan widget . Dan untuk para blogger muda yang lagi baru eksis di permukaan kayak saya mesti perhatiin beberapa tips di bawah ini biar fenomena kaburnya pengunjung gara2 loading blog berat gak kejadian dan menimpa blog sobat .

1.Pertimbangkan Pemasangan widget
Blogger baru (kayak yang kemaren saya alamin ) biasanya terlalu asik bermain2 pada tampilan blog .
Pencarian widget-widget super keren terus dilakukan selama beberapa bulan demi membuat tampilan blog lebih keren dari yang lain , kek misalnya penambahan efek2 dan menu menu yang sebenarnya kurang bermanfaat bagi kinerja blog sendiri dan biasanya justru mengganggu kepentingan para pengunjung untuk mempelajari materi yang kita bawakan . Dan parahnya lagi justru itu akan menambah beban loading data pada blog kita .
Jadi lebih baik kurangi saja widget-widget yang kurang bermanfaat pada blog supaya data yang di load sewaktu membuka page sedikit berkurang .

2.Script berlebihan 
Untuk menambah fitur pada blog biasanya atau bahkan selalu menambahkan script css di area ]]></b:skin> . Dan itu sungguh membuat blog akan terasa lebih berat , apalagi kalo menu atau fitur yang menggunakan script panjang . Memang gak ada salahnya kalo pengin bikin tampilan yang beda pada blog , tapi hal ini memang harus selalu diperhitungkan secara matang demi kelancaran perkembangan blog sobat .
Jadi lebih baik kurangi saja script dari fitur-fitur yang mungkin memang kurang bermanfaat bagi blog sobat .

3.Gunakan Script peringan
Daripada menambahkan berbagai macam fitur dengan script panjang yang sebenarnya cuma bakal memperlambat kinerja blog , mendingan tambahkan saja script yang justru akan meringankan serta mempercepat loading page blog secara keseluruhan .
Bisa dengan cara menambahkan javascript di bawah ini dan letakkan di atas kode </head>
<script charset='utf-8' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script src='http://cuerosb.googlecode.com/files/cueros%20-lazyload.js' type='text/javascript'/>
<script charset='utf-8' type='text/javascript'>
$(function() {
$(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder :
&quot;https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVw4E2wo5UU1anBaPOqAcxk-PH-5_364dz1zU1tpG2qJMwTojFScLRIuuvPMi7pshZ53ghWluHJfYyAYjeIY2Ug9U_e-uTO1u-1kmxV0h72C_f6ZDZKC09SDaH-rwNwk8fJ7hiZTW-_uE/&quot;,threshold
: 200});
});
</script>
Silahkan gunakan script di atas untuk percobaan , tapi jika dirasa tidak da perubahan lebih baik hapus lagi aja filenya .

4.Gunakan HTML Compressor 
JIka penambahan script sudah dilakukan tapi blom ringan juga loading blog nya silahkan gunakan layanan HTML Compressor ini . Gratis . Silahkan buka dulu nya .
Cara menggunakannya cuma copy script di template blogger sobat dan dipastekan di form yang sudah disediakan ,setting type nya,Kemudian klik tombol Compress dan tunggu prosesnya . Setelah proses selesai tinggal klik bagian download ( Download here ) terus upload ke blogger sobat . Untuk blogger baru yang belum tau cara mengganti template blogger silahkan kunjungi halaman ini .
Sebelum file Compressed di upload ke blogger sobat pastikan Back Up dulu template sobat . Yang belum tau , lihat caranya disini .
Dan terakhir adalah tinggal lihat perbedaannya , Sekarang loading blog sobat udah ringan alias enteng asal koneksi tidak bermasalah dan sinyal internet ada :D .

Oke itulah tips saya mengenai Cara Mempercepat Loading Blog , semoga tips dan tutorial kali ini bermanfaat dan selamat mencoba , semoga sukses .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon