Setting robot.txt di blogger

Setting robot.txt di blogger 21:55
Hai Sobat Haru semua kembali lagi bersama saya :D ..
Okeh kali ini kita bakal membahas tentang setting robot.txt pada setting blogger . Berawal dari kagetnya saya ngeliat hal yang kurang wajar terjadi di site saya ini yang memang masih dalam naungan blogger yaitu hilangnya visitor secara drastis , akhirnya ya saya cari referensi di Search Engine yang udah pasti tidak lain dan tidak bukan adalah Google . Alhamdulillah saya temukan cara ini di thesoeart . Nah buat agan2 semua yang belum tau cara ini silahkan di simak karena pada kabarnya jarang sekali blogger yang membahas cara ini , entah karena di rahasiakan atau emang gak dipake . Okeh langsung aja kita ke tutorialnya .

Oke sebelum kita masuk ke inti pada masalah ini kita musti tau dulu donk apa itu robot.txt dan apa fungsinya buat blog ...di http://support.google.com/blogger/bin/answer disebutkan bahwa robot.txt adalah untuk mengkostumisasi dan memberikan perintah pada serch engine soal bagian mana saja dari blog yang boleh atau tidak boleh dirayapi mesin pencari .
Untuk itulah kita perlu setting robot.txt agar semua posting blog terindex google dan membatasi bagian mana saja yang gak perlu dirayapi .

CARA SETTING ROBOT.TXT
langsung saja kita ke inti masalah pada cara setting robot.txt nya . kita masuk ke menu setting preferensi penelusuran blog atau bisa anda liat di gambar berikut .
Pilih edit lalu yes , setelah itu copas code berikut.
User-agent: *
Disallow: /search
Allow:
 Sitemap: http://alamat blog anda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
kemudian save .

Soke kita terangkan pengertian dari kode diatas .
Allow dan Disallow
Pada baris pertama kita temukan User-agent: * , hal ini berarti kita memberikan perintah untuk semua robot crawler, namun jika anda hanya ingin memberikan batas perayapan untuk robot google maka ganti kode tersebut dengan User-agent: Google

Disallow: /search , memberikan perintah kepada robot untuk tidak perlu merayapi label yang kemungkinan besar memberikan resiko duplicate content dan membahayakan pagerank anda. Anda dapat juga tambahkan Disallow: /p di bawah atau di atas Disallow: /search jika anda tidak ingin halaman statis di blog anda ikut terindeks. Namun jangan membuat kode hanya Disallow: / karena hal tersebut akan membuat blog anda sama sekali tidak akan dirayapi.

Sedangkan fungsi allow adalah opsional. karena dengan perintah disallow maka semua direktori yang tidak termasuk disallow akan dirayapi oleh robot. Namun dengan menambahkan perintah Sitemap: http://alamat blog anda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated , diharapkan akan mempermudah dan melancarkan proses perayapan & pengindeksan artikel di blog kita.

Oke itu saja pembahasan cara setting robot.txt pada blog kali ini , semoga artikel ini bermanfaat ,dan terimakasih . 
Jangan lupa baca juga 5 Langkah Menuju Sukses dan artikel lainnya .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

24 April 2013 at 00:34 delete

wahhh keren tuhh,, boleh di coba nichh

thank's dach gann

sukses ya,,

avatar
3 May 2013 at 00:17 delete

masama gan , moga sukses blognya

avatar

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon