Laba-laba Keren

Laba-laba Keren 00:01
Ini adalah salah satu laba-laba terkeren yg pernah saya pelihara,  spesies Gasteracantha Cancriformis atau laba-laba kepiting. Tak sengaja menemukannya di pepohonan dekat rumah.
Awalnya memang saya mengira bahwa itu adalah seekor kepiting, namun kepiting mana yang tinggalnya di pepohonan dan membuat jaring? ( pertanyaan yg sedikit bodoh -_- ) tapi maklum saja waktu itu saya masih polos sekali #plak!, dan gemar mengoleksi peliharaan yg aneh, yah binatang apapun (keren dan unik menurut saya) yg saya temui entah dimana saja asal bukan milik orang lain yg pasti, selalu saya bawa pulang untuk dipelihara.
Seperti gambar di atas, laba-laba itu berwarna kuning terang dengan bintik-bintik hitam di permukaan cangkangnya yg keras dan ada enam duri-duri tajam disekelilingnya sebagai pertahanan diri.
sejauh ini setelah mencari-cari info di wikipedia dan googling juga, laba-laba tersebut mempunyai warna yg bervariasi, ada juga yang bercangkang putih dengan duri-durinya yg merah ataupun hitam.
Masih menurut wikipedia juga nih, spesies ini ditemukan di bagian selatan Amerika Serikat dari California ke Florida, serta di Amerika Tengah, Jamaika, Kuba, Republik Dominika, Amerika Selatan dan pulau-pulau tertentu di Bahama. Ini juga telah terlihat di Kepulauan Whitsunday, Australia dan Palawan, Filipina ( wew beruntung saya menemukannya di indonesia, di pekarangan rumah pula :D ).
Spesies laba-laba ini tidak bisa berumur lama. Bahkan, jangka hidup hanya berlangsung sampai reproduksi, yang biasanya terjadi musim semi mengikuti musim dingin saat mereka menetas. Betina mati setelah memproduksi massa telur, dan yg jantan meninggal enam hari setelah siklus lengkap induksi sperma betina.

Note: Laba-laba ini tidak membahayakan bagi manusia.



Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon