Mitos Bunga Wijayakusuma

Mitos Bunga Wijayakusuma 02:08





Wijayakusuma (Epiphylum Anguliger) adalah salah satu nama tanaman yang mempunyai bunga yang indah dan harum yang semerbak. Termasuk jenis tanaman kaktus, yang berasal dari Amerika Selatan yang kemudian menyebar ke China dan masuk ke indonesia pada jaman majapahit. Nama wijayakusuma itu sendiri mempunyai arti yg sangat indah loh, kusuma : bunga , wijaya : kemenangan (bunga kemenangan).
Uniknya bunga wijayakusuma ini hanya mekar beberapa saat saja di malam hari (biasanya puncak mekarnya pada jam 12 malam), lalu perlahan-lahan kembali kuncup dan layu.
Loh lalu misteriusnya dimananya?
ya itu, sulit memprediksikan kapan bunga ini bakal mekar. Karena saya sendiri pun tergolong orang yg belum beruntung bisa melihat bunga ini mekar secara langsung,haha hanya ayah saya yg menyaksikannya waktu itu ketika hendak pergi ke masjid larut malam. Ayah saya mencium bau harum yg sangat semerbak, setelah di cari-cari ternyata asalnya dari bunga itu, sempat ayah saya terpaku melihat keindahannya ,kelopaknya yg bersih, putih dan harum ditambah lagi bias sinar rembulan terpancar dari kelopak-kelopaknya.
Hmm, padahal sudah ayah saya masukkan ke dalam rumah beserta pot-potnya tuh, yg berniat membangunkan saya sepulangnya dari masjid ( krn sedari sorepun saya sudah berniat menunggu bunga ini mekar T.T ), eh namun ternyata bunga itu benar-benar layu bahkan seperti sudah layu beberapa hari sepulangnya ayah saya dari masjid.
Dan tidak heran kalau mendengar banyak mitos ataupun mistis tentang bunga ini  , ada yang mengatakan siapa yang dapat melihat proses mekarnya bunga ini akan dilancarkan rejekinya. Hakikatnya padahal untuk mendapatkan sesuatu itu harus ada usaha, jangan mudah menyerah dan yang pasti sabar + ikhlas itu lebih baik, hehe terang aja dikait-kaitkan dengan bunga ini, karena memang tidak mudah untuk bisa melihat mekarnya bunga yang satu ini, banyak godaannya, seperti  mengantuk, tidak sabar, belum lagi resiko digigit nyamuk, dan kedinginan hehe jika menanamnya di luar rumah terlebih jika tidak menggunakan pot.
Dan konon katanya nih, pada zaman dahulu raja-raja di Indonesia yang akan naik tahta juga harus memetik bunga wijayakusuma dalam keadaan mekar.
Namun terlepas dari itu semua, ternyata bunga wijayakusuma ini mempunyai khasiat yang antara lain : sebagai obat luka, batuk dan dahak berdarah, pendarahan rahim, sesak napas, juga nyeri lambung.








Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

18 March 2013 at 18:27 delete

dapet dari om >.< ,
om-ku padahal pernah ampe semedi di bawah itu bunga nungguin mekar :v tapi akhirnya pun terlelap sesaat , dan bangun-bangun udah layu :v .bener-bener bunga yg sangat pemalu haha.

avatar
18 March 2013 at 20:01 delete

ih waw nyolong dimana ? paling palsu tuh kembangnya :v cz katanya tu kembang g bakal idup kalo di luar nusakambangan

avatar
18 March 2013 at 20:07 delete

plis deh _O_ #mungkin salah ngerawat itu -_-

avatar
18 March 2013 at 20:11 delete

bunga kutukan nusakambangan :v , gak bisa idup di lain tempat

avatar
18 March 2013 at 20:20 delete

ih >.< itu kamu terlalu mendramatisir cerita dari pulau terasing itu >.<

avatar
18 March 2013 at 20:27 delete

kabar yang masuk daerah emang gitu .. ya gak tau juga si bener gak nya :v tapikan emang gitu dan aldo vertigo hanya berbicara fakta dan tidak pernah mengada-ngada

avatar
18 March 2013 at 20:50 delete

aldo vertigo hanya berkata isu itu namanya bukan fakta -_-
nyatanya jelas2 aku bener nanem dan hidup >.< sampai berbunga :3 meski gak liat mekarnya T.T ,padahal penantian itu begitu panjang T.T

avatar
18 March 2013 at 20:52 delete

kabarnya tu bunga yang bisa di bawa pulang adalah bunga yang palsu .... yang bentuknya di bikin semirip mungkin ama yang aslinya ....

avatar
18 March 2013 at 21:04 delete

_O_ asalnya bukan dari negara kita loh, dari amerika selatan sana, aku pikir krn tau sendiri lah kebudayaan bangsa kita kayak gmn, demen bgt ama yg berbau supranatural dsb, jadi deh tuh cerita yg kamu denger juga anak pinak dari mitos yg di kait-kaitkan dg history sebuah daerah.

avatar
18 March 2013 at 21:06 delete

ya krn kebetulan emang gitu yang beredar , dikabarkan bahwa bunga itu adalah jelmaan dari seorang peri yang dikutuk di daerah nusakambangan ... begitu

avatar
18 March 2013 at 21:16 delete

note//Dan tidak heran kalau mendengar banyak mitos ataupun mistis tentang bunga ini ~_~ :P
udah aku singgung di depan >.<

avatar

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon