Tips Membuat Blog Tampil Menarik

Tips Membuat Blog Tampil Menarik 07:47
Blog yang menarik sepertinya adalah impian semua Blogger . Dan semua blogger berlomba-lomba untuk membuat Blognya menjadi semenarik mungkin . Dengan Blog yang menarik dari segi tampilan dan pelayanan tentu akan membuat bangga pemilik Blog dan juga membuat pengunjung blog menjadi nyaman dan betah berlama-lama di Blog kita . Namun biasanya banyak sekali masalah yang timbul dalam hal penampilan Blog . Seperti yang saya alam beberapa waktu lalu . Karena terlalu fokus mengurus blog pada segi tampilan biasanya kita lupa akan kinerja dari Blog itu sendiri . Akibat paling umum dari hal ini adalah masalah Loading Blog yang semakin berat . Niatnya pengin bikin pengunjung betah malah pengunjung sama sekali tidak betah dan langsung kabur sebelum bisa membaca materi yang sebenarnya bagus .
Nah untuk itu perlu sekali kita mempertimbangkan berbagai hal berikut untuk lebih membuat Blog anda menjadi tampil menarik dan membuat pengunjung blog anda betah berlama lama .

Mengganti Background Blog .
Sering sekali saya mengunjungi Blog yang sebenarnya isinya menarik , bahkan sudah berlabel .com , saya banyak menelusuri artikel disana , dan ternyata memang banyak sekali artikel yang bagus dan sayang kalau dilawatkan , tapi yang jadi masalah adalah tampilan pada Blog itu sendiri berwarna putih polos dengan warna font hitam pekat . Saya sangat menyayangkan hal tersebut , saya bertanya-tanya kenapa bisa blog dengan konten sebagus itu memiliki tampilan yang sama sekali tidak sedap dipandang ? Teman saya waktu itu bilang "Halah paling gak tau soal HTML dan script template " . Si pemilik blog yang tampilannya kurang oke bakal dicap seperti itu , apa itu tidak disayangkan ?
Untuk itu perlu diperhatikan sekali untuk anda mengganti Background anda dengan gambar yang lebih berwarna , dengan pattern yang unik atau semacamnya . Tapi perlu diperhatikan juga bahwa untuk mengganti background gambar pada blog gak boleh sembarangan karena bisa berakibat fatal terhadap kinerja Blog , hal ini terkait dengan Loading blog yang berat . Untuk mengganti Backround blog anda bisa gunakan gambar dengan ukuran kurang dari 50kb namun alangkah lebih baik jika motif pada gambar terlihat jelas dan tidak tabrakan warna . Jika lebih besar dari ukuran tersebut akan berakibat membuat blog anda menjadi berat .

Tambahkan Widget .
Fungsi widget ini bermacam macam , dan Blog akan terasa sangat aneh jika tidak menggunakan fitur ini . Untuk itu pastikan Blog anda memiliki Widget . Namun perlu diperhatikan juga untuk pemasangannya . Saya pernah bahkan sering mengunjungi Blog yang disitu terdapat banyak sekali widget yang unik , lucu dan lainnya , yang padahal itu tidak penting . Maksud saya tidak penting adalah widget yang tidak memilki fitur berarti terkait Blog itu sendiri , seperti misalnya Widget jam dengan flash , Banner flash dan yang lainnya . Untuk itu perlu sekali di perhatikan bahwa anda haruslah bijak dalam pemasangan widget pada Blog anda .
Pasanglah Widget dengan fitur-fitur yang berarti terkait fitur blog anda , jangan sampai pemasangan Widget ini justru akan membuat Blog anda kehilangan pengunjung karena loadingnya berat .

Penyesuaian Warna .
Hal ini juga tidak kalah penting , penyesuaian warna justru akan sangat penting dalam pembangunan Blog dari segi Visual . Jangan sampai anda atau Blog anda dibilang Norak karena perpaduan warna yang anda gunakan tidak sesuai . Sering sekali terjadi khususnya para Blogger muda yang senang sekali pada hal berbau keren , mungkin bagi dirinya Blognya terlihat keren , namun bagi orang lain yang lebih menyukai Hal Elegant blog itu akan dibilang norak . Karena perpaduan warna yang tidak sesuai akan terasa begitu mengganjal dimata para pengunjung blog . Untuk itu alangkah bijak bagi anda yang tengah mendesain Blog untuk memperhatikan warna pada keseluruhan Blog anda . Gunakanlah warna yang seimbang antara font , Image dan Background blog anda . Untuk memilih warna bisa anda gunakan Color Picker Photosop Atau Kode warna HTML

Buat Blog Menjadi Elegant dan Profesional
Untuk tahap terakhir ini kita fokuskan pada editing Homepage Blog . Homepage Blog adalah Tempat ddimana sebuah awal dari sebuah Blog atau Website , dan disinilah karakter Blog anda akan terlihat . Buatlah halaman Homepage dengan tampilan yang Profesional dan se-Elegant mungkin . Hal ini memang sepertinya tidak dilihat menjadi sesuatu yang penting bagi kebanyakan Blogger , namun hal ini akan menjadi sangat penting bagi orang yang kritis dalam mengenali website atau Blog . Buatlah halaman Homepage yang berbeda dengan tampilan halaman yang lain . Perkecil muatan yang ditampilkan pada Homepage agar bisa di Load dengan cepat . Letakkan berbagai macam fitur yang menggambarkan karakter Blog anda dan buatlah Link navigasi yang jelas di Homepage itu .
Agar tampak lebih elegan , jangan tampilkan posting maupun Widget pada Homepage . Lihat Homepage blog ini sebagai referensi .

Oke sepertinya itu saja tips dari saya untuk mempercantik Blog anda agar pengunjung Blog anda lebih betah berlama lama .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon