Mengapa Bisa Ada Lesung Pipit ?

Mengapa Bisa Ada Lesung Pipit ? 10:41
Tau Gak sih kenapa orang bisa punya lesung pipi atau cekungan pada pipinya ? Nah dalam artikel ini akan kita bahas mengapa sebagian orang bisa memiliki lesung pipi atau lesung pipit yang ada pada pipi atau wajah yang tentunya bukan melalui cara operasi plastik membuat lesung pipi .
Apa itu Lesung Pipit ?
Lesung pipit atau lesung pipi adalah lekukan pada kulit yang terbentuk pada pipi beberapa orang, terutama ketika mereka tersenyum (bisa jadi tidak terlihat jika orang tersebut adalah laki-laki yang memiliki rambut pada wajahnya atau brewok).
 Lesung pipi merupakan ciri fisik yang dominan, meskipun kadang-kadang hanya muncul ketika seseorang tersenyum. Lesung pipi kebanyakan muncul di kedua pipi, tetapi ada juga yang hanya terlihat di satu pipi.
Lesung pipi umumnya diwarisi secara genetik, sehingga tak semua orang bisa memiliki anugerah yang satu ini. Dari penelitian, terlihat bahwa orangtua yang memiliki lesung pipi juga akan melahirkan anak dengan lesung pipi.
Ada beberapa kebudayaan (termasuk di Indonesia), lesung pipit menjadi suatu daya tarik tersendiri. Orang yang memiliki lesung pipit dianggap sebagai orang yang menarik. Karakteristik Lesung pipit bisa muncul dan menghilang seiring waktu.

Banyak kebudayaan menganggap orang berlesung pipit memiliki daya tarik dan sifat jujur. Lesung pipit dapat diwariskan secara genetik dan disebut sebagai ciri dominan sederhana. Pada beberapa individu, lesung pipit kadang muncul pada suatu waktu tapi di waktu lain tidak muncul. Lesung pipit biasanya ditemukan pada kedua pipi. Jenis yang jarang adalah lesung pipit tunggal, yang terjadi pada satu sisi wajah saja.
Fisiologi
Lesung pipit merupakan deformitas otot wajah. Lesung pipit muncul karena adanya variasi struktur otot wajah yang disebut zygomaticus major. Keberadaan otot zygomaticus major ganda atau bifid bisa dijadikan alasan terbentuknya lesung pipit. Variasi otot bifid ini awalnya berupa satu struktur utuh yang berasal dari dari tulang zigomatis. Ketika tumbuh secara anterior, struktur tersebut terbelah dua. Bundel superiornya masuk ke atas sudut rongga mulut, sementara bundel inferiornya masuk ke bawah sudut rongga mulut.

Nah gimana ? Sekarang udah tau kan apa dan kenapa orang bisa memiliki lesung Pipit ? 
Silahkan baca-baca artikel di Halaman Tau Gak Sih Lainnya yah ...

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon