Perbedaan Funk Dan Punk

Perbedaan Funk Dan Punk 12:43
Pada awalnya saya sedikit canggung dan bingung terhadap 2 kata ini yang begitu terasa mirip buat saya , dan    keduanya juga masih sama-sama mengarah pada Genre musik . Karena saking tidak tahunya dulu saya pikir tidak ada perbedaan dari keduanya , melainkan hanya pelafalan saja yang berbeda namun dengan satu maksud yang mengarah pada satu Genre musik . Dari kebingungan saya tersebut kemudian saya teringat akan beberapa artikel yang pernah saya baca mengenai sejarah Punk dan style lainnya yang biasa dianut oleh anak-anak muda perkotaan . Dan kemarin saat saya mencari perbedaan antara Rap , Hiphop dan RnB saya mendapati disitu tersemat genre Funk yang ternyata memang ada dan berbeda dengan Genre Punk .
Dari situ akhirnya saya tertarik untuk mengangkat materi ini , siapa tahu ada yang masih bingung mengenai kedua Genre musik yang hampir mirip namun berbeda ini .

Pertama kita akan bahas mengenai
Funk .
Musik Funk adalah memang benar-benar tercipta untuk musik dan bukan gaya hidup atau semacamnya , sepertinya begitu . Funk ini adalah perkembangan dari aliran Rap yang berasal dari Afrika . Funk muncul beriringan dengan kemunculan genre-genre baru pada tahun 50 an seperti Jazz dan Blues dan sejenisnya . Karena pada masa itu masyarakat barat , seingat saya Eropa menyukai musik yang ngebeat dan enak untuk bergoyang , sehingga genre musik yang lahir juga mempunyai gaya-gaya yang lembut dengan sedikit beat dan Rhytme cepat .

Berbeda dengan Punk yang memiliki sejarah panjang .

Punk

Jika kita melihat awal mula kemunculan Punk adalah berasal dari London Inggris . Nama Punk sendiri adalah sebuah singkatan dari Public United Non Kingdom . Yang artinya adalah sebuah Kumpulan manusia anti kerajaan/gerakan anti kemapanan dan gerakan pemberontakan dari kaum yang tidak setuju dengan hukum yang berlaku di Kerajaan Inggris saat itu . Para pemuda Inggris yang tidak ingin terkait dengan Hukum kerajaan bergabung menjadi satu Kelompok untuk hidup bebas anti Hukum .
Namun banyak sekali kesalahan yang ternyata sudah mendarah daging dengan arti dari Punk ini . Setau saya juga beberapa tahun kemarin bahwa Punk itu adalah Mutlak Genre Musik dengan Gaya yang seram dan menghentak . Pada awalnya Pink hanya ada di Inggris dan bukan mengenai musik , melainkan sebuah gaya hidup anti kemapanan dan pelarian dari Hukum untuk hidup bebas . Hingga pada akhirnya Kaum Punk ini merambah ke daratan Amerika dan semakin berkembang di negri paman Sam itu .

Para kaim Punk ini akhirnya mengekspresikan semua curahan hati dan kekesalannya kepada Oknim politik di negara mereka melalui Musik . Tema musik yang diusung bukan mengenai Cinta dan kebahagiaan melainkan kekecewaan , Jeritan dan lolongan dari kaum yang tertindas oleh kebuasan keadaan . Isi lagu lagumereka mengenai politik , lingkungan , protes dan semacamnya . Dari situlah awal mula munculnya Genre Punk dalam dunia Musik . Dan dari situ juga Punk kemudian menjadi terkenal dengan . Dengan gaya pakaian yang unik dan nyentrik membuat Genre musik ini banyak digemari oleh anak muda yang menyukai Fashion . Dam sekarang Pink sudah menyebar di seluruh dunia dan menjadi gaya hidup anak-anak muda yang anti hukum . Entahlah apa anak Punk di Indonesia mengerti asal usul dan arti dari Punk atau sekedar ikut-ikutan saja , tapi jika dilihat dari konsep anak Punk di Indonesia , mereka juga memiliki pandangan yang sama dengan Punk pada awalnya yakni menginginkan kebebasan dalam berekspresi dan hidup tanpa hukum .

Musik Funk
Seperti kita tahu bahwa musik Funk adalah perkembangan dari Musik Jazz dan Blues , maka di dalam Funk unsur Jazz dan Bluesnya masih kental hanya saja ritmiknya berbeda dan lebih cenderung Electrical Music . Biasanya di dalam lagu Funk di selipkan Gaya Rap karena memang bibitnya adalah Rap .

Musik Punk
Yang unik dari Punk adalah bahwa gaya musik yang cepat dan biasanya sering disisipkan suara Growling atai Screaming , jika melihat dari pola musiknya sepertinya jenis musik ini menganut Musik Rock yang dipadukan dengan Reggae dan kemudian dikembangkan dengan pola yang cepat .

Jadi jika kita melihat dari sejarahnya , antara Funk dan Punk itu amat sangat berbeda dan berasal dari tempat berbeda dan memiliki arti yang berbeda pula .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon