Batik Tulis Cilacap Yang Mendunia

Batik Tulis Cilacap Yang Mendunia 14:39
Batik tulis Cilacap ? Terkesan aneh dan asing bukan ? Selama ini masyarakat Indonesia mengenal batik selalu dari Solo , Jogja dan yang paling terkenal dan paling mendunia adalah batik pekalongan . Tapi ternyata kota Cilacap juga punya batik tulis khas Cilacap yang kini sudah mendunia juga . Batik tulis asli Cilacap memang kurang populer di kalangan masyarakat luas khususnya di Indonesia karena selama ini orang selalu berfokus pada batik yang mungkin sudah terlebih dahulu merambah ke publik luas yakni batik pekalongan dan solo , tapi siapa sangka ternyata batik tulis khas Cilacap bukanlah batik yang barusaja lahir kemarin sore ataupun merupakan aji mumpung ataupun sesuatu yang baru . Melainkan sudah ratusan tahun ada di Cilacap dan masih terus berkembang hingga saat ini . Batik karya Cilacap juga menjadi salah satu koleksi para Kolektor batik dunia .

Sentra produksi batik di Kabupaten Cilacap saat ini ada di Kecamatan Maos Cilacap dan kemudian berkembang ke Nusawungu dan beberapa desa di wilayah Cilacap bagian timur. Produksi batik Cilacap dikelola oleh 2 kelompok usaha wanita Batik Rajasa Mas Di desa Maos Lor yang diketuai Euis Rohaini dan Kencana Desa Maos Kidul yang diketuai Ny Maryo.

Menurut cerita, seni batik dibawa kaum bangsawan yang datang ke Maos sekitar abad ke-18 dan konon katanya batik tulis Maos merupakan karya warisan masa Pangeran Diponegoro. Sejak saat itu, seni batik tulis mulai diperkenalkan dan hingga saat ini dikenal dengan batik tulis Maos.

Produk batik tulis tradisional asli Cilacap cukup diminati para kolektor batik di Asia Tenggara, Korea, Jepang dan Eropa. Kini produk tersebut bahkan sudah bisa dijumpai di Julia Van Causal Boutiq, Toohool Boutiq dan Sossumi Boutiq di London, Inggris dan sejumlah butik di Belanda.

Selain laris di pasaran Internasional, batik tulis Maos, Cilacap saat ini mulai digandrungi kalangan pejabat seperti DPRD Propinsi Jawa Tengah yang telah memesan sebanyak 100 potong. Sejumlah butik artis di Jakarta juga menjual batik ini, antara lain Angelina Sondakh Boutiq, Ida Royani Boutiq dan Oskar Lawalata Boutiq.

Lebih membanggakan lagi bahwa batik khas Cilacap telah diikutkan dalam event pameran di Kuching,Serawak Malaysia yang berlangsung pada tanggal 8-15 Juli bersama dengan produk lain dari 50 negara. Indonesia menjadi salah satu peserta dengan mengirimkan delapan perajin dan batik Cilacap menjadi satu-satu wakil Indonesia dalam event internasional tersebut. Sempat ada wacana yang berkembang bahwa akan muncul trend fashion Indonesia dengan batik Cilacap di tahun 2009. Harga batik Maos, Cilacap bervariasi tergantung corak, motif, tingkat kesulitan serta jenis kain yang dipakai.

Seperti halnya batik Solo dan Pekalongan yang mempunyai ciri khas, batik Cilacap pun memiliki pilihan warna klasik yang menjadi ciri khas batik tulis Maos yakni coklat, hitam dan putih serta warna – warna yang berani, yaitu biru, hijau, atau kuning. Untuk motifnya, umumnya mengadopsi motif lingkungan sekitar, seperti tumbuh-tumbuhan, binatang, dan benda-benda alam lainnya seperti motif klasik (Gandasuli, rujak sente) dan motif kontemporer (tumbuhan khas Cilacap : motif buah jeruk, buah gowok, tumbuhan, dan sungai Serayu). Orang-orang Eropa lebih menyukai motif klasik dengan warna alami seperti kulit mahoni dan jalawe.

Cilacap memiliki potensi yang baik dalam hal seni membatik yang merupakan warisan dari leluhur . Dengan begitu perlulah kita sebagai warga negara Indonesia khususnya warga Cilacap untuk melestarikan Batik khas Cilacap ini .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon