Cara Mengatasi Chrome Yang Lemot

Cara Mengatasi Chrome Yang Lemot 11:22
Cara mengatasi Chrome yang lemot . Untuk para pengguna internet , sepertinya Google chrome adalah App Browser paling banyak diminati khususnya oleh para pengguna Windows . Sala satu keunggulan Chrome adalah loading yang cepat dan akses optimal serta grafisnya oke . Loading crhome dikatakan lebih cepat jika dibandingkan dengan Firefox yang notabene adalah browser dengan pengguna paling banyak di Indonesia .

Namun sehebat apapun sebuah software tentu saja ada masa bermasalah , entah disebabkan oleh Bug yang masih ada pada systemnya ataupun karena berbagai masalah lain yang tentu mengakibatkan kinerja browser menjadi lemot , lambat atau lelet .Dan menurut referensi yang saya ambil dari beberapa sumber dari para pengguna Chrome , masalah yang sering timbul pada app browser ini adalah Chrome menjadi lemot dan sering sekali Hank .Nah karena saya juga salah satu pengguna Chrome yang memang menurut saya ini masih menjadi pilihan terbaik , maka saya juga pernah mengalami hal yang sama . Untuk itu kali ini saya sempatkan untuk membuat artikel mengenai cara mengatasi Chrome yang lelet , lambat , Lemot atay sering hank .


  • Penyebab Crhome Lelet 

Penyebab dari leletnya aplikasi Google Chrome itu banyak , bisa dari system app browsernya dan juga bisa dari system pada komputer yang kita gunakan . Namun dalam kasus ini kita akan fokuskan pada System Chrome yang bermasalah .

History
Salah satu penyebab dari chrome menjadi lelet adalah karena terlalu banyak menyimpan history Browser .
Banyak dari kita yang tidak terlalu peduli dengan masalah ini yang padahal bisa menjadi penyebab Chrome menjadi penyakitan . Untuk itu selalu rutin-rutin lah cek history browsing pada browser siapa tau sudah terlalu bertumpuk padat sehingga Chrome menjadi berat saat meloading system .
Untuk mengatasi masalah ini kita hanya perlu menuju ke area setting di pojok kanan atas browser dan pilih History - hapus data penjelajahan

Ekstensi
Biasanya untuk memudahkan kita dalam memantau Blog atau Website kita , kita akan memasang banyak plugin seperti plugin Rank checker , Alexa dll . Hal ini akan sangat berpengaruh untuk kinerja browser , untuk itu hapus saja plugin atau Ekstensi yang tidak terlalu penting agar browser sedikit ringan dalam me-load page .

Kurang Uptodate 
Google Chrome selalu melakukan pembaruan ( Update ) pada browser nya , untuk itu bagi kita yang sampai saat ini masih menggunakan versi chrome yang lama lebih baik update Chrome ke versi yang lebih baru atau bahkan terbaru .


  • Pemecahan Masalah pada Chrome 

Banyak cara untuk mengembalikan keadaan Chrome yang lelet menjadi seperti pada sedia kala .
Salah satu cara paling gampang , cepat dan paling mudah adalah dengan cara Uninstal Chrome yang kita gunakan sekarang dan instal Chrome yang lebih baru .
Namun sepertinya itu kurang bijak mengingat tidak semua orang menggunakan jaringan Wifi pada saat akses internet . Untuk para pengguna paket Broadband seperti saya tentu akan berpikir 2 kali untuk melakukan instalasi ulang pada Chrome karena untuk instal chrome memang harus menggunakan akses internet untuk mendownload systemnya .
Untuk itu sepertinya cara pertama ini kita tinggalkan saja .

Bersihkan Cache
Cara ini sudah saya singgung diatas , yang perlu kita lakukan hanyalah pergi ke area Setting dan hapus semua data penelusuran . Dengan melakukan cara ini Chrome anda akan lebih fresh dan baru kembali .

Download Chrome Portable
Cara kedua adalah dengan menggunakan Chrome prtable . dengan cara ini kita lebih dimudahkan karena tidak perlu menginstal browser ke system komputer . Aplikasinya kecil dan tidak akan menguras Kuota internet kita . Silahkan cari linknya di Mbah Google untuk mendownload chrome portable .

Gunakan Mode Penyamaran
Cara ini adalah cara alternatif untuk tetap menggunakan Chrome anda yang sudah lemot dan sering blank .
Meskipun chrome sudah sering blank dan lemot total , Mode penyamaran masih tetap ringan dan jarang blank . Hal itu disebabkan karena mode penyamaran pada Browser Chrome tidak akan menyimpan history browsing , dengan begitu aplikasi tidak akan bertambah berat setelah browsing . Untuk menggunakan mode ini kita hanya perlu menekan tombol Shift+Ctrl+N pada jendela Chrome .

Namun jika dengan menggunakan modus penyamaran pun masih lemot dan hank , mungkin sebaiknya anda menggunakan cara pertama yakni instal ulang chrome anda dan sepertinya itu langkah paling bijak yang harus anda lakukan .
Jika instal ulang pun masih tidak mengembalikan chrome anda menjadi lebih baik , mungkin sudah saatnya anda mengganti komputer anda ke versi yang lebih baru .

Oke jadi seperti itulah langkah atau cara untuk mengatasi Chrome yang lemot dan sering Hank versi saya . Silahkan jika ada yang mau berbagi pengalaman tentang isi materi yang saya tulis diatas .
Salah dan kurang nya silahkan dikoreksi dan terimakasih sudah membaca artikel ini , jangan lupa tinggalkan komentar anda . Saya akhiri , wasalam .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon