Wisata Kuliner Makanan Khas Cilacap

Wisata Kuliner Makanan Khas Cilacap 16:22
Makanan Khas Cilacap . Indonesia memang dikelal memiliki beragam suku dan budaya serta budaya Kuliner yang berbeda di setiap daerahnya . Setiap daerah di Indonesia selalu memiliki makanan khas yang unik dan hingga sampai saat ini terus eksis ditengah modernisasi yang semakin membunuh tradisi .Begitu juga daerah Cilacap yang memiliki beberapa makanan khas yang hanya bisa dijumpai di Cilacap . Mungkin jika kita mendengar nama Mendoan itu sudah tidak asing lagi di telinga kita , karena kuliner khas Cilacap satu ini sudah banyak beredar di berbagai kota termasuk Jakarta . Tapi tahukah anda apa saja makanan khas Cilacap selain mendoan ?
Tentu saja bukan hanya Mendoan saja yang menjadi makanan khas Cilacap dan selalu dibanggakan , melainkan masih banyak lagi makanan makanan khas Cilacap yang menjadi Kuliner khas dan masih eksis hingga saat ini .

Mendoan 
Mendoan adalah tempe yang masih terbuat dari kedelai seperti pada umumnya . Yang membedakan tempe mendoan dengan tempe yang lainnya adalah dari cara pembuatan dan penataannya . Sekarang kita sering sekali menjumpai tempe yang berbentuk balok , ada juga yang berbentuk segitiga dan sudah dipastikan tempe tersebut tebal . Nah untuk tempe mendoan , pembuatannya memang sengaja dibuat setipis mungkin dan lebar . Mendoan berasal dari kata mendo alias tidak matang . Ya , tempe mendoan yang ada di Cilacap sengaja digoreng setengah matang untuk menghasilkan tekstur yang empuk dan basah .
Mendoan sangat enak jika dimakan bersamaan dengan cabai rawit . Biasanya jika anda membeli Mendoan di Cilacap akan diberi cabai rawit hijau . Makan mendoan dengan cabai hijau disebut Nyigit . Jangan salah ,Nyigit hanya enak jika anda menggunakan cabai hijau rawit loh . Selain dimakan bersama cabai , Mendoan juga enak jika disantap jika ditemani Ketan urap . Belum pernah nyoba ?

Tahu Brontak
Tahu brontak ? Kok brontak ? belum ada jawaban pasti soal asal usul nama brontak pada jenis kuliner goreng satu ini . Tahu Brontak biasa dikenal dengan nama Gehu jika anda di jawa barat , atau Tahu Pong di Semarang . Tahu brontak adalah tahu yang digoreng dengan tepung dan didalam nya disi dengan berbagai sayuran , biasanya sayuran ini adalah sayur yang sudah dimasak sebelumnya . Sayur isi pada tahu brontak kebanyakan menggunakan Kol , wortel dan tauge . Makanya dij Jawa Barat disebut Gehu alias Toge Tahu .
Meskipun Tahu brontak dan Gehu terkesan sama yakni tahu yang dibungkus tepung dan di dalamnya berisi sayuran , namun ada perbedaan dari keduanya . Jika pada Tahu brontak , sayuran akan dimasukkan kedalam tahu yang sebagian isinya sudah di keluarkan dan tahu tersebebut tidak terbelah ,berbeda dengan Gehu yang cara mengisi nya adalah dengan membelah tahu tersebut dan meletakkan sayuran ( Toge ) pada belahan tersebut .

Thepleng
Thepleng merupakan gorengan Peyek . Seperti pada peyek umumnya , thepleng adalah penganan yang terbuat dai tepung beras yang di goreng kering dengan isian atau taburan kacang tanah , kedelai atau yang lainnya . Thepleng atau peyek Cilacap pada umumnya menggunakan kedelai sebagai taburannya , atau sering juga menggunakan udang kecil ( bukan ebi ) disebutnya thepleng urang . Ada juga yang menggunakan teri untuk taburannya . Jika kebanyakan peyek memiliki bentuk yang bulat hampir sempurna , lain halnya dengan thepleng . Bentuk thepleng Cilacap pada umumnya memanjang dan tidak beraturan karena cara menggorengnya cukup unik yaitu adonan tepung di siramkan di sisi penggorengan di atas minyak . Untuk rasa dari thepleng sudah dipastikan gurih dan renyah .
Sekarang Thepleng hanya bisa dijumpai di acara acara khusus seperti misalnya selamatan ataupun hajatan .

Tahu Masak
Tahu masak ini mirip dengan Ketoprak . Jika anda pernah makan ketoprak , ya hampir begitulah Tahu masak .Sampai saat ini saya sendiri masih belum ngerti kenapa namanya tahu masak . Beberapa waktu lalu saya juga sempat nanya kepada si penjual kuliner ini dan ternyata si tukang jual nya juga tidak bisa memberikan jawaban pasti kenapa bernama Tahu masak .
Tahu masak atau ada juga yang biasa menyebutnya dengan nama Kupat tahu ( biasanya orang jawa barat ) ini mirip dengan Ketoprak di jakarta . Terbuat dari beberapa tahu yang dipotong dadu , Ketupat atau lontong , kerupuk , toge hijau , dan biasanya diberi sedikit bihun dan dibaluri dengan sambal kacang dan kecap , hanya saja menurut saya Bumbu ketoprak lebih kental dan berasa sangat kacang sementara tahu masak sedikit encer pada bumbunya .Hingga saat ini di Cilacap masih sangat mudah kita jumpai penjual penjual yang menyediakan tahu masak ini .

Jangan MbangGedang
Jangan mbang gedang atau sayur kembang gedang yaitu sayur kuah (Gulai/di Cilacap disebut "Becek" )yang dibuat dengan bahan dasar Jantung pisang . Sayur ini dibuat dari jantung pisang dengan cara kulit jantung pisang yang berwarna ungu dikupas hingga tapak isinya yang berwarna putih , kemudian di potong potong diatas santan yang mendidih . Atau biasanya ada yang membakar jantung pisang ini dahulu kemudian di peras hngga kandungan air dan getahnya hilang baru di tumis dengan bumbu hingga setengah matang kemudian disiram dengan santan . Menurut saya sendiri jangan mbang gedang ini enak jika jantung pisangnya dibakar terlebih dulu karena jika langsung dipotong diatas santan getahnya masih terasa .

Karedok 
Karedok itu masih mirip dengan gado gado , hanya saja jika Gado gado dibuat dengan menggunakan berbagai macam sayuran matang , karedok berbahan sayuran yang semuanya mentah .Biasanya karedok terdiri dari kacang panjang yang dipotong kecil , Kubis atau kol dan timun serta diberi tambahan kerupuk banggi ( merah ) . Sekarang peminat makanan satu ini sepertinya sudah tidak sebanyak jaman saya kecil dulu ,dan sekarang juga tidak begitu mudah menemukan penjual dari kuliner khas Cilacap satu ini .


Gembus
Gembus adalah penganan yang tebuat dari tepung singkong dan di olah menjadi bentuk seperti gelang . Gembus termasuk kedalam jenis makanan goreng gorengan basah dan sangat berminyak . Penganan ini tidak akan anda temui di sembarang tempat karena para penjual gembus biasanya hanya beroprasi di tempat-tempat ramai seperti alun-alun , pertunjukan dimalam hari , atau hajatan . Biasanya gembus hanya ada di malam hari , maksudnya penjual gembus beroprasi dari jam 5 sore hingga jam 9 malam .


Lepet 
Penganan ini terbuat dari beras ketan yang diberi santan dan dibungkus dengan janur kuning dengan cara dililitkan kesemua bagiannya . Bentuknya persis dengan lontong plastik hanya saja lepet ini lebih terkesan tradisional . Lepet biasanya hanya bisa ditemui di acara acara khusus atau ritual tertentu seperti misalnya selamatan 4 bulanan wanita hamil dan 7 bulanan . Lepet enak dimakan tanpa lauk atau apapun karena rasanya yang memang sudah gurih .

Jenang 
Sepertinya penganan satu ini tidak hanya terdapat di Cilacap karena jenang sudah cukup terkenal di Kudus dengan nama Jenang Kudus . Jenang itu seperti dodol jika digarut , cuman jenang tidak semenarik dodol yang punya berbagai rasa dan warna . Pada umumnya Jenang hanya berwarna merah tua , atau Orange tergantung dari gula yang digunakan untuk membuatnya .
Ya , warna jenang di dominasi dengan warna gula sebagai bahan dasar dan rasa . Jenang terbuat dari campuran tepung ketan , santan dan berbagai bumbu serta Gula jawa yang banyak . Bentuk awal dari proses pembuatan jenang adalah cair yang kemudian dimasak berjam jam hingga mengental . Jika didiamkan dalam waktu lebih dari 3 hari biasanya teksturnya akan berubah menjadi keras dan rasanya tambah gurih .
Penganan satu ini bisanya dibuat untuk keperluan hajatan . Jenang adalah makanan yang harus ada di acara Hajatan di daerah Cilacap khususnya Cilacap barat .

Sebenarnya masih banyak makanan khas Cilacap dengan nama dan jenis yang unik yang hingga kini masih eksis maupun yang sudah agak berkurang kesistensinya karena tergerus modernisasi .
Sudah sepatutnya kita melestarikan berbagai warisan leluhur dalam bidang apapun dan menjaga kelestariannya sebagai Identitas daerah masing masing .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

26 July 2013 at 21:54 delete

salam kenal
Bosan tempat wisata yang biasa-biasa saja atau kurang menantang? Mari rasakan sensasi wisata arung jeram di sungai serayu banjarnegara bersama kami Arung jeram serayu untuk informasi silahkan kunjungi website kami www.arungjeramserayu.com

pin:3135D400
telp : (0286) 5833313
mobile: +6285247097777

avatar

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon