Cara Mengetahui Karakter Orang Lain

Cara Mengetahui Karakter Orang Lain 15:33
Cara mengetahui karakter orang lain - Ternaya masih banyak orang yang masih bingung dalam memahami karakteristik orang lain disekitar lingkungan hidup mereka sehingga tidak banyak orang yang mengetahhui karakter teman sendiri , padahal sudah lama bersahabat .

Nah pertanyaannya apa anda sudah tahu seperti apa karakter orang-orang disekitar anda seperti misalnya adik anda , kaka, ayah,ibu,teman-teman dan sahabat anda ?
Di artikel kali ini saya akan membawakan materi personality plus yang akan membahas cara mengetahui karakter orang lain .

Pada dasarnya Personality plus terbagi menjadi 4 bagian :

1.      Sanguinis (populer)

2.      Melankolis (sempurna)

3.      Koleris (kuat)

4.      Plagmatis (cinta damai)

Sanguinis
Kita bahas dari sanguinis terlebih dahulu, jadi orang yang sanguinis itu cenderung ingin disenangi orang lain, hidupnya penuh dengan warna – warni, emosinya bergejolak.

Orang yang berkarakter sanguinis mempunyai kelebihan suka bicara, antusias, ekspresif, ceria, rasa ingin tahunya tinggi , mudah berubah – ubah , berhati tulus, senang berkumpul, mudah berteman, dan menyukai orang lain, mudah memaafkan, mengambil inisiatif, spontanitas.

Dan ada juga kekurangannya yaitu suara dan tertawa keras, membesar- besarkan masalah , susah diam, mudah dikendalikan, sering minta persetujuan, konsentrasi pendek, medah berubah – ubah prioritas kegiatan kacau, mendominasi percakapan, suka menyela, egoistis, dan mengulang cerita yang sama, kepo orangnya

Melankolis
Yang kedua yaitu melankolis orang yang berkarakter melankolis hidupnya teratur, terjadwal, membentuk pola, suka fakta- fakta, data- data dan angka sering memikirkan secara mendalam, ingin serba sempurna dan teratur  sepertinya kebalikannya sanguinis

Kelebihan melankolis adalah penuh pikiran , serius dan bertujuan , terjadwal, musical dan kreatif, sensitive, mau mengorbankan diri , idealis, standart tinggi, perfectionis, terperinci, tekun, serba teratur, kalau sudah mulai harus selesai, menghindari perhatian, mau mendengar keluhan, setia, sangat memperhatikan orang lain.

Kelemahan melankolis adalah melihat masalah dari sisi negative, murung, tertekan, pendendam, merasa bersalah, citra diri rendah, tertekan pada situasi, terlalu menganalisa, dan merencanakan, sulit mengungkapkan perasaan.

Koleris
Nah sekarang masuk ke yang ketiga yaitu Koleris ciri – cirinya yaitu suka mengatur orang, tidak mau jadi penonton, senang tantangan, hanya saya yang bias menyelesaikan masalah, tegas, kuat, cepat, tangkas, tidak ada yang tidak mungkin.

Kelebihan koleris yaitu seorang leader, pengambil keputusan, dinamis, aktif, sangat memerlukan perubahan, solutif, bergerak cepat, orientasi berfokus pada produktifitas, mau memimpin, punya visi.

Kekurangan koleris yaitu tidak sabar, cepat marah, sering memerintah, susah sekali santai, menyukai kontroversi, tidak suka yang bertele- tele, emosi tidak simpatik, gila kerja, sulit meminta maaf, banyak tuntutan pada orang lain.

Plagmatis
Nah sekarang masuk ke yang terakhir yaitu Plagmatis kita bahas sedikit tentang plagmatis!!! Okee Plagmatis itu orangya paling menghindari konflik, disuruh apa saja mau, rela sakit aslkan masalah selesai, dia tidak mau menyakiti orang lain, kalem, sangat sabar, jadi pendengar yang baik. Jadi kalau mau curhat sama orang yang plagmatis aja ehehe

Kelebihan plagmatis yaitu mudah bergaul, santai, tenang, tegush, sabar, tidak banyak bicara, cenderung bijaksana, simpatik, baik hati, sering menyembunyikan emosi, kuat dibidang administrasi, penengah masalah yang baik, menyenangkan, humoris, peduli, mudah rukun dan damai.

Kekurangan Plagmatis yaitu khawatir, menghindari tanggung jawab, keras kepala, sulit kompromi, pendiam, pemalu, kurang berorientasi pada tujuan, sulit bergerak dan suka menunda – nunda masalah.

Nah sekian pembahasan tentang personality plus tentang cara mengetahui karakter orang lain kali ini .
Pertanyaannya adalah termasuk golongan karakter yang mana kah anda ?

Semoga dengan membaca artikel cara mengetahui karakter orang lain ini anda menjadi lebih bisa memahami karakteristik orang-orang lain di sekitar anda dan menjadi orang yang bisa memahami keadaan orang lain yang tentunya berbeda-beda .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon