Cara Menjadikan Hp Sebagai Modem Dengan Bluetooth

Cara Menjadikan Hp Sebagai Modem Dengan Bluetooth 14:14
Cara Menjadikan Hp Sebagai Modem Dengan Bluetooth - Mungkin anda bingung apa maksud dari judul artikel ini , begitupun juga saya yang bingung mau ngasih judul apa . Lah pokoknya gimana caranya biar kita bisa internetan dengan modal modem hp dan bluetooth .

Seiring perkembangan jaman yang semakin mudah dan dimudahkan , internet adalah kebutuhan yang mutlak untuk mencari berbagai referensi dan informasi serta seabrek bacaan-bacaan lainnya . Nah untuk bisa berseluncur di internet , pasti lah butuh yang namanya koneksi internet ... bisa pakai wifi ( Mahal kalau bangung antena wifi , mau nimbrung gak ada hotspot nya ) , akhirnya ya modem menjadi pilihan terakhir .

Tapi Berapa harga modem sekarang ? Fiuuh mahalll !!! Cuma segitu kecil ukurannya dan widih harganya gak sebanding sama bentuknya . Trus lagi , biasanya modem itu kluaran vendor selular chip , jadi hanya bisa digunakan dengan syarat terpasang kartu SIM dari operator penyedia . Kan ribet , musti beli paket mahal khusus internet segala macem . Enakan modem dengan hp , lebih simpel dan enak digunakan .

" Tapi gak ada kabel data ( USB ) nya " . Alasan itu yang biasanya dilontarkan oleh orang-orang hopeless yang kerjaannya ngeluh dan pasrah dengan keadaan . Akhirnya ya milih internetan di hp dan ngerasain nikmatnya mantengin layar sauprit yang super imut .

Nah jika ada diantara anda yang masih hopeless soal internetan dan urusan modem , saya punya info bagus dan sangat mudah dilakukan . Yaitu tentang bagaimana caranya membuat hp menjadi modem tanpa kabel data . Kita ganti kabel data dengan menggunakan bluetooth .
Saya yakin semua hp sekarang sudah ada fitur Bluetooth nya . Apa masih ada yang pakai infra merah buat kirim file ? aduh ...

nah lalu bagaimana caranya menggunakan hp bluetooth sebagai modem ? Komputer saya kan tidak ada bluetoothnya . Eiits tenang sob , kita tinggal tancapkan saja usb bluetooth yang bisa kita beli di toko komputer . Nah bagaimana cara detrailnya menggunakan hp menjadi modem dengan bluetooth akan kita uraikan dibawah ini . Silahkan disimak .

Yang kita butuhkan pertama adalah hp / Ponsel / atau telepon genggam yang sudah tertanam bluetooth di dalamnya . Untuk melihat apakah hp anda punya bluetooth atau tidak silahkan buka pengaturan - Konektivitas - Bluetooth . Jika tidak ada , ganti hp anda .
Bluetotth USB . Saya sarankan memakai seperti yang ada digambar dibawah ini
Meskpiun saya sudah menggunakan bluetooth ini sejak 2009 , namun hingga saat ini saya masih kurang tau merk nya ... Oops .
Bluetooth ini bisa anda beli dengan kisaran harga 25 sampai 35 ribu saja .

Kenapa saya rekomendasikan bluetooth diatas ? Karena saya sudah membuktikan kehebatannya , yaitu awet . Saya pernah pakai jenis lain dan hanya bertahan beberapa minggu saja .

Gunakan ponsel dengan vendor bermutu , jangan hp China yang sekarang ini lagi marak dengan harga murahnya . Saya rekomendasikan anda untuk memakai ponsel Sony Ericsson .

  • Rekomendasi saya 
SE K510i
Pertama kali saya gunakan metode ini adalah dengan Sony Ericsson K510i . Kecepatan lumayan lah untuk sekedar facebookan dan ngeblog . Speednya 150kbs doang :D dengan kartu 3 :D .

Jika dibandingkan dengan modem dengan harga yang saya bilang tadi mahall memang kalah jauh sekali , tapi keunggulannya adalah modem hp tidak otomatis disconnect seperti yang sering terjadi pada modem mahalll .

SE W910i
Hingga kini saya masih pakai Hp ini untuk modem bluetooth saya . Dengan performa 3G nya hp ini lumayan kenceng dengan sinyal 3 yang alakadarnya di tempat saya .Apalagi jika kita menggunakan layanan PC Suite bawaannya , lebih enak dan anti lemot pokoknya .

Anda bisa saja gunakan hp Sony Ericsson type lain yang anda punya , dan saya pikir itu sah-sah saja .

Kenapa Sony Ericsson ? 
Bukan dalam rangka promo atau apapun juga , cuman menurut pengalaman saya , lebih enak pakai SE daripada hp lain . Seperti saat saya menulis posting ini saya memakai Hp Nokia dan aduh lemotnya minta maap . Ngeselin dan bikin jengkel .Yah kemarin W910i saya dipegang sama pacar saya dan begitu sebaliknya sampai hari ini belum di balikin . Jadi ya terpaksa ngeden pakai modem Nokia .

Konfigurasi SE paling gampang dan tidak ribet , jadi lebih praktis dan cepat untuk urusan setting internet yang kadang bikin kepala mumet .

Cara Penggunaan .
  1. Instal dulu USB Bluetoothnya ke komputer anda hingga selesai dan nanti akan muncul ikon Bluetooth di bagian bawah kanan ( Taksbar ) monitor anda .
  2. Nyalakan Bluetooth di Hp ( Pastikan konfigurasi internet sudah di setting sesuai dengan operator SIM yang anda gunakan ) 
  3. Klik ikon Bluetooth di taksbar dan Add New Gadget
  4. Instal Bluetooth Hp anda ke komputer hingga selesai . Pokoknya mudah 
  5. Setelah semua beres , klik lagi Ikon Bluetooth di taksbar anda Join Personal Network dan Nanti akan muncul nama dari Bluetooth Hp anda 
  6. Klik Connect 
  7. Selesai .
Sekarang anda bisa internetan dengan modem Hp dan Bluetooth . Selama ini orag-orang berpikir bahwa untuk menggunakan modem Hp harus dengan kabel data , tapi itu salah karena ada bantuan Bluetooth USB yang memungkinkan anda untuk akses internet dengan modem hp tanpa kabel .

Selain untuk koneksi internet , Bluetooth USB ini juga dapat anda gunakan untuk mengirim dan menerima file dari Hp ke Komputer dan juga sebaliknya . Harganya juga sangat murah , seperti yang sudah saya katakan diawal cuma sekitar 25-35 ribu saja .

Namun perlu diperhatikan jika anda ingin menggunakan Hp sebagai modem .
  • Penggunaan Hp untuk modem dengan kabel data maka otomatis Baterai akan terisi ( pengisian ) , dengan begitu baterai anda akan cepat SOAK dan rusak . 
  • Menggunakan Bluetooth saat berinternet ria akan sangat menguras isi baterai Hp anda , untuk mengatasinya adalah dengan cara menancapkan Charger secara terus-menerus . Dan hal itu juga akan berdampak buruk bagi keselamatan baterai Hp anda .
Kesimpulannya adalah membuat Hp menjadi modem dengan bluetooth sangat gampang dilakukan , namun memiliki kelemahan yaitu dari segi kualitas baterai Hp yang cepat rusak .
Menggunakan Modem ( Biasa ) biasanya sering disconnect dengan sendirinya jika modem sudah panas . Dan harga Modem tidaklah murah semurah harga bluetooth USB .
Yah lagi-lagi semuanya terserah anda mau pilih yang mana , modem Hp atau modem biasa .

Mungkin itu saja sharing saya mengenai Cara Menjadikan Hp Sebagai Modem Dengan Bluetooth kali ini . Mungkin masih banyak sekali kekurangan dari tulisan saya , dan juga saya mohon maaf karena tidak adanya dukungan gambar pada materi tutorial kali ini . Namun saya harap isi materi ini dapat anda mengerti dan pahami . Semoga bermanfaat dan selamat mencoba .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

5 July 2013 at 00:59 delete

waw makasih tipsnya sob..

avatar
5 July 2013 at 10:15 delete

Wah sama-sama gan moga bermanfaat .

avatar
Anonymous
10 July 2013 at 21:04 delete

Wah bagus nih postingan.. Ini yang saya cari.. Tapi saya mau tanya kalo pake hp blackberry 8520 bisa ga ?

avatar
10 July 2013 at 21:43 delete

Kayaknya bisa gan , yang penting ada bluetooth nya dan bukan cina .

avatar

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon