Langkah Penting Sebelum Anda Membuat Blog

Langkah Penting Sebelum Anda Membuat Blog 11:23
Langkah Penting Sebelum Anda Membuat Blog - Alangkah baik dan sepatutnya membuat blog adalah bukan tindakan yang asal-asalan dan sekedar iseng . Dan untuk membuat blog perlu kiranya memperhatikan beberapa langkah penting yang harus diperhatikan sebelum membuat blog .

Banyak orang yang membuat blog karena mungkin temannya punya blog dan ingin menyainginya , karena keterpaksaan tugas dan lain sebagainya . Sehingga tidak sedikit blogger pemula yang akhirnya memutuskan hubungan dengan blog karena tidak begitu minat dengan blognya , kehabisan materi selepas tugas , tidak sempat mengurus blog dan ada pula yang karena tidak adanya pengunjung dan akhirnya putus asa .

Tentu blog yang ditinggalkan begitu saja bisa menjadi sampah internet . Untuk itu penting sekali memperhatikan langkah awal dalam membuat blog agar kejadian itu tidak terjadi .

Untuk membuat blog sangat disarankan bahwa anda memang menginginkan untuk membuat blog , bukan dari hasil paksaan dan lain sebagainya .

Dan dibawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat blog .
1.Tujuan 
Tanyakan ini pada diri anda :
Apa tujuan anda membuat blog ? Jika anda tahu jawaban anda atas tujuan anda membuat blog tentu harapan kedepannya sudah bisa dipastiken tertarget

2. Tema Blog ( Niche )
Menentukan tema blog ( niche ) juga merupakan hal yang penting dalam dunia blogging . Dengan penguasaan materi yang akan anda bagikan tentu akan membuat blog anda tampil bermutu . Yang dimaksud dengan niche blog adalah tema dari sebagian besar atau bahkan keseluruhan artikel pada blog , seperti misalnya Niche Android , maka hal/materi yang anda bagikan adalah yang berkaitan dengan Android .

Tentu anda berhak membuat artikel diluar dari android , namun niche jangan sampai ketinggalan . Dengan begitu pengunjung blog anda akan selalu berkunjung ke blog anda karena mereka bisa mendapatkan semua hal yang berbau android .

3. Target
Siapa target pembaca anda ? Menentukan target pembaca akan lebih memudahkan anda dalam menuliskan artikel dengan tema yang digemari oleh target anda . Seperti misalnya target anda adalah para pebisnis , maka artikel seputar bisnis yang akan anda posting , dengan begitu blog anda akan banyak dikunjungi para pebisnis yang mencari referensi bisnis , dan mereka bisa mendapatkannya dari blog anda .

4.Platform
Banyak penyedia layanan pembuatan blog seperti Blogger,Joomla,Wordpress,Drupal dll. Jika anda seorang pemula yang benar-benar awal dalam hal blogging, maka sangat disarankan untuk memakai media Blogger sebagai tempat anda membuat blog , namun jika anda memang sudah mahir dalam dunia blogging silahkan gunakan wordpress yang lebih terkesan profesional .

5. Template
Pemilihan template blog bukan merupakan hal yang asal-asalan . Ya , soal desain anda memang punya hak penuh terhadap desain blog anda , misal anda memiliki blog bisnis namun dengan tampilan bergaya anime yang terkesan anak muda tentu itu boleh-boleh saja , namun tentu dampaknya juga untuk anda sendiri .

Jika anda memiliki blog yang berisi materi tentang bisnis alangkah sebaiknya jika anda mendesain tampila template blog anda secara profesional .
Perlu diketahui bahwa tampilan blog juga sangat berpengaruh terhadap kualitas blog anda .
Katakanlah posting yang anda bagikan itu sangat bermanfaat untuk kalangan pebisnis , namun jika tampilan blog anda bergaya anime yang terkesan anak muda sekali tentu akan membuat para pembaca anda menilai blog anda kurang profesional .

Untuk itu sesuaikan tema / template anda dengan materi yang ingin anda usung pada blog anda .

6.Harapan
Apa harapan yang anda inginkan dari blog ? Apa target anda dalam 6 bulan kedepan dengan blog anda ?
Tentukan target . Banyak hal yang bisa kita peroleh dari internet melalui media blogging . Seperti halnya membangun usaha ,sebuah target tentu sangat penting untuk menunjang aktifitas blogging anda . Dengan target yang jelas anda jadi bisa tahu apa saja yang perlu dilakukan dan dikembangan dalam blog anda .

Sepertinya hanya itu langkah penting sebelum anda membuat blog yang bisa saya share untuk anda saat ini , silahkan anda cari referensi lainnya seputar topik ini jika anda msih kurang dengan penjelasan yang saya paparkan mengenai langkah awal sebeluma anda membuat blog diatas .

Terakhir dari saya semoga artikel ini berguna bagi siapapun yang membaca dan salam hangat .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon