Tips Menjadi Penjual Yang Baik

Tips Menjadi Penjual Yang Baik 13:47
Tips Menjadi Penjual Yang Baik - Tips kali ini kita tujukan bagi para pengusaha retail yang saat ini tengah mengembangkan bisnisnya . Saya berharap sekali bisnis yang anda kelola saat ini entah bisnis dan usaha apapun itu tengah berkembang dan semakin menunjukan eksistensinya di mata publik dan memberikan penghasilan yang bagus untuk anda .

Di dalam tips ini kita akan membahas mengenai bahasa tubuh yang ternyata memang aspek yang penting untuk dikuasai oleh para pengusaha . Mungkin bagi anda yang sudah lama sekali berkecimpung dalam dunia bisnis tips ini sudah tidak berlaku lagi buat anda karena anda sudah mendapatkan tips menjadi penjual/pengusaha yang anda dapatkan melalui Seminar-seminar bisnis yang anda ikuti dan berasal dari sumber terpercaya . Namun tidak apa jika anda sudah kembali lupa dan butuh penyegaran motivasi , maka artikel ini akan berguna sekali untuk anda .

Ya , dalam dunia usaha tentu kita akan memiliki banyak sekali saingan bisnis yang secara langsung maupun tidak langsung bisa saja menjatuhkan usaha kita kapan saja . Untuk menyikapi hal itu perlu diketahui basic menjadi seorang pengusaha yang baik melalui penguasaan bahasa tubuh .

Bahsa tubuh memang seperti terlihat tidak penting jika anda sudah terlalu handal dalam penguasaan sistem bisnis yang anda kelola , namun perlu sekali disadari bahwa tidak semua konsumen melihat sebuah usaha melalui aspek sistem , karena banyak sekali konsumen yang justru melihat siapa tokoh dibalik sbuah bisnis untuk menentukan kualitas sebuah bisnis .

Beberapa waktu lalu saya mendapati pengakuan dari seseorang bahwa ia melihat potensi bisnis dan peluang usaha melalui siapa yang berada di dalam badan usaha tersebut . Karena topik bahasan saya waktu itu adalah network marketing , jadi perilaku dan sifat dari seorang networker merupakan hal yang sangat penting untuk di perthatikan . Dan dari obrolan itu saya menyimpulkan bahwa orang yang terlibat dalam sebuah usaha juga mempengaruhi penilaian konsumen terhadap usaha yang anda jalanakan .

Mungkin artikel ini akan sangat panjang , tapi saran saya adalah baca artikel ini dari awal hingga akhir .Dan biasakan membaca lambat dan tidak tergesa-gesa.

Iya , selain saya adalah seorang pengusaha tentu saya juga merupakan konsumen dari banyak perusahaan . Saya pikir anda juga seperti itu . Ya sebagai seorang konsumen tentu kita bisa merasakan apa yang dirasakan konsumen terhadap bisnis kita , meskipun kita bukanlah tolak ukur mutlak tapi setidaknya cara mudah untuk melakukan sebuah penilaian konsumen terhadap usaha kita adalah dengan melihat diri kita sendiri sebagai seorang konsumen .

Baiklah daripada semakin panjang dan menyita waktu anda untuk membaca artikel ini , kita langsung saja menuju ke sasaran utama kita dalam materi kali ini yakni tips menjadi penjual yang baik .
Tips ini berguna bagi siapa saja yang bergelut dibidang bisnis , penjualan, promosi , dll .

Tips Menjadi Penjual Yang Baik
Sesuai dari penjelasan saya diatas bahwa tips kali ini kita fokuskan mengenai bahsa tubuh dari pelaku usaha .
1. Langkah Kaki Penuh Semangat
Tunjukan semangat bisnis anda melalui langkah kaki dengan penuh semangat .Saat anda berada di tempat bisnis baik itu kantor anda, atau dimanapun saat bertemu dengan klien. Berjalanlah dengan penuh aura semangat, dan bila perlu kita salami tangan pembeli serta sedikit membungkuk ke depan. Hal demikian memberikan kesan kepada konsumen atau klien, bahwa kita dalah pribadi yang terbuka dan mudah untuk diajak komunikasi baik tentang produk yang kita pasarkan atau lainnya. langkah kaki yang penuh semangat, jangan terlihat lesu saat berjalan. Kesannya kita hanya bermalasan dalam bekerja, kita harus proffesional.

2. Senyum
Tersenyumlah lebar kepada siapa saja .Tampilkan senyum terindah anda, meskipun hati sedang galau, gelisah, kacau, banyak masalah yang berdatangan dari sisi pribadi anda. Jangan diperlihatkan kepada pembeli, anda berpura-pura senyum sudah membuat pembeli merasa yakin bahwa anda memberikan pelayanan yang begitu ramah, dan konsumen merasa nyaman dengan sambutan anda.

3. Kontak Mata
Sering sekali dibahas mengenai hal yang satu ini . Kontak mata dengan klien adalah hal mutlak yang harus dikuasai saat menjalankan usaha termasuki berjualan . Memang tidak mudah untuk mempraktekan hal ini di kehidupan nyata , namun hal ini harus anda kuasai . Saat berhadapan dengan klien atau pembeli anda jangan sekali-kali anda melihat kearah lain yang bukan wajahnya seperti melihat ke arah jalanan,melihat dinding atau lantai . Tunjukan kesan kepedulian dan fokus anda terhadap konsumen . Dengan anda tidak melihat kearah konsumen tentu akan menimbulkan kesan bahwa konsumen bukan sesuatu yang penting untuk anda , dengan begitu apndangan konsumen terhadap anda pun akan terkesan buruk .

Namun perlu diingat bahwa jangan terlalu berlebihan dalam memandangi seseorang karena bisa menimbulkan perasaan risih dan tidak nyaman . Tataplah mata klien anda secara fokus saat anda tengah berbicara dan lihatlah gerak bibirnya saat klien anda bicara .

4. Jadilah pendengar yang baik
Tunjukan bahwa anda adalah orang yang senang terhadap keluhan pelanggan dan klien anda . Jadikan diri anda wadah atau media untuk cerita pelanggan anda , dengan begitu anda sudah memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen anda dengan memberikan konsumen anda rasa nyaman .

Ingat poin ke 4 , tataplah mata konsumen saat konsumen bicara dan sesekali lihatlah gerak bibirnya .

5. Berikan bantuan secara spontan
Biasakan anda mempunyai refleks yang sigap dan spontan . jangan terlalu membatu saat menghadapi pelanggan . Berikan bantuan secara spontan terhadap kebutuhan konsumen anda seperti misalnya menunjukkan produk , mengembilkan produk dan lain sebagainya .

Namun jangan terlalu berlebihan . Saya ada cerita soal sebuah pelayanan toko baju yang alih-alih ingn membuat nyaman pelanggan dengan menawarkan bantuan yang cepat malah justru membuat saya sebagai konsumen tidak nyaman .

Dan bahkan hingga kini saya enggan utuk belanja di toko baju tersebut hanya karena saya merasa d\tidak suka dengan pelayanannya .Mungkin tujuannya baik yaitu siaga menawarkan bantuan , namun justru menurut saya terkesan mengawasi . Saat memilih baju di toko baju sepertinya seharusnya biarkan konsumen memilih sendiri dan pelayan siap membantu namun tetap stay di tempat yang tidak terlalu dekat dengan konsumen .

Namun di toko tersebut berbeda, para pramu mengikuti kemanapun konsumen melangkah dan selalu memperhatikan konsumen yang tengah memilih baju . Saya bahkan pernah bilang ke pramu di toko itu " Stop ! jangan ikuti saya lagi ! saya risih dengan sikap anda ! " . Akhirnya pramu itu menjauh dan membiarkan saya berjalan sendiri memilih baju yang akan saya beli .

Anda tentu tidak ingin kejadian itu menimpa anda sebagai pengelola usaha bukan ? untuk itu pesan saya pada point yang terakhir adalah jangan berlebihan menawarkan pelayanan bantuan pada konsumen .

Dalam artikel ini cukup 5 pint penting saja yang saya bahas mengenai tips untuk menjadi penjual yang baik . Mungkin anda bisa menemukan tips-tips lain seputar topik ini selain dari yang saya bahas diatas , namun saya tekankan ... apa gunanya anda mempelajari tips-tips menjadi pengusaha yang baik jika tidak ada satupun dari tips tersebut yang anda aplikasikan di kehidupan nyata .

ya mungkin itu yang bisa saya bagikan kali ini seputar dunia usaha dan tips-tips nya , mungkin akan kita bahas lain kali . Dan jika anda mempunyai pendapat lain silahkan suarakan pendapat anda melalui form komentar di bawah artikel ini , dan jika anda mempunyai request kepada saya ataupun tim kami silahkan hubungi saya melalui kontak form yang tersedia di blog ini .Terimakasih dan salam sukses buat anda .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon