Betapa Miskinnya Indonesia

Betapa Miskinnya Indonesia 12:52
Indonesia itu Negri yang Kaya ! Kalimat itu sering sekali saya dengar di berbagai acara dan media . Tapi faktanya ? Ya, jika kita melihat dari sisi keaneragaman budaya memang Indonesia itu kaya akan budaya , kaya akan suku dan kaya akan Keindahan alam yang alami . Tapi bagaimana jika melihat sisi Ekonomi Indonesia dimata Dunia ? Kaya atau Miskin ?

Sebuah fakta yang mengerikan memang bahwa Indonesia masih terbilang Negara Miskin , namun itulah keadaannya . Dulu saat saya SD saya dengar Indonesia itu adalah negara Berkembang , dengan artian negara yang berada dekat dengan posisi negara Maju atau berkembang menuju kemajuan yang pasti menyangkut Budaya , Sikap ,Teknologi , Ekonomi dan ilmu pengetahuan . Tapi sampai sekarang seprtinya malah bukan berkembang tapi mengempis .

Kenapa saya katakan Negara Indonesia itu negara miskin ? Mungkin ada banyak orang yang akan ngomel dalam hati jika membaca artikel ini , tapi itu juga kalau anda mengerti .

Indonesia itu miskin sekali bahkan , karena apa Indonesia miskin ? Karena pola pikir Indonesia masih pola pikir Miskin .Dimulai dari sisi pendidikan di Indonesia yang selalu mengarahkan anak didiknya untuk menjadi orang miskin . Orang tua yang masih memberikan impus kemiskinan pada anaknya dan masih banyak lagi . Seperti misal begini , Orang tua dengan naluri bijaknya bilang kepada anaknya begini ... " Sokelah yang pinter ya Nak , biar nanti kamu bisa diangkat menjadi karyawan di perusahaan besar dan gaji kamu besar " . Pernah anda mengalami hal itu ? Jangan turuti kemauan orang tua anda yang satu itu !

Trus lagi , Imajinasi Orang Indonesia adalah Imajinasi orang miskin .

Kita mulai dari Hantu Di Indonesia .
Hantu itu kan adalah hasil dari imajinasi seseorang terhadap sebuah energi metafisik yang di proses melalui alam bawah sadarnya kemudian di visualisasikan oleh otak menjadi suatu objek sesuai imajinasinya itu .Saya tidak perlu lagi lah menyebutkan siapa saja mereka , yang penting adalah seperti apa sih penampilan mereka ? Kusut kan kalau kita lihat di Film ? trus lagi tinggalnya di pohon, jembatan,tempat kumuh dll.

Bandingkan dengan hantu di Amerika , Eropa yang notabene adalah negara maju . Dracula , bagaimana pakaian Dracula itu ? Jubah keren kan ? Mewah , bangsawan ... tinggalnya di Istana super gede .
Vampire , Keren keren kan ? Lihat saja Twilight . Yang paling parah Zombi saja yang compang camping begitu pakai dasi loh . gak percaya ? Tonton film Zombie .

Suster Ngesot kemana-mana musti ngesot karena gak ada ongkos buat ngojek atau naik angkot .Miskin sekali . Lah dracula kemana-mana terbang , mewah .

Sinetron
Lah saya pikir semuanya pasti tau seperti apa sinetron di Indonesia . Tidak bermutu dan asal tayang . Dan parahnya lagi menonjolkan sekali kemiskinan . Lihat saja sering kali sineas Indonesia menampilan figur miskin sebagai tokoh Utama . Dan yang gak habis pikir tuh bagaiamana ceritanya orang kaya langsung jadi gembel hanya dalam waktu 2 hari penyitaan . Biasanya karena menjadi korban penipuan oleh klien bisnisnya , tokoh pengusaha dengan sebuah perusahaan terkenal dan besar langsung bangkrut dan seluruh harta disita termasuk Rumah yang di tinggali dan seluruh isinya . Hingga akhirnya ia turun ke jalan dan berakhir menjadi pembantu . Begitu gampang sekali cara menjadi miskin . Apa iya seorang pengusaha hebat bisa tidak punya relasi yang bisa menolongnya ? kan aneh .

Film
Lihat dong film Di Indonesia seperti Laskar pelangi . Hmmmh mengangkat drama kemiskinan dan terbuang . Mengekspose kemiskinan secara total dan detail . Bandingkan dengan film garapan negara maju yang masih berkonteks sama yakni untuk anak muda seprti Spy Kids yang menonjolkan sisi teknologi maju dan menginspirasi jutaan ilmuan di seluruh dunia . Khayalannya bermutu .

Moral
Orang miskin itu gampang sekali panik dan mudah sekali tersinggung . Di Indonesia ,ada patung sexy saja dianggap meresahkan . Menggoda iman . Haha parah ... apa itu salah patungnya ? Salah sendiri tergoda . Aduh ampun negeriku yang tercinta ini kenapa bisa begitu parahnya . Film yang membawa-bawa unsur Indonesia dan tidak menampilkan sisi baiknya dianggap pelecehan , menginjak harga diri dll . Bahkan nih , animasi menghancurkan borobudur saja yang hanya animasi itu dilarang . Monas juga . Katanya dianggap pelecehan bangsa dan budaya atau apalah gak ngerti . Lihat dong di negara maju lainnya , Berapa kali liberti hancur di film ? Berapa kali fatikan guling ? Berapa kali Menara Eifel ambruk ? Apa itu merugikan, orang cuma animasi ?
Masalah Benisn belum lama ini . Harga Bensin naik dari 5000 ke 7000 rupiah saja semua orang panik dan demo besar-besaran . Sibuk sekali memikirkan hal-hal kecil seperti itu . Toh sekarang bensin naik masih beli juga kan ? Masih pakai kendaraan kan kemana-mana ? Kebutuhan naik , harga sembako naik toh masih bisa makan kan ? Haduh ...

Ajaran
Saya tidak menyalahkan tokoh agama , hanya saja pertanyaan saya adalah kenapa tidak diajarkan saja yang sebenarnya ? Dulu yang diceritakan pada saya adalah bahwa Rosul itu sederhana sekali , bahkan di rumahnya itu tidak ada apa-apa , hanya ada gentong air di belakang rumah dan kursi kecil di dalam rumah . Kamar dengan seprai putih polos dan satu bantal . Ia hanya memakai gamis dan tidak pernah neko-neko dan bermewah-mewah . Jadi yang terbayang di dalam benak orang selama ini adalah Rosul itu miskin . Padahal sederhana dan miskin itu beda loh . Jadi bedakan antara sederhana dan miskin !
Pakaian Rosul yang disebut Gamis itu anda tahu berapa harganya ? 1 Milyar ! jika harga bajunya saja segitu mahal , gimana dengan hal lainnya ? Rosul itu kaya bung .Ia kepala Negara !  Memang parah yah , sejak kecil saja sudah diberi materi kemiskinan dngan cerita yang begitu parahnya .
Diceritakan juga rosul itu pedagang yang berkeliling hingga ke china . yang terbayang pasti Rosul berjualan dengan berjalan bermil-mil menuntun Unta hanya untuk menjajakan barang dagangannya . Yang padahal Rosul itu bisnis Ekspor Impor , dan seluruh Sahabat Rosul itu juga para Milyarder di Arab saat itu . Lah kok yang di tonjolkan dalam cerita seolah mereka semua orang miskin .

Di Indonesia diajarkan saat mengubur jenazah itu mayatnya di bungkus kain kafan dan dikatakan itu adalah pakaian termahal . Lah bagi orang miskin parah mungkin itu mahal sekali , dan kalau itu terjadi berarti sudah kebangetan sekali miskinnya . Mungkin kabanyakan dijejali sugesti miskin kali . Padahal nih rosul dimakamkan dengan jubahnya itu yang bernilai 1 Milyar , kenapa orang Indonesia tidak pakai batik saja yang mahal ngikutin sunah rosul ?

Kapan Indonesia akan berubah jika manusianya masih berpola pikir miskin ? Yang penting cukup buat makan . Lah perut di utamain apa-apa habis buat makan . Fiuh .
Saya sering nanya ke orang soal Kaya . "Kepengin Kaya Gak ?" ... anda tahu apa jawabannya ...?
"gak ah , takut dirampok . Takut berat ujiannya . Kaya itu gak mudah semuanya serba hati-hati. Orang kaya itu nanti kalau mati bakal lebih ribet interview nya ." Waduh .

Bukankah Tuhan juga bilang kalau miskin itu dekat dengan kufur ? Sementara kita musti banyak sedekah , dan dengan kaya kita bisa bersedekah lebih banyak . Bener toh ? Kenapa masih saja pada takut kaya ?
Gak habis pikir . Saya sendiri belum kaya , tapi saya tidak pernah takut kaya dan saya selalu berjuang menuju kekayaan dan kejayaan . Kaya itu mengikuti sunnah Rosul . Dan semua orang berhak untuk kaya .

Parahnya dengan sejuta alibi orang miskin akan memberikan alasan untuk dirinya tetap miskin dan mempertanhankan kemiskinannya . Dan anehnya lagi saat di ceritain soal kaya dan diajak untuk jadi kaya sering sekali muncul kalimat ini "Kalo semua orang Indonesia kaya trus yang jadi pembantu , karyawan , kuli itu siapa ?" .... Haduuuuuh >.< .... gak perlu dijawab deh -_-

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

18 July 2013 at 15:41 delete

meskipun anda tidak benar semuanya?saya tetap salut dengan pengamatan anda tentang negeri ini. salam kenal dari saya.

avatar
19 July 2013 at 00:18 delete

Walaikum salam gan , terimakasih untuk kunjungan perdananya .

avatar

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon