Cara Efektif Menunggu Buka Puasa

Cara Efektif Menunggu Buka Puasa 03:27
Cara Efektif Menunggu Buka Puasa - Di bulan puasa ini , berbuka adalah merupakan hal yang paling dinanti . Namun terkadang kita yang tengah menahan lapar karena puasa mendadak kebingungan dan bosan menunggu waktu berbuka yang tidak juga datang .

Nah utuk itu disini saya ierbagi tips atau cara efektif menunggu waktu berbuka puasa yang pastinya bermanfaat untuk anda ketahui . Silahkan saha disimak seluruh tipsnya .

1. Mengaji Al Qur’an

Di bulan puasa, kita selain berpuasa juga di anjurkan untuk melakukan ibadah sunnah dan ibadah  tambahan untuk menambah kekhusukan kita selama menjalani puasa di bulan suci ramadhan. Salah satu  amalan baik di saat bulan ramadhan salah satunya adalah membaca kitab suci Al-Qur’an. Bulan  ramadhan merupakan bulan lahirnya Al-Qur’an tepatnya 17 Ramadhan, atau barangkali anda sering  dengar dengan Nuzulul Qur’an. Al-Qur’an sebagai pedoman umat muslim di dunia, kita sebagai muslim  selayaknya tiap hari seharusnya membaca Al-Qur’an, tapi lebih bagus lagi apabila dilakukan saat  bulan ramadhan, karena pahala yang kita dapat akan berlipat ganda. Ini merupakan salah satu  aktivitas yang bisa membuat anda tidak bosan dalam menunggu waktu berbuka puasa. Sebaiknya anda  melakukannya waktu setelah sholat ashar.

2. Tidur

Menurut pendapat beberapa khotib saat bersholat jum’at dan guru-guru agama , tidur pada bulan  puasa ramadhan itu akan mendapatkan pahala. Tidur akan menjauhkan kita pada hal-hal yang  mendatangkan dosa pada bulan ramadhan, sehingga jika tidak ingin terjerumus pada hal-hal yang bisa  mendatangkan dosa pada bulan ramadhan maka dianjurkan untuk tidur. Tidur akan membuat waktu  berjalan sedikit lebih cepat, dan setelah bangun juga akan terasa fresh di badan. Untuk itu, jika  anda merasa bosan menunggu datangnya waktu berbuka, sebaiknya anda tidur agar tidak menambah dosa.

3. Jalan-Jalan ke Mall

Jalan jalan ke Mall merupakan salah satu upaya efektif untuk menunggu waktu berbuka puasa, dengan  jalan-jalan ke Mall kita berasa waktu berjalan terasa cepat, karena kita terselimurkan dengan  berjalan dan melihat barang-barang yang ada di mall. Cara ini sungguh sangat efektif apabila  dilakukan di kota-kota besar yang memiliki mall yang besar, sehingga kita bisa saja menghabiskan  5-6 jam hanya untuk berputar-putar di mall. Berjalan di Mall juga bisa membuat badan kita sehat,  karena seolah-olah kita berolahraga dengan berjalan kaki. Tapi jangan sendirian jika anda ingin  memanfaatkan waktu menunggu datangnya waktu berbuka puasa, sebaiknya anda berjalan bersama  keluarga, atau teman-teman terdekat anda Waktu yang tepat untuk berkunjung ke mall pada bulan  ramadhan adalah setelah sholat dzuhur atau setelah sholat ashar.

4. Nonton Film

Menonton film menjadi salah satu aktivitas efektif untuk menunggu datangnya waktu berbuka puasa,  kita seakan tak merasa waktu itu berjalan lama karena kita terfokus dengan cerita yang ada pada  film yang kita lihat. Semakin kita suka dengan film yang kita lihat, kita bakal menonton film lagi  dengan judul yang berbeda. Tapi terkadang ini membuat bosan, jika alur cerita film yang kita lihat  jelek. Waktu yang tepat untuk menonton film pada bulan ramadhan adalah di siang hari.

5. Membaca Novel

Membaca merupakan aktivitas yang seharusnya sering dilakukan oleh pelajar-pelajar di Indonesia,  biar mereka bisa mendapatkan ilmu yang banyak dari buku. Namun, kebanyakan pelajar suka dengan  membaca novel, bukan buku pelajaran  . Tapi dengan membaca novel, kita bisa mempertajam daya  imajinasi kita terhadap kehidupan ini. Membaca novel juga bisa dijadikan sebuah aktivitas untuk  menunggu datangnya waktu berbuka puasa. Saat kita konsentrasi pada bacaan kita, tak terasa waktu  pun berjalan cepat. Waktu yang tepat untuk membaca novel adalah diwaktu yang senggang.

6. Bermain Game

Bermain game menjadi salah satu alternatif menunggu waktu berbuka puasa di bulan ramadhan,  aktivitas ini sangat favorit terhadap anak-anak ataupun para gamer. Namun kebanyakan malah  menyimpang juga, karena mereka bisa bermain game mulai waktu sahur selesai hingga waktu datangnya  waktu berbuka dengan meninggalkan aktivitas penting lainnya. Setidaknya, jika ingin memanfaatkan  cara bermain game sebagai aktivitas untuk menunggu datangnya waktu berbuka, lebih baik dilakukan  pada siang hari dengan lama 2-4 jam saja perhari.

7. ONLINE

Online internet juga hampir sama dengan bermain game efeknya, seringkali di salahgunakan dengan  mereka bisa menghabiskan waktu seharian untuk online di laptop. Ini sungguh tidak baik jika  penggunaanya tidak bermanfaat, apalagi banyak content di internet yang isinya porno, dan itu  dilarang untuk dilihat selama bulan puasa. Sebaiknya menggunakan internet seperlunya saja, 3-4 jam  sudah lebih dari cukup untuk menggunakan internet untuk kalangan biasa.

8. Jalan-Jalan ke Tempat Penjualan Takjil

Menantikan saat menjelang berbuka puasa dengan mencari takjil memang luar biasa nikmatnya, tapi  jangan sampai mokel di tempat takjil ya setelah melihat jajanan yang dijual :p. Waktu yang tepat  untuk membeli takjil adalah kisaran jam 16.00 hingga waktu berbuka puasa tiba. Di sana, kita bisa  menemukan banyak sekali macam-macam makanan dan minuman untuk santap kita berbuka puasa. Jika sudah  berhasil mendapatkan makanan dan minuman keinginan anda, langsunglah pulang dan tunggulah adzan  maghrib berkumandang  .

OKe, itu dia 8 Cara Efektif Menunggu Buka Puasa yang dapat menjadi inspirasi menunggun waktu buka puasa anda .
Lakukanlah sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi orang lain seraya kita menunggu datangnya waktu berbuka .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon