Mandi Bisa Membunuh Anda

Mandi Bisa Membunuh Anda 11:16
Mandi Bisa Membunuh Anda  - Aktifitas mandi adalah hal yang memang harus dilakukan manusia untuk membuang kotoran yang menempel ditubuh dan membuang lesu . Namun apa yang terjadi jika mandi setelah begadang semalaman ?
Mati . Mati ??? Ya , banyak sumber yang mengatakan jika mandi setelah begadang bisa menyebabkan kematian .

Awalnya sih saya tidak mempercayai hal itu dan menganggap bahwa pendapat itu hanyalah sebuah mitos tanpa sumber . Karena saya sering melakukan hal itu dan sampai hari ini belum mati haha . Sampai saya sempat nanya ke keluarga yang saat itu membahas topik ini " Kok saya gak mati yak ?" .

Sudah banyak kasus kematian yang disebabkan hanya karena mandi pagi setelah begadang yang memang ( mungkin ) kurang masuk akal .
Dulu saya juga sering melakukan hal itu sebelum saya dengar kabar ini dari keluarga yang mengatakan mandi setelah begadang bisa mati . Ya memang saya akui karena dari sejak 5 tahun yang lalu saya mengidap Insomnia , akhirnya saya sering melek malam hingga pagi . Dan karena biasanya pagi terasa begitu ngantuk , akhirnya ya saya mandi untuk membuang rasa ngantuk itu . Tapi setelah mandi bukannya segar malah makin ngantuk .

Biasanya kebanyakan orang juga ingin mandi setelah begadang , karena mungkin ingin membuat badan kembali fresh dan bugar , tapi yang didapat malah rasa ngantuk yang parah sekali disertai dengan pusing dan pegal sehingga ingin sekali rasanya tidur . Dan banyak sumber juga yang menyebutkan orang yang tertidur itu akhirnya tidak bangun lagi alias tewas .

angin duduk
Menurut orang jawa , hal itu karena disebabkan oleh angin duduk ( menurut medis gagal jantung ) .
Orang yang mandi setelah begadang umumnya akan merasa meriang dan tidak enak badan , hal itulah yang menyebabkan adanya angin duduk . Namun ada juga yang menyebutkan kematian setelah mandi sehabis begadang adalah karena adanya pembekuan sel darah yang mengalirkan oksigen ke otak , sehingga otak tidak mendapat asupan oksigen dan saat itulah kematian datang .

panas dingin
Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa suhu tubuh kita akan memanas karena menjalani aktifitas dimana seharusnya badan kita istirahat . Di dalam kondisi panas seperti itu , maka sangat tidak disarankan mandi dengan menggunakan air dingin . Air di pagi hari biasanya bersuhu dingin .
Jika hal itu dilakukan maka akan timbul aktifitas ekstrim yaitu antara suhu panas dan dingin bertemu dalam tubuh kita sehingga terjadi perubahan suhu yang teramat drastis dan tubuh menusia tidak dirancang untuk itu , sehingga kita akan jatuh sakit atau meriang atau bahkan langsung mati .

Satu contoh lain lagi, saat kita mengendarai mobil di jalan bebas hambatan yang sepi dengan kecepatan tinggi. Jika kita ingin berhenti, dan kita menginjak pedal rem dengan perlahan-lahan, tentunya kita akan selamat tak kurang suatu apapun.

Tapi jika kita mencoba menghentikan kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi dengan cara menginjak pedal rem dengan dalam-dalam dan tiba-tiba, tentunya mobil akan melintir tak karuan. Masih untung jika hanya melintir dan berputar saja. Jika sampai terpental dan terguling?

Dengan analogi diatas, makanya sangat disarankan untuk tidak langsung mandi sesaat setelah begadang, karena dapat membahayakan untuk kondisi tubuh. Sebab, tubuh kita memang tidak dirancang untuk mengalami penurunan suhu tubuh yang drastis dan secara tiba-tiba.

Jadi intinya adalah saat sehabis begadang , usahakan tidur sekurang-kurangnya 15 menit untuk membuat otot kembali rileks dan suhu tubuh kembali normal , baru setelah itu mandi dengan air hangat atau dingin sih terserah .
Namun jika anda memang harus mandi setelah lembur dan begadang karena mungkin ada urusan yang mengharuskan anda untuk mandi , maka saran saya adalah mandi dengan air hangat dan jangan basahi kepala apalagi keramas . Cukup basahi bagian badan saja dengan air hangat tsb .
Dan sebenarnya sih lebih baik jangan begadang dan hentikan aktifitas begadang agar tubuh selalu fit dan jauh dari kata sakit , ya meskipun memang sakit itu tidak hanya karena begadang . Dan lagi menurut sebuah penelitian , ternyata begadang dapat menebabkan hilang ingatan atau membuat otak menjadi lemot .

Kesimpulannya adalah meskipun mandi adalah hal yang baik untuk dilakukan , namun kita juga harus tahu kapan boleh dan tidak boleh mandi sehingga kecil kemungkinan kita mendapat dampak yang buruk dari mandi .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon