Perbedaan Pintar Dan Cerdas

Perbedaan Pintar Dan Cerdas 14:17
Perbedaan Pintar Dan Cerdas - Anda pilih yang mana , pintar atau cerdas ? Loh memang apa bedanya ? Eits tunggu dulu . Memang ternyata selama ini terjadi banyak sekali kesalahan anggapan terhadap suatu paham . Misalnya juga soal pintar dan cerdas itu sendiri . Banyak orang yang menanggap bahwa pintar dan cerdas itu sama , yang padahal kedua hal itu berbeda dan mungkin sangat jauh berbeda .

Pada intinya adalah begini . Orang pintar adalah orang terdidik dengan baik dan hidup dengan pola pikir formal , sementara orang cerdas itu alamiah dan tidak ada kaitannya dengan formalitas .

Oke , kita bahas lebih jauh lagi soal pintar dan cerdas agar kita nanti sebagai orang tua tidak salah mendidik anak . Apa pintar itu sebuah kesalahan ? Atau cerdas itu sesuatu yang keliru ?
Tentu bukan suatu kesalahan atau kekeliruan jika orang menjadi pintar ataupun cerdas atau malah dua-duanya , karena memang semua itu adalah sebuah nilai positif pada diri setiap manusia . Yang salah adalah menjadi bodoh dan tidak sadar akan kebodohannya . Oops ...

Kita mulai dari Pintar lebih dulu .

Pintar 
Pintar adalah sebuah sikap yang dihasilkan melalui proses pendidikan dan dilakukan secara disiplin . Pada umumnya orang pintar adalah orang yang selalu rutin dan disiplin melakukan sesuatu , seperti banyak membaca , belajar , mengenyam banyak bangku sekolah hingga perguruan tinggi dan aktif dalam berbagai macam mata pelajaran . Orang pintar akan mampu melakukan banyak hal dengan baik dan akan mencerna berbagai macam informasi dengan sempurna , dan semua itu berasal dari pendidikan .

Semakin rajin seseorang sekolah dan mengenyam ilmu pendidikan maka ia akan semakin pintar .
Orang pintar adalah orang yang penuh dengan sistematis dan cenderung menggunakan otak kirinya untuk melakukan dan mempertimbangkan sesuatu . Ia akan senang sekali dengan mempelajari rumus dan menilai sesuatu menggunakan rumus . Jika tidak bisa dirumuskan dengan perumusan yang ia tahu , maka ia akan menganggap sesuatu itu sebagai sebuah kekeliruan . Dan biasanya orang pintar menguasai banyak rumus .

Orang pintar biasanya akan menduduki profesi bergengsi dimata masyarakat , seperti pengacara,profesor,doktor,guru,dan manager .
Orang pintar akan mudah sekali maarah jika rumusnya dipatahkan oleh omongan atau materi tanpa rumus .

Cerdas
Cerdas adalah sifat alamiah yang pada umumya bersifat genetik atau merupakan faktor keturunan . hal itu tidak ada di dalam ilmu pendidikan dan tidak bisa didapatkan di sekolah .Orang cerdas akan mampu menyelesaikan berbagai macam masalah dengan baik dan mampu mencerna segala informasi dengan sempurna . Pada umumnya orang cerdas itu malas dan tidak disiplin serta terkesan ugal-ugalan , tapi yang aneh adalah kemampuannya dalam segala bidang tidak bisa diremehkan .

Orang cerdas akan melakukan hal apapun dengan spontan dan berbekal naluri dan intuisi , ia tidak menggunakan rumus karena mungkin ia tidak tahu tumusnya seperti apa , tapi ia akan melakukan dan menyelesaikannya dengan baik .

Orang cerdas biasanya tidak menduduki jabatan bergengsi , melainkan lebih berpotensi jadi pengusaha,pedagang,investor dan pendiri perusahaan .
Orang cerdas cenderung menggunakan otak kanan dalam bertindak , ia tidak repot memikirkan rumusan dan pertimbangan karena yang digunakan adalah sisi emotionnya . Ya , sisi emotion orang cerdas lebih baik dibanding orang pintar .

lalu bagaimmana dengan orang Jenius ?
haha , mungkin itu akan kita bahas lain kali ...

Ya, mungkin itu duu pembahasan mengenai Perbedaan Pintar Dan Cerdas yang saya pikirkan saat ini . Mungkin ada kekeliruan , jika memang materi dari saya tidak sesuai dengan rumusan yang anda punya , berarti anda sudah terlalu pintar .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon