Wikipedia Tidak Akurat !

Wikipedia Tidak Akurat ! 12:16
Wikipedia Tidak Akurat ! - Situs wikipedia yang selama ini dianggap sebagai guru besar di Internet setelah Google ternyata tidak memberikan data yang dapat dipertanggung jawabkan akurasinya .Selama ini banyak sekali blogger dan para penulis menjadikan Wikipedia sebagai sumber materi yang dapat dipercaya kebenarannya , yah bahkan saya sendiri terkadang menjadikan materi Wikipedia untuk menguatkan hasil pemikiran saya .

Namun ternyata sebuah fakta penelitian meunjukkan bahwa 60% materi yang dimuat di Wikipedia adalah keliru atau tidak akurat . Hal itu dikarenakan semua artikel di Wikipedia dapat diedit oleh siapapun yang memiliki akun di Wikipedia secara online . Disatu sisi memang hal itu mungkin baik karena setiap orang yang ternyata lebih tau tentang materi di Wikipedia dapat memperbaiki kesalahan isi materi dan mengeditnya , namun disisi lain hal ini sangat mengerikan . Dikhawatirkan ada oknum-oknum tertentu yang dengan sengaja mensabotase materi yang dimuat di Wikipedia demi keuntungan suatu golongan tertentu .

Saya sendiri sebenarnya sering kali melihat ketidak akuratan artikel yang dimuat di Wikipedia , untuk itulah saya menulis artikel ini ,dan ternyata memang sudah banyak blogger yang membahas artikel mengenai Wikipedia yang tidak akurat ini . lantas bagaimana dengan kebenaran informasi yang kita peroleh dari internet yang sebagian besar dimuat di Wikipedia dan dijadikan rujukan banyak penulis ?

Dari kekhawatiran itu akhirnya muncul suatu riset yang dilakukan oleh Public Relations Journal untuk kembali meneliti akurasi yang ada di dalam setiap materi Wikipedia . Yang mengejutkan ternyata hasil riset menyebutkan 6 dari 10 artikel Wikipedia tidak akurat . Hal tersebut membuktikan bahwa sebagian besar sumber online tidak akurat .

Public Relations Journal memberikan 1.284 quiz pada anggota klien Wikipedia dan inilah hasil dari penelitian tersebut .
Dari keterangan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai perusahaan dapat diubah dan disabotase untuk tujuan tertentu . Dan 25% responden Wikipedia tidak akrab dengan isi artikel dari Wikipedia .

Sebenarnya memang bukan kesalahan fatal jika Wikipedia tidak bisa menampilkan artikel dan meteri dengan akurasi 100% dapat dipercaya , selama tidak semua orang menjaddikan Wikipedia sebagai Rujukan dan dianggap paling benar .

Jadi pada intinya adalah kembali kepada diri kita masing-masing sebagai pengguna internet yang haus akan informasi . Begitu banyak informasi yang ada di internet , dan hampir semuanya seolah benar dan faktual , Untuk itu tugas kita adalah biasakan memfilter semua informasi yang kita dapat dan lakukan lah studi banding untuk menemukan kesimpulan .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon