Arti Dari Ketupat Lebaran

Arti Dari Ketupat Lebaran 12:39
Arti Dari Ketupat Lebaran - Di hari Raya Idul Fitri atau yang sering disebut dengan nama Lebaran , ketupat seolah menjadi makanan tradisi yang tidak pernah tergantikan . Ya , Ketupat makanan sederhana tanpa rasa dengan bentuk yang juga sederhana ini memang sudah menjadi simbol dari hari lebaran . Lalu pertanyaannya , sejak kapan ketupat menjadi simbol dari lebaran ? Dan kenapa harus ketupat ?

Nah untuk menjawab pertanyaan itu mari kita bahas bersama dalam bahasan Arti Dari Ketupat Lebaran .

Sejarah Ketupat 
Sejauh ini saya belum menemui sejak kapan Ketupat ini mulai akrab apalagi menjadi simbol lebaran , tapi dari data yang saya dapatkan ketupat ini mulai beredar sejak awal perkembangan islam di tanah jawa pada tahun 1400 an silam .

Kenapa Ketupat ?
Dalam bahasa jawa , Ketupat disebut dengan nama Kupat yang konon katanya berasal dari sebuah singkatan yakni Ku=Ngaku ( mengakui ) Pat=Lepat/Kalepatan ( Kesalahan ) . Jadi dengan kata lain Kupat adalah sebuah simbol dari pengakuan dosa . Maka dari itulah kenapa Kupat menjadi simbol lebaran dimana di hari itu semua orang bersilaturahim dan saling memaafkan satu sama lain .

Di jawa dikenal juga acara Kupatan yang konon katanya diambil dari bahasa Arab yakni Kaffatan yang disesuaikan dengan lidah jawa , seperti halnya Barakah yang menjadi Berkat dalam bahasa jawa .

Adapun arti dari Kaffatan Sebagaimana yang disebutkan dalam Al Quran

“udkhulu fi al silmi kaffatan, wa la tattabi’u khuthuwat al syaithon, innahu lakum ‘aduww al mubin”.

Yang artinya kurang lebih “masuklah kamu sekalian ke dalam Islam secara sempurna dan jangan kamu ikuti jalannya syetan, sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata”.

Maka dengan begitu secara istilah dapat kita simpulkan bahwa Arti dari Kupat atau Kupatan adalah Sebuah tanda kesempurnaan ibadah seseorang secara individual . Dan Kupatan adalah simbol dari keislaman yang sempurna .

Yah memang belum pasti bahwa asal mula dan arti dibalik Ketupat memang seperti itu , namun setidaknya kita sudah mencoba untuk menelaah dan tidak hanya mengikuti tradisi tanpa tau dari mana asalnya dan untuk apa serta mengapa hal itu terjadi . Oke mungkin itu saja pembahasan Arti Dari Ketupat Lebaran kita kali ini di dalam nuansa lebaran yang penuh dengan kemeriahan ini .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon