Cara Custom Homepage Blogger

Cara Custom Homepage Blogger 02:07
Cara Custom Homepage Blog - Dalam perjalanan selama nge-blog selama setahun ini saya menemukan berbagai macam pengalaman dalam dunia design blog . Diantaranya adalah pengalaman mengenai design homepage blogger yang saya rasa ini merupakan bagian paling penting dalam mendesain blog . Menurut saya .

Di dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mendesain halaman utama/halaman muka atau homepage blogger menjadi lebih profesional dan elegant . Selama ini sering sekali saya melakukan penelusuran mengenai cara membuat halaman homepage blogger menjadi lebih elegant dan berbeda dari halaman lainnya , namun saya tidak menemukan hasil yang memuaskan saya .
Dan saya juga jarang menemukan bloger yang meng-custom Homepage mereka dengan elegant layaknya web corporate atau Portfolio Website . Dari situ saya muli pesimis , bahwa mungkin memang tidak di mungkinkan sekali blogger memiliki homepage layaknya corporate website .

Namun ternyata , semua itu bisa dilakukan asal kita yakin danmau berusaha melakukannya .
Jika di wordpress kita akan mendapati setiap page terpisah dalam bentuk php , jika kita buka , bentuk halaman tersebut akan tampak berbeda dan profesional . Lalu bagaimana dengan blogspot ? apa bisa memakai teknik page terspisah seperti itu ?

Di dalam blog spot kita hanya perlu memanfaatkan tag yang sangat simpel sekali yang akan mengatur setiap halaman berbeda tampilan dan bentuk desain . Yaitu tag Conditional .

Anda tentu pernah melihat atau membaca artikel tentang cara menampilkan widget hanya pada halaman homepage dan sebagainya . Bener kan ? Nah prinsipnya adalah seperti itu .

Sampai disini anda mungkin bingung dengan kalimat dan penjelsan saya . Begini contohnya .

Semisal warna background blog anda adalah hitam secara keseluruhan .Dengan css seperti dibawah ini :
body {
background:#000000;
}
Lalu kita akan mengubahnya menjadi putih di halaman homepage saja , maka yang kita lakukan hanyalah membuat tag conditional seperti di bawah ini .
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<style type='text/css'>
body {
background:#ffffff ;
}
</style>
</b:if>
 Css diatas akan memberikan perintah bahwa jika homepage maka body akan berwarna putih ( #ffffff; ) sementara di halaman lainnya css body putih tidak bekerja .

Tidak hanya itu , kita bisa saja mengosongkan semua bagian blog semisal sidebar . Dengan menambahkan kodenya menjadi seperti dibawah ini :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<style type='text/css'>
body {
background:#ffffff url(alamat gambar) repeat scroll top left;
}
#sidebar-wrapper,#Blog1 {
display:none;
}
</style>
</b:if>
 #sidebar-wrapper hanya contoh saja . Karena setiap template memiliki penerapan nama yang berbeda sesuai dari si pembuatnya , untuk itu sesuaikan sendiri dengan template anda . Css diatas diletakkan dibawah kode ]]></b:skin>

Dengan menambahkan sidebar dan blog1 {display:none} , maka sekarang anda tidak punya Posting dan sidebar di homepage .Dengan begitu homepage akan terasa lebih luas dan ringan . Tentu anda bisa saja menambahkan kontent2 tertentu untuk memberikan beberapa point penting yang terdapat di blog anda .

Atau bisa saja jika anda ingin mengganti tampilan homepage blog anda dengan desain yang sama sekali berbeda dengan template anda . Semisal anda ingin memasang desain dari blog ataupun website orang lain .
Atau anda ingin menjadikan Homepage/beranda Blog anda menjadi facebook ? Tentu saja bisa dengan mudahnya .

hal ini tentu tidak hanya berlaku untuk desain Homepage saja , halaman statis dan halaman posting pun bisa anda rubah semau anda .

Catatan: Untuk melakukan cara custom homepage ini yang anda perhatikan adalah penamaan Css pada template yang anda gunakan . Karena salah penulisan nama Bagian dari template anda , sudah dipastikan tidak akan memberikan fungsi yang benar .

Sebenarnya pengembangan dari cara ini masih begitu luas . Anda bisa membuat tampilan setiap halaman anda berbeda , semisal beranda blog tampilan Facebook , Halaman artikel bertampilan Youtube lengkap dengan Video nya dan halaman statis bertampilan Twitter .

Atau bisa saja anda buat masing2 halaman statis berbeda desain tampilan . Dengan cara memanfaatkan tag Conditional tsb .

Mungkin lain kali akan kita lanjutkan bahasan ini ke arah yang lebih mengerikan . Dengan tag conditional ini anda bisa menjadikan blog anda menjadi blog yang mengerikan dan berbeda dari blogger pada umumnya .
Cara termudah dari system desain ini adalah teknik Cloning .

Lihat contoh yang berhasil saya buat sebagai eksperiment pertama saya disini

Untuk keterangannya mungkin akan saya lanjutkan di edisi selanjutnya .
Oke , hanya itu yang saya sampaikan mengenai Cara Custom Homepage Blogger yang semoga bisa bermanfaa dan menambah wawasan kita semua .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon