Cara Menemukan Jati Diri

Cara Menemukan Jati Diri 15:26
Cara Menemukan Jati Diri - Sebagai manusia kita haruslah memiliki Prinsip . Dimana prinsip ini adalah system atau patokan yang mengatur pola pikir dan pola hidup kita . Dan untuk memiliki prinsip dan bisa menjalankannya adalah dengan memiliki jati diri . Mungkin materi kali ini akan sangat tidak berkaitan dengan web design , namun sangat berkaitan erat dengan peran creator web design .


Pengenalan jati diri tidak hanya bisa diterapkan di area lingkungan kerja dan sebagainya , karena di dunia maya pun kita juga harus memiliki jati diri yang selalu terjaga .

Bicara mengenai jati diri , Apa itu jati diri ?
Jati diri adalah keadaan diri kita dalam fitrahnya , sesuatu yang timbul dan sudah terbawa secara alami semenjak kehidupan kita dimulai . Namun meskipun begitu ternyata banyak sekali orang-orang yang hingga berusia puluhan tahun masih bingung dengan keadaan jati dirinya . Kenapa itu bisa terjadi ?
Mungkin karena orang2 tsb tidak pernah mau belajar menemukan apa itu jati diri .

Apa pentingnya jati diri ? 
Jati diri tentu hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap individu yang hidup untuk mempertahankan keberadaannya dan mempertahankan fitrahnya . Banyak sekali kaum atau apapun itu yang harus kehilangan identitasnya karena selalu mengikuti trend yang ada . Dan ketika ia mulai bosan dengan gaya hidup seperti itu , barulah ia gelisah dan bimbang tentang jati dirinya yang sebenarnya .

Dari keadaan itu maka muncullah perilaku yang kadang justru memperburuk kehidupannya dengan melakukan banyak eksperimen dan spekulasi .

Bagaimana menemukan jati diri ?
Setiap manusia pasti memiliki keadaan alamiah yang memang sudah menjadi fitrahnya , dalam salah satu ajaran dikatakan sebagai Qodrat . Sesuatu yang tercipta secara sistematis dan baku , dan bersifat statis .
Semisal saja anda adalah seorang pria , terlahir sebagai pria , maka sampai kapanpun anda akan menjadi pria , karena fitrah anda adalah sebagai pria . Meskipun anda melakukan transgender , anda masih saja disebut pria ... yang melakukan operasi transgender menjadi wanita .

Banyak orang tersesat dalam melakukan pencarian jati diri , semisal saja lari ke narkoba dan minimal minuman keras karena saking stressnya . Dan saya harap anda tidak melakukannya . karena disini saya akan sedikit memberikan cara termudah untuk menemukan jati diri anda sebenarnya .

Setiap orang pernah mengalami fase dimana dirinya merasa sama sekali tdk berguna dan dihargai . Dan disitu ia akan mulai gelisah dan merasa tidak ada keadilan dalam hidupnya , dan yang lebih parah adalah depressi dan mengakhiri hidup karena tidak juga menemukan jawaban atas apa yang dipertanyakannya sehingga ia berfikir lebih baik mati daripada harus menangung penderitaan tiada berujung tsb .

Sebenarnya , jika anda mengalami fase itu , hal yang perlu anda lakukan adalah menenangkan diri dan tersenyum . Itu hal termudah dan terwajar yang paling gampang untuk dilakukan . Kemudian berfikirlah positif bahwa anda tidak pernah sendiri karena ada Tuhan yang selalu menjaga anda .

Cara Mudah menemukan jati diri
Menemukan jati diri akan bisa dilakukan dengan cara membaca .Membaca adalah kunci utama dari setiap jawaban . Ingat perintah Jibril pada Muhammad saat turun wahyu pertama . "Iqra !" ( Baca ! ) yang pertama kali diperintahkan oleh jibril .
Membaca disini banyak macamnya . Bisa dengan membaca dan mempelajari kitab2 berisi panduan membangun karakter . Atau membaca tanda2 yang menempel pada diri anda . Semisal anda membaca arti dari tahi lalat yang ada pada tubuh anda melali kitab2 terdahulu .

Menenali karakter pribadi berdasarkan Zodiak dan Shio . Banyak orang tidak mempercayai perhitungan Shio dan Zodiak , mungkin termasuk juga anda , namun tidak ada salahnya jika sesekali kita membaca zodiak kita sendiri . Dalam hal ini bukan Zodiak mingguan atau harian yang bersifat ramalan , melainkan membaca karakter orang menurut Zodiak .
Karena menurut saya pribadi , keterkaitan individu dengan alam saat kelahiran memang begitu kuat sehingga akan banyak mempengaruhi individu tersebut nantinya .
Dengan membaca Zodiak dan Shio anda akan lebih bisa mengenali karakter dan kepribadian sendiri , dengan begitu akan lebih mudah untuk menemukan siapa anda sebenarnya .

Menanyakan 3 pertanyaan keramat
Siapa , Darimana , Kemana .
Pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang sangat umum sekali ditanyakan oleh semua orang , tapi pada umumnya pertanyaan itu terlontar untuk orang lain dan akan sangat mudah untuk dijawab . Tapi coba tanyakan ketiga pertanyaan itu untuk diri sendiri saat anda sendiri dan tidak melakukan aktifitas , atau dalam nuansa merenung . Apa bisa dengan mudah anda menjawab ?
Dari ketiga pertanyaan itu anda sudah memiliki basic mendasar sekali tentang keberadaan anda di bumi dan dunia ini .
Dan dari ketiga pertanyaan itu maka akan mucul beberapa pertanyaan pengemangnya semisal : apa , untuk apa , bagaimana , dll .

Melihat ke masa lalu 
Banyak orang berpendapat yang berlalu maka biarlah berlalu dan masa lalu tidak mungkin akan terulang kembali , dan anda tidak akan pernah bisa menghidupkan masa lalu , Kehidupan adalah apa yang ada sekarang dan tidak usah peduli dengan masa lalu . Maaf saya kurang sependapat dengan pengertian bijak itu .

Masa lalu adalah apa yang membentuk anda sekarang ini dan masa depan anda . Memang semua itu sudah berlalu , namun anda dapat menghidupkannya kembali atau bahkan anda kembali ke masa lalu . Dalam kasus ini kita tidak akan membicarakan teori time traveller yang memungkinkan anda untuk kembali ke masa lalu dan mengubah takdir , namun lebih kepada konsep introspeksi .

Anda hidup berawal dari masa lalu dan akan berakhir dimasa mendatang . Dan kehidupan anda berawal dari masa itu yang sekarang membentuk karakter anda . Kembalilah kemasa dimana anda masih berada dalam fitrah anda sebelum terpengaruh oleh keadaan dan trend dan hidupkan kembali masa itu dalam kehidupan anda sekarang dan masa mendatang . Itu jika anda sudah terlampau depresi dan tidak bisa juga menemukan jati diri anda . Namun jika anda tidak separah itu , maka yang perlu dilakukan adalah dengan cara melihat masa lalu dan mulailah membenahi dampak dari masa lalu anda . Mulailah dengan memaafkan diri sendiri .

Beri Penilaian terhadap diri sendiri 
Anda dimata orang lain adalah anda dimata anda sendiri . Berilah penilaian setinggi2nya agar anda lebih bebas dan tidak mudah terpengaruh oleh keadaan . Dengan begitu anda bisa lebih tegap dalam menghadapi sesuatu dan akan lebih terang dalam menempuh perjalanan pencarian jati diri .

Jernihkan pikiran
Pikiran adalah pointutama dalam diri manusia , dimana semua hal berawal dari pikiran . Pikiran yang kotor dan berkecamuk akan membawa anda semakin larut dalam keadaan yang terus berubah setiap detiknya . Dan dengan pikiran jernih , perubahan anda yang menguasai ... Dalam diri anda sendiri .

Untuk menjernihkan pikiran , cara paling efektif adalah dengan cara meditasi . Untuk bermeditasi memang banyak sekali metode yang digunakan , silahkan browsing mengenai hal ini untuk menemukan metode apa yang sesuai dengan diri anda .

Cinta
Cinta merupakan sebuah ekspresi yang ekstrim dalam hal apapun . Cinta juga merupakan ekspressi neutral dari segala ekspressi , bisa dikatan cinta adalah titik nol dari semua hal . Berikan cinta pada diri anda dan beri dorongan positif dalam diri anda . Sehingga dengan begitu anda akan menemukan sebuah titik nol yang akan mengembalikan diri anda kepada fitrahnya atau jati diri anda sesungguhnya .
Berikan cinta secara tulus pada diri dan kehidupan . Dan menyatulah dengan alam dalam cinta kasih yang suci dan murni . Disitu akan muncul sebuah titik bening yang akan mengembalikan semua ekspresi ke titik nol kehidupan . Dan disitulah letak diri dalam kehidupan .

Mungkin itu saja yang bisa saya katakan dan jelaskan mengenai Cara Menemukan Jati Diri . Mungkin banyak kata dan kalimat yang tidak sepdan dengan pola pikir anda , untuk itu silahkan kembangan sesuai dengan diri anda sendiri . Dan jika ada yang tidak berkenan dari materi saya kali ini , berilah ketulusan dan cinta kasih dalam diri anda untuk menerimanya . Cinta kasih kudus menyertai anda , amin .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon