Cara Mengatasi Jenuh

Cara Mengatasi Jenuh 07:53
Cara Mengatasi Jenuh - Lumrah memang jika manusia mengalami rasa Bosan , karena mungkin aktifitas sehari harinya begitu monoton dan itu-itu saja . Biasanya tempat kerja , Rutinitas harian dan suasana rumah akan terasa begitu membosankan . Dan jika dibiarkan berlarut nanti bisa beralih ke taraf yang lebih parah yakni Jenuh .

Seseorang yang tengah bosan akan sulit sekali untuk merasa senang , gembira , tidak Enerjik dan hilang antusiame ,tidak konsentrasi,hilang fokus dll . Dan jika dibiarkan terus menerus dan semakin menumpuk maka bisa menjadi tekanan yang mengakibatkan Stress .

Dan jika dibiarkan begitu saja ternyata kejenuhan bisa berakibat sangat fatal bagi kehidupan secara kompleks . Misalnya saja untuk mengatasi rasa jenuh akhirnya seseorang memilih untuk Mabuk , bahkan hingga lari ke Narkoba . Dan rasa bosan yang tidak sesegera mungkin diatasi dan dibiarkan berlarut larut juga bisa membuat orang akan berpikiran pendek dan bisa mengambil keputusan singkat tanpa pikir panjang , semisal Drop Out , keluar dari kerjaan , bahkan hingga bercerai . Bahkan efek kejenuhan ini bisa mengakibatkan dampak yang sangat buruk bagi kehidupan manusia , yakni saat manusia memilih untuk mengakhiri kehidupannya dengan cara bunuh diri .

Untuk itu sangat perlu sekali kita menghilangkan rasa bosan dan jenuh untuk mencegah semua hal negatif tersebut dan membangun nilai positif dan kreatifitas yang justru akan lebih bermanfaat bagi kita .

Dan dibawah ini ada beberapa aktifitas yang bisa menghilangkan rasa bosan dan jenuh dan akan lebih membangun pribadi kita menjadi lebih baik .

Membangun kebiasaan membaca
Membaca merupakan kebiasaan yang baik. Masih ingat kan dengan ungkapan “buku adalah jendela dunia?” Dan diera digital Sekarang, bahkan semakin murah dan mudah, karena Kita dapat memperoleh ragam informasi dari belantara internet. Lalu, bagaimana jika Anda orang yang agak apatis membaca? Ah, sepertinya itu bisa diatasi. Anda hanya perlu mengingat minat Anda, lalu cari informasi tentang bidang apa yang Anda minati. Membaca menjadi satu-satunya cara memperluas wilayah privasi Anda yang tidak dapat diinvasi oleh siapa pun.

Menyalurkan dan mengembangkan Hobi Anda
Bila Anda punya hobi lain, itu bagus untuk dikembangkan. Melakukan hobi biasanya menyenangkan diri sendiri, disamping hobi juga berpotensi menjadi bisnis. Misalnya hobi melukis. Koleksi lukisan Anda dapat Anda pajang di sebuah Toko Online. Anda mungkin berpikir – “Siapa yang akan tertarik?”,,. Anda tidak perlu berpikir begitu, Ada miliyaran orang di dunia seperti saya dan Anda mencari sesuatu di internet. Just do it, ada kemungkinan duit akan datang. Ya!, bisnis diinternet, sekurang-kurangnya adalah menulis blog, maka anda sudah bisa mengurangi kebosanan dan sekaligus mendapatkan $$$. Atau apapun dari hobi Anda yang bisa nda kembangkan, dan yang bisa menyenangkan Anda tentunya,,,

Bergabung di suatu komunitas
Tanyakan pada diri Anda, komunitas semacam apa yang memberi manfaat positif dan membuat anda enjoy. Menjadi bagian dari suatu komunitas dapat menunjang perkembangan profesi atau keahlian Anda. Bergabung dalam satu komunitas tidak hanya bisa dilakukan secara fisik, seperti bergabung di suatu organisasi konvensional. Bergabung dalam sebuah forum di Internet juga bisa menjadi cara yang efektif, karena dapat berbagai informasi dengan tidak harus bertatap muka.

Pikul tanggung jawab Anda
Hidup tidak selalu melakukan hal yang tepat, kita pernah melakukan kesalahan. Bila Anda berkecil hati karena merasa gagal – jangan menyerah, lakukan lebih baik! Jika Anda merasa kecil hati karena kurang dihargai atas upaya Anda, ingatlah bahwa ada hari esok. Anda punya pilihan meneruskan atau mencoba yang lain.

Jangan menutup diri
Kebosanan sering dipicu oleh kegiatan rutin yang monoton. Hampir tidak ada kegiatan yang tidak membosankan, kecuali kita melakukan dengan porsi yang dapat kita tanggung. Bila Anda bosan atau jenuh dengan pekerjaan, Anda perlu menyelidiki penyebabnya. Mungkin Anda perlu sedikit kelonggaran, gunakan waktu bersama keluarga atau teman. Atau lakukan apa yang membuat Anda senang.

Pilih hiburan yang cocok
Sudah menjadi kebiasaan banyak orang, setelah lepas dari aktivitas seharian, secara sengaja atau tidak sengaja kita nongkrong di depan televisi. Bila tidak selektif, informasi di televisi dapat membuat pikiran Anda makin ruwet. Ada ungkapan bahwa bad news is good news. Media hampir tidak pernah peduli bagaimana tayangan tersebut bisa mempengaruhi psikologis Anda,.Yang mereka  pedulikan hanya  apakah Anda mendengar, alias jangan kemana-mana setelah yang satu ini!. Nikmatilah hiburan atau media yang cocok dan membuat Anda lebih baik.

Demikian itulah Cara Mengatasi Jenuh yang sekaligus akan membangun pribadi kita menjadi lebih baik . Silahkan dipraktikan dan rasakan manfaatnya .

Sumber inspirasi : http://www.tipscaraterbaik.com/tips-cara-mengatasi-jenuh-dan-bosan.html

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon