Resiko Tidur Larut Malam

Resiko Tidur Larut Malam 08:29
Resiko Tidur Larut Malam - Dulu saya sempat berbagi materi soal bahaya begadang di artikel Mandi Bisa Membunuh Anda . Dan kali ini saya juga akan berbagi Sebuah materi yang sangat berguna untuk anda ketahui mengenai Bahayanya Tidur Larut Malam atau Resiko Tidur Larut Malam .

Biasanya para bloger nih yang suka tidur larut malam bahkan bisa sampai lupa tidur 2 hari . Hehe saya pernah mengalaminya karena keasikan bermain script . Dan juga orang yang memang harus kerja lembur demi kejar setoran , hati-hati jangan sampai jadi kebiasaan apalagi hoby tidur larut malam begitu . Karena apa ? Ternyata banyak sekali bahaya atau resiko dari tidur larut malam seperti yang bisa anda lihat dibawah ini .

Berikut resiko dan bahayanya sering tidur terlalu larut malam

1. Konsentrasi menurun.
Tidur laksana seperti baterai yang dichrage energi listriknya, jika kurang tentu dayanya tak akan maksimal. Otak manusia juga perlu diistirahatkan dengan cukup, agar gelombang listriknya bisa kembali pulih. Tidur yang telalu larut tentu akan memotong sebagian waktu yang sebenarnya harus digunakan untuk otak istirahat. Akibatnya, daya berfikir dan konsentrasi akan menurun. Kurang tidur juga akan memberikan pengaruh yang kurang baik bagi badan dan pikiran. Seperti dapat mengganggu tingkat kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini tentu akan menyebabkan menurunnya produktifitas, serta hasil kerja yang tak maksimal. Bagi pelajar, tentunya ini akan menyulitkan dan hasilnya juga tidak akan maksimal.

2. Menjadi Pelupa.
Masih ada hubungannya dengan poin satu diatas. Karena pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis menunjukkan hasil penelitiannya bahwa peristiwa otak yang disebut sharp wave ripples bertanggungjawab dalam menguatkan memori atau ingatan otak. Peristiwa ini juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, tempat kenangan jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur. Jadi sering kurang tidur akan melemahkan memori dan akan menyebabkan mudah lupa.

3. Masalah kesehatan serius.
Kurang tidur dalam tahap kronis bisa semakin memperbesar resiko, seperti akan mengalami Penyakit jantung, seperti gagal jantung, detak jantung tidak teratur, serangan jantung, serta Tekanan darah tinggi yang bisa berlanjut kepada Stroke. Kurang tidur juga terkait dengan Diabetes.

4. Menyebabkan depresi
Dalam studi tahun 1997, peneliti dari Universitas Pennsylvania melaporkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama seminggu, akan sangat mudah mengalami  stres, marah, sedih, dan kelelahan mental. Hal inilah yang akan memicu tingkat depresi yang lebih tinggi.

5. Memperburuk kesehatan kulit.
Kebanyakan orang akan mengalami kulit pucat serta  mata terlihat bengkak setelah beberapa malam kurang tidur. Dan jika masih terus dilakukan, kurang tidur akan berdampak kronis yang akan mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah, dan lingkaran hitam di bawah mata. Tidak mendapatkan cukup tidur akan membuat tubuh Anda melepaskan lebih banyak hormon stres atau kortisol.

8. Risiko berat badan naik.
Kurang tidur juga terkait dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan tinggi, dan akibatnya bisa memicu obesitas. Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2004, hampir 30 persen dari orang-orang yang tidur kurang dari enam jam sehari cenderung menjadi lebih gemuk daripada mereka yang tidur tujuh sampai sembilan jam sehari.

Penelitian terakhir terfokus pada hubungan antara tidur dan peptida yang mengatur nafsu makan. Ghrelin merangsang rasa lapar dan leptin memberi sinyal kenyang ke otak dan merangsang nafsu makan. Waktu tidur singkat dikaitkan dengan penurunan leptin dan peningkatan dalam ghrelin.

Siklus tubuh manusia yang perlu diketahui, agar kita mengerti akan pentingnya tidur teratur cukup yang sesuai dengan jadwal:
Malam hari Pukul 21.00 – 23.00 :
Jam ketika pembuangan zat-zat  beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila Anda terbiasa beraktivitas berat pada jam-jam itu, hal itu dapat berisiko mengganggu kesehatan.

Malam Hari Pukul 23.00 – dini hari pk 01.00 :
Waktu ketika proses membersihkan zat-zat  beracun pada organ hati, diharapkan kita dalam kondisi tidur pulas.

Dini hari Pukul 01.00 – 03.00 :
Waktu ketika Proses membersihkan zat-zat  beracun pada organ empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

Dini hari pukul 03.00 – 05.00 :
Waktu ketika membersihkan zat-zat  beracun pada organ paru-paru. Itu Sebabnya bagi penderita batuk akan mengalami batuk yang hebat dalam durasi waktu ini. Karena proses pembersihan racun (detoxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

Pagi pk 05.00 – 07.00 :
Waktu ketika terjadi pembersihan racun di bagian usus besar, kita harus melakukan buang air.

Pagi pk 07.00 – 09.00 :
Waktu ketika penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, jadi sebaiknya kita harus sarapan. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi,  yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya.

Tidur hingga larut malam, dan kemudian baru bangun setelah hari terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat beracun oleh tubuh. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

Semoga artikel Resiko Tidur Larut Malam ini bisa menjadi bahan referensi anda untuk tidak melakukan kebiasaan tidur larut malam demi sebuah pekerjaan dan setoran , hehe .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

19 August 2013 at 18:32 delete

gak lagi deh begadang kalau gak perlu2 amat..
kasihan nih badan

avatar
20 August 2013 at 04:10 delete

Bikin website domain sendiri dengan harga yang palingmurah seindonesia gan !!! langsung saja mampir buat liat2 dulu . thanks

avatar

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon