Hitam Maksimal Hanya Dengan Pensil 2B

Hitam Maksimal Hanya Dengan Pensil 2B 18:33
Hitam Maksimal Hanya Dengan Pensil 2B ? Kenapa enggak .
Yups , disini saya akan sedikit berbagi trik dan Tips mungkin untuk para Drawer yang kadang kebingungan karena keterbatasan alat tempur menggambar .

Seperti yang saya alami dulu . Saya sering melemahkan diri saya karena keterbatasan alat gambar yang saya punya , dan ya , itu wajar karena saya menggambar hanya saat kurang kerjaan dan ada inspirasi , bukan sebagai profesi . Dan dengan pensil 2B saja memang terkadang hasilnya sangat tidak memuaskan , sebelum saya tau triknya .

Disini saya akan bagikan trik yang saya ambil dari pengalaman uji coba saya dan berhasil di kali pertama saya melakukannya . Mungkin sudah ada banyak yang melakukan ini , tapi sejauh ini saya belum browsing terkait hal itu :v .

Oke , Sekarang kita mulai saja .
Pertama yakin saja dulu dengan gambar yang mau di buat . Dan itu terserah anda .
Biasanya bagian yang akan kita beri warna gelap solid itu ada dibagian rambut atau background , karena pada umumnya orang yang hanya bersenjatakan pensil 2B itu malas untuk menggambar dengan warna gelap di baju karena itu akan merepotkan . So , sejauh ini saya keliru ?

Untuk tahap awal buat gambar saja seperti biasanya , setelah kita temukan bagian mana yang akan kita hitamkan , langsung saja raut pensil , disini saya merekomendasikan menggunakan Cutter atau silet .









Kenapa tidak pakai Rautan pensil ? karena kita akan mengambil serbuk pensilnya . Seperti dibawah ini yang saya maksud serbuk pensil .

Taburkan dibagian yang ingin kita tebalkan hitamnya . lalu untuk meratakan serbuk pensil ini kita bisa gunakan Cutton Buds , jari , Kapas atau apapun terserah yang penting enak dan nyaman .

Untuk menambah ketebalan , tambahkan saja serbuk pensilnya , tapi jangan terlalu tebal dan jangan terlalu menekan saat meratakan serbuknya karena nanti bisa susah sekali untuk dihapus .

Jika masih kurang hitam dibagian bagian tertentu misal kita akan membuat shading dibawah lipatan baju , atau mungkin bagian rambut yang hitam legam , kita bisa menambah kehitaman dengan menggoreskan pensil seperti biasa dan hasilnya akan sangat luar biasa ,,, untuk ukuran 2B .

Silahkan mencoba trik sederhana ini , dengan begini kita tidak lagi akan merasa terbatasi dengan alat seadanya yang kita punya . karena hanya dengan 2B kita bisa menghaisilkan kualitas 6B atau bahkan 8B sekalipun .

Catatan :
Bagian yang hitam akan sangat sulit untuk dihapus , tapi masih bisa dihapus dengan bersih .
Dengan trik ini kita bisa jadi boros Pensil dan juga Penghapus kalau kita membuat detail di rambut .
Trik sederhana ini akan membuat tangan kita hitam dan kertas gambar kotor , tapi bisa dibersihkan jika gambar sudah selesai dan tidak akan jadi masalah kalau background projek kita berwarna hitam .

Oke , mungkin itu saja dan selamat mencoba . Oh iya , disini saya juga mau share hasil karya saya sebelum dan sesudah menggunakan trik ini

Dan Maaf gambar2 tutor diatas saya ambil dari Google karena kamera saya rusak :v .

Sebelum :




After :





Memang jika dibandingkan dengan kehitaman 8B trik ini masih belum bisa menyamai , tapi setidaknya kita bisa membuat warna hitam jadi lebih solid hanya dengan pensil 2B . Semoga bermanfaat .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Anonymous
1 December 2013 at 23:19 delete

Sangat berguna sekali.. dari dulu saya memikirkan masalah ini, dan ternyata ketemu solusi nya disini... Terima kasih banyak! ^^

avatar
2 December 2013 at 00:39 delete

Sama sama :) thanks juga apresiasinya

avatar

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon