Semua Orang Bisa Membuat Template Blog

Semua Orang Bisa Membuat Template Blog 20:31
Template Blog , sesuatu yang harus ada dalam sebuah blog dimana template itu sendiri yang menjadi interface ( antarmuka ) Konten dengan user atau pengunjung blog .
Nah , ngomongin soal template , saya pikir semua blogger bisa membuat template blognya sendiri . Dan tentunya dengan beberapa ketentuan yang harus dimiliki oleh blogger itu sendiri . Tapi , ketentuan atau syarat yang saya maksud sepertinya itu bukan sesuatu yang sulit .

Ya , syarat seorang blogger bisa membuat template adalah dia mengerti Css . Tidak harus menguasai , mengerti dan paham saja cukup .
Saya ada teman yang belum lama ini bergabung dalam dunia blogging , yaitu sejak awal 2013 kemarin .
Seperti pada umumnya seorang blogger termasuk saya , hal yang paling pertama sekali diperhatikan adalah mengenai desain dan tampilan blog yang dibuatnya . Ya , karena desain yang dinilainya OKE oleh si pemilik blog tentu akan menambah kebanggaan dan rasa percaya diri dalam berbagi konten dan info .

Tapi , itu dia masalahnya . Karena masih awal sekali bergabung dengan dunia Blogging , maka pengetahuan Cssnya masih sangat terbatas dan bahkan sama sekali belum paham . Dan itu dia yang menjadi momok bagi para blogger baru yang menginginkan blognya bernuansa keren . Dan tidak sedikit yang akhirnya mundur dari dunia bloging hanya karena masalah itu termasuk teman saya tersebut, yang padahal hal itu bukan masalah utama dalam dunia blogging .

Sebenarnya apa saja sih yang harus ada di dalam template blogspot ? Kenapa begitu rumit ( kelihatannya ) dan kenapa begitu membingungkan dan bikin stress saat editing template ?

Nah disini saya akan sedikit menjelaskan sekali lagi ( jika sebelumnya mungkin saya pernah membahas mengenai template dalam bahasan yang lain ) .

Blogger pemula yang mulai mengotak atik template ( desain template ) sering kali stress karena apa yang dilakukannya menemui jalan buntu atau gagal total , termasuk saya juga begitu . Dan kenapa itu terjadi ? Karena ketidak tahuan mengenai Css ( Styling ) template yang digunakan .

Untuk mulai mengedit template blogspot , yang menurut saya ini adalah template yang paling mudah untuk di otak atik , kita harus mengerti dulu bagian bagian utama dalam sebuah template .

Perlu diketahui dulu sebelumnya bahwa sebenarnya template blogger itu semuanya sama . Saya yakin semuanya sama . Yakni terdiri dari Frame HTML , Css , JavaScript . Hanya itu bagian yang sangat penting dalam sebuah template . Tentu ini menurut pandangan saya jika ternyata ada blogger lain yang mengatakan ada bagian lain yang juga harus ada .

Kita mulai dulu dari HTML

HTML


HTML itu saya katakan adalah sebuah Kerangka . Ibarat rumah , HTML itu sebuah kerangka rumah seperti misal Pondasi , Tiang , Dan sejenisnya . Tentu sebuah rumah haruslah memiliki bagian itu untuk membuatnya terlihat seprti rumah toh ? Dan itu juga merupakan hal yang paling mendasar untuk membangun rumah .

Tapi ini bukan rumah , melainkan Blog .
Dalam HTML itu sendiri kita harus mengenal beberapa bagian penting yang juga paling mendasar dalam sebuah rangkaian template blogspot .
Kita akan menemukan beberapa bagian penting dibawah ini seperti :
1. Body
2. Wrapper

"Body" adalah tubuh darii blog ( template ) tersebut . atau misal itu adalah sebuah rumah , maka body ini adalah bagian keseluruhan rumah itu .
Sementara wrapper adalah muatan dari si rumah tersebut , atau mulai dari tembok ke dalamnya .

Dalam wrapper kita akan melihat adanya beberapa bagian penting seperti :
1. Header
2. Main
3. Sidebar
4. Footer

Tidak perlu dijelaskan apa saja pengertian dari masing masing bagian diatas dan juga mengenai fungsinya karena saya pikir nenek2 ngesot juga tau apa pengertian dan fungsinya .

Kesemua bagian diatas tentu tidaklah mutlak sifatnya karena seperti kita tahu bahwa desain template itu beragam bentuknya meskipun pada dasarnya adalah sama , seperti kita bisa melihat blog yang hanya menggunakan satu kolom , 2 kolom , sampai 5 kolom . Dan itu hanya karena perbedaan pembagian dari bagian2 diatas yang sudah saya sebutkan .

Css


Apa itu Css ?
Css itu singkatan dari Cascading StyleSheet . Maaf jika salah tulis ( mungkin ) . Dimana Css ini adalah hal yang akan membentuk karakter dari HTML yang kita punya .

Misal sebuah rumah , Css ini adalah hal yang akan membentuk rumah itu , misal temboknya berwarna putih , hitam , hijau dan lain sebagainya . Dan juga mengenai apa saja yang ada dan menempel pada tembok tersebut . Misal kita akan menaruh lukisan , itu misalnya . Dan Css ini juga yang akan memberikan seberapa besar tembok yang kita punya , seberapa luas halaman yang kita punya dalam sebuah ruangan rumah .

Begitu juga pada blog . Css ini yang akan mengatur Style dari HTML yang kita punya . Misal saja untuk bagian Header akan kita buat dengan warna merah , lebar sekian dan tinggi sekian . Atau kita ingi memberikan sentuhan pada huruf yang kita gunakan , atau mungkin gambar yang akan kita letakkan pada blog , dan semacamnya .

Jadi intinya Css adalah apa yangkita butuhkan untuk membentuk karakter dari HTML .

Dan saya pikir anda sudah cukup mengerti sampai disini .
Selanjutnya kita akan menemukan bagian terakhir dalam bab ini yakni JavaScript .

JavaScript


JavaScript ini yang menurut saya masih rumit dalam template blogspot . Tapi, untuk membuat template , kita tidak perlu untuk benar-benar paham dulu yang namanya JavaScript karena kita bisa mendapatkannya dari Google dan mengolahnya untuk disesuaikan dengan bagian bagian template yang kita punya .

Mengenai Fungsi dari JavaScript ini , menurut saya , sekali lagi menurut saya , ini adalah untuk mengeksekusi fungsionalitas dari HTML dan Css . Sampai disini saya salah ?

Misal dalam sebuah halaman kita akan memanggil HTML Header lengkap dengan Cssnya . Nah dalam hal ini kita akan memberikan efek ( Fungsi ) bergetar pada header tersebut , maka kita membutuhkakn yang namanya JavaScript untuk memberikan perintah "Getar" tersebut . Cukup paham bukan ?

Untuk JavaScript sendiri , kita akan dimudahkan dengan adanya jQuery yaitu JavaScript yang sudah di pack untuk memberikan perintah dan fungsi yang lebih kompleks . Dan saya rasa semua template yang bisa di download di internet sudah lengkap dengan jQuery ini .

Untuk jQuery sendiri fungsi umumnya adalah untuk memberikan sentuhan Animasi yang halus pada konten . Memang membuat animasi itu bisa saja hanya dengan HTML dan Css , tapi dengan bantuan JavaScript ( jQuery ) animasi yang dihasilkan akan lebih lembut dan tampak alami .

Mengenai Pembuatan Template Blogspot .
Sejauh ini saya sering sekali menemui dan melakukan serta mengalami sendiri yang namanya download di internet dan mengeditnya sesuai keinginan kita . Dan itu memang wajar sekali dan memang perlu dilakukan untuk lebih mengeri tentang Css dan bagian-bagian template lainnya .

Dari situ , kita bisa belajar untuk membuat template sendiri . Dengan artian kita tidak membuat template itu dari NOL dengan membuat Frame HTML , kemudian Css kemudian javaScript . Yang perlu kita lakukan adalah mengedit template yang sudah jadi dan membuatnya berbeda dari aslinya . Itu saja sudah cukup .

Dan disini saya juga mau bilang kalau saya juga yakin bahwa para pembuat template itu tidak serta merta membuat template dari NOL ( halaman kosong ) seperti misal kita membuka New File di notepad kemudian menulis huruf satu persatu untuk membuat pengkodean template . Itu akan memakan waktu yang sangat lama sekali . Dan saya pikir anda sependapat dengan saya .

nah tapi yang jadi pertanyaan adalah , kalau kita semua para blogger bisa membuat template , lalu siapa yang memakai template itu sendiri ? Sementara kita tau para pembuat template gratis dan premium masih terus membuat template yang begitu menarik . Pertanyaan itu sempat ditanyakan oleh seorang master template dalam sebuah komentar di blognya :v .

Tapi gini , dengan bisa membuat template sendiri , kita akan bisa membuat desain yang berbeda pada blog kita dari blog yang lain , meskipun dengan satu tema .
Sekarang saya sering sekali menemui blog bahkan puluhan blog dengan template yang sama , dan itu terkesan sangat aneh menurut saya :) .

Anda percaya bisa membuat template sendiri ? Lakukan sekarang juga , minimal bisa membuat template yang anda gunakan berbeda dengan template blog lain .

Yah mungkin itu saja dari saya dalam pembahasan kali ini dan semoga dapat dimengerti dengan baik oleh siapapun yang membacanya , dan semoga bermanfaat .


Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

29 November 2013 at 00:39 delete

Wah Terima kasih master :)

avatar
29 November 2013 at 01:05 delete

Masama dan smoga bermanfaat :)

avatar

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon