Alasan Clone

Alasan Clone 02:56
Clone template blogspot , adalah hal yang sangat ( mungkin ) dibenci oleh para blogger di Indonesia dan mungkin bahkan di seluruh dunia . Hmmh saya tidak tau pasti .
Tapi yang jelas banyak sekali para blogger yang akhirnya membully para blogger yang melakukan clone .
Yah , memang itu layak diterimanya .

Clone Template atau menghidupkan kembali element-element dalam wadah yang berbeda dengan sifat yang sama . Banyak bahkan sebagian besar blogger mengatakan ini adalah Palgiarism atau plagiat , yang padahal menurut kamus , kedua kata itu jelas berbeda . Dan saya lebih suka Clone daripada Plagiarism .

Lalu apa Alasan Clone Template ? Dan untuk apa ?
Di artikel ini spesial akan saya jelaskan dan saya perjelas setiap kata mengenai mengapa dan untuk apa Clone Blogger template . Dan juga resiko yang mungkin timbul dari aktifitas ini .

Alasan Clone


Mengapa ?


Saya mulai Cloning atau Kloning blogger template itu sejak September 2013 , berawal dari rasa penasaran saya setelah memikirkan kode semalaman . Ya , saat itu yang ada di kepala saya hanyalah Css dan HTML , sebuah struktur utama dalam sebuah template dan bagaiaman cara pengaplikasiannya di dalam Blogger frame . Saya menata dalam angan jika ini diletakkan disini , dan itu diletakkan dibagian itu dengan fungsi begini maka akan jadi begitu . Dan ya, semua itu saya pikirkan tanpa dasar pengetahuan HTML yang cukup karena memang saya bukan salah satu siswa pendidikan web design , hanya seorang blogger pemula yang selalu penasaran .
Akhirnya saat itu saya mulai untuk mencoba ekperimen nekat dengan target awal saya saat itu adalah themeforest . lebih dari 4 jam saya habiskan waktu saya didepan komputer untuk memindah interface Themeforest ke blog percobaan saya , dan ternyata saat itu saya berhasil , meskipun hasilnya sama sekali tidak memuaskan .
Tapi setidaknya itu adalah awal yang bagus untuk seorang Cloner pemula .

Nah sekarang muncul pertanyaan kenapa saya ingin melakukan itu dan benar-benar serius memikirkan hal itu saat itu ?

Harus saya akui bahwa satu hal yang membuat saya benar benar tertarik dalam dunia blogging adalah karena Interface Blogspot itu open source , dengan artian bisa kita buat semau kita . Ya , memang pada dasarnya semua template CMS juga bisa , tapi itu terasa lebih sulit karena saya belum memahaminya .
Dari ketertarikan itu saya mulai belajar untuk mengenal apa saja yang ada di dalam tempalte blogspot yang bisa kita sesuaikan itu . Saat itu saya belum tau bahwa ada jutaan template gratisan tersebar di internet yang bisa di download .
Dan setelah saya tau , maka tidak terbendung lagi hasrat untuk mencari dan menemukan tampilan desain terbaik untuk blog saya saat itu . Dan beberapa kali saya menemukannya dan cukup senang saat itu . Sebelum akhirnya saya tau ada Wordpress theme premium yang desainnya jauh lebih profesional .
Dan sejak saat itu juga saya kecewa .
Kenapa sih tidak ada tempalte maker yang membuat template blogspot lebih keren dari biasanya ? Atau setidaknya sedikit miripd an layak untuk bisa disebut Website , bukan blog .
Apa karena tidak banyak orang ( Blogger ) yang suka dengan desain modern dan futuristik sehingga para template maker ini membuat desain yang Blog banget dan itu sama sekali tidak menarik .

Sejak awal , sebenarnya saya tidak ingin terlihat mengelola sebuah blog , melainkan website . Yang pada dasarnya itu sama , hanya berbeda domain dan kualitas kepercayaan yang timbul . Jadi dengan begitu saya hanya ingin mendesain blog saya dengan tampilan ala website yang simpel dan elegant , terutama bersih di bagian muka ( Homepage ) layaknya Portfolio atau Corporate template . Dan Blogger tidak memberikan hal itu .
Sejak saat itu saya terus mencari tampilan atau desain web untuk blogger dan saya harus terus-terusan kecewa dan saya benar-benar tertekan saat itu . Hingga akhirnya saya memutuskan untuk berpindah dari Blogspot ke Wordpress hanya untuk mendapatkan desain terbaik untuk Blog saya .
Tapi hal itu tidak bertahan lama karena saya benar-benar memulai semuanya dari Nol lagi dan saya lelah .

Akhirnya saya kembali ke Blogspot dan mulai mencoba mendesain sendiri dengan eksperimen-eksperimen nekat tanpa dasar pengetahuan yang jelas . Ya , hanya modal nekat dengan rumus kira-kira .

Tapi sejak saat itu pengetahuan tentang HTML dan Css lebih terasah lagi , dan hingga pada akhirnya saya tau bahwa template blogspot itu bisa dibuat apa saja semau kita dan bisa mejadi bentuk apa saja terserah kita . Yah m akhirnya saya mulai melihat-lihat isi dari template orang lain dan mulai mempelajarinya . Dan ternyata tidak terlalu sulit .

Dan ya , saya menikmatinya .

Untuk Apa ?


Apa pertanyaan ini penting ditanyakan ? Mengingat saya banyak membagi-bagi template Clone dan semi Clone saya ? Hahah , ya tentu hal ini perlu anda tanyakan jika anda memang merasa ingin bertanya . Dan saya akan menjelaskan semuanya .

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa saya tertarik sekali dengan dunia Design , tapi sayangnya rasa malas saya tidak tertarik untuk itu . HIngga akhirnya saya jadi malas untuk membuat desain sendiri .Dan Clone adalah jalan terbaik untuk menyalurkan hasrat saya dalam desain interface blog .

Saya melakukan semua ini hanyalah untuk sekedar iseng , dan yaa mungkin cuma itu mengingat tidak ada satupun template yang saya jual untuk saat ini . Mungkin nanti akan ada , tapi bukan Clone . Karena saya juga lagi mulai merancang sebuah desain template premium yang layak untuk dijual .

Dan ya , mengingat semuanya saya berikan dengan gratis tanpa redirect link seperti adfly dan semacamnya , mungkin memang kesipmulan yang tepat adalah karena saya hanya iseng-iseng saja daripada bingung dan capek jika harus terus menerus menulis yang smubernya hasil dari berita internet . Dan saya pikir saya juga lelah jika harus terus menggambar . Dan Clone adalah keputusan terbaik untuk saat ini .

Dan saya pikir saya bukan satu-satunya orang yang melakukan itu , meskipun mungkin saya satu-satunya blogger gila yang mengakui dirinya Cloner atau tukan gkloning template orang . Dan saya pikir itu lebih baik .

Derjalanan Clone saya yang baru berjalan sekitar 2 bulan , ternyata saya banyak menemui template bloger downloadable yang ternyata merupakan sebuah Clone juga . Meskipun template dan pemilik tempalte itu tidak menyebutkannya . Atau meungkin memang itu bukan clone , hanya saja kesamaan ide . Tapi saya rasa itu memang benar-benar Clone .

Yah , memang ada beberapa yang mengatakan itu adalah Converted template , dan bagi saya itu sama saja Clone . Ada yang keberatan ?

Resiko


Banyak blogger yang akhirnya mengucilkan para blogger yang melakukan tindakan ini pada blog lain . Dan mungkin itu memang pantas . Para Blogger menganggap Clone adalah tindakan pencurian konten yang cenderung illegal dan bahkan bisa dibilang kriminal . Tapi sepertinya itu terlalu berlebihan .

Dari statement terebut yang mengatakan bahwa ini adalah tindakan pencurian dan kriminal , akhirnya banyak blogger yang sedikit lebay dan aneh menurut saya .Ada beberapa orang yang minta ijin untuk mengambil konten di template yang sudah digratiskan untuk mendownload . Dan saya pikir semua orang juga tau bahwa si pembagi tempalte itu akan dengan entengnya tanpa mikir untuk bilang "Silahkan" .
Lah orang sudah digratiskan dan disebar luaskan , ya tentu itu sudah jadi konsumsi publik toh ?
Apa itu tidak terlalu aneh bagi anda ? Jujur menurut saya itu terlalu aneh dan menggelikan .

Yah tapi perlu kita ingat juga bahwa mungkin itu dilakukan agar terhindar dari resiko dicap Cloner atau Plagiat oleh para blogger lain yang merasa dirinya tidak terlibat dalam duia Clone . Tapi konsumen Clone template terselubung .

Sebenarnya apa sih Resikonya jika Clone Template ?
Saya pikir resiko yang timbul akan sangat beragam sesuai dengan seberapa jauh anda bersosialisasi , seberapa terkenal anda dan juga seberapa kuat korban anda .

Bisa saja konten yang diambil adalah konten dengan hak cipta yang tidak boleh sembarangan digunakan . Dan bisa saja hal itu akan dibawa ke ranah hukum dan berakhir dengan tuntutan perdata yang biasanya nilainya bisa membuat anda igin bunuh diri atau sekedar mencoba meminum racun serangga . Dan ya, itu masuk akal .

Atau minimal Bullying akan terjadi pada diri anda dan anda akan dibuang selamanya dari peradaban blogger selama anda masih menunjukkan identitas anda seperti pada umumnya .
Tapi untuk resiko palign kecil ini saya sudah membuat artikelnya yang mungkin bisa anda baca di artikel yang berjudul Cara Paling Mudah Mencegah Bullying .

Dan resiko terbesar mungkin bisa berakhir di dalam kurungan penjara dengan masih membayar denda yang akan membuat anda ingin segera di eksekusi mati dengan shotGun tanpa suara . Dan itu semua bisa saja terjadi , tergantung dari seberapa ganas korban Clone anda .

Tapi sekali lagi saya katakan disini bahwa artikel ini tidak sedang mengajari anda untuk melakukan kloning tampilan dan mejerumuskan anda untuk menjadi malaing dunia maya . Karena pada dasarnya itu memang bukan perbuatan yang baik dan sebaiknya idak untuk ditiru , meskipun hanya sekedar iseng . Karena pada akhirnya iseng anda akan membuat anda menikmati dunia baru yang mengerikan itu .

Dan saya rasa sekarang anda sudah tau apa , mengapa dan untuk apa Clone blogger template yang kini jadi salah satu aktifitas iseng saya . dan sekali lagi saya katakan , sebaiknya anda tidak meniru apa yang saya lakukan karena bisa berakibat fatal .

Kambali lagi bahwa semua hal yang kita lakukan itu beresiko , bahkan bernafas pun beresiko . Dan itu wajar saja .
Perihal Clone , saya hanya melakukan apa yang saya suka dan tidak bermaksud merugikan pihak manapun . Dan selalu saya sebutkan bahwa jika ada pihak yang merasa dirugikan , maka silahkan hubungi saya . Dan jika memang itu benar , maka dengan senang hati saya akan menghapus semua konten yang terkait dengan template Clone saya . Tapi , untuk konten yang sudah ditangan user , maka itu sudah bukan hak saya lagi .


Mungkin itu saja untuk saat ini dan semoga apa yang saya tulis memberikan penjelasan yang bisa dipahami oleh semua orang yang membaca artikel Alasan Clone ini . Dan lagi , terimakasih telah membaca post ini dan semoga memberikan informasi yang bermanfaat .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon