Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan Blog dan Website 21:44
Fiufiuw ... Perbedaan Blog dan Website ? Emang itu beda ? Masa ? Apa bedanya ? Bukannya sama saja antara blog dan website itu ?

Nah ini dia nih yang masih jadi salah paham dan diaduk aduk . Maklum lah Indonesia , Lidahnya terlalu bulet dan agak lancip di ujung mungkin sehingga dengan gampangnya nge-cablak ngaduk-aduk sesuatu :v . Manipulatif hahah .

Sebenarnya ada si perbedaan antara blog dan website yangharus diketahui , khususnya buat para orang orang yang sok tau ( Banget ) dan sok keren ( Abis ) dengan pengetahuan yang salah itu hahah .
Beberapa waktu lalu ada orang yang begitu sih :v dan jadi pengen ketawa mulu kalau inget .

Oke... kita bahas apa saja perbedaan blog dan website yang harus dibahas disini .

Blog


Pada dasarnya Blog itu adalah singkatan dari kata "Web Log" yang artinya adalah anakan dari website , aktifitas website gitu gitu . Memang induknya ya website itu sendiri . Blog merupakan subdomain dari website . Misal blalabla.blogspot.com . Blogspot.com adalah website , kemudian para Blogger ( sebutan untuk para pemilik blog ) membuat namanya sendiri sebagai subdomain dari Blogspot.com .
Yang pertama kali dan terbesar mencanangkan layanan Microblogging adalah Blogger milik Pyra Labs yang kemudian di akuisisi sama Google di 2002 kemarin .

Sejak di pegang Google , pengguna blogger kian bertambah dan merajalela . Yang pada semulanya Blog hanya dibuat untuk menulis aktifitas pribadi , kegiatan sendiri , info keluarga kecil dan catatan sehari-hari semakin kesini semakin berubah fungsi . Bukan lagi menjadi buku harian online , tapi menjadi penyebar Informasi dan Gossip dan lain sebagainya bahkan ada juga bisnis online dari Blog .

Dan dari kejadian itu bahkan sekarang ada banyak sekali yang membuat Blog seolah menjadi website dengan mengubah ke dalam domain sendiri . Banyak yang beranggapan bahwa itu adalah website yang padahal itu masih saja Blog . Blog dengan Custom Domain .

Website


Website adalah Domain statis dari Blog . Website ini bisanya diam dan tidak update post seperti layaknya Blog yang selalu update dan terus memperbarui aktifitas di dalamnya .
Jika Blog memiliki garis waktu , Website tidak sama sekali .
Pemilik website bisanya membuat website dengan tujuan Komersil dari awal , semisal saja membuat website profil perusahaan dengan tujuan lebih mempermudah para pelangan mengakses Informasi profil perusahaan yang bersangkutan .
Di dalam website , semua halaman sudah di bungkus menjadi satu folder dan sifatnya tetap ( Statis ) .
Semua page Website merupakan halaman mati yang sudah mutlak termasuk dalam desain .
Jika anda ingin tahu seperti apa bentuk nyatanya , silahkan anda pelajari Wordpress Theme yang memang diperuntukan untuk para pembuat website .

Kita uraikan perbedaan perbagian yang sangat mencolok biar kita semakin paham terhadap perbedaan Blog dan Website ini .

Kita mulai Dari Homepage

Homepage


Blog


Homepage Blog pada umumnya dipenuhi bahkan di banjiri sampai luber-bleber leh puluhan hingga ratusan posting ( Artikel ) yang akan terus berubah sesuai dengan rentang waktu dan aktifitas menulis .
Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pageviews pada Blog tersebut . Yah bisa dibilang , semakin tinggi page views maka blog akan semakin terkenal .

Memang ada beberapa blog yang juga membuat homepage menjadi statis dengan Custom Homepage . Seperti misalnya Blog ini , atau beberapa template yangsaya bagikan yang memang mengunakan custom Homepage .

Website


Homepage website bersifat statis dan mandiri . Semua tulisan di Homepage Website bersifat tetap dan sama sekali tidak dipengaruhi garis waktu ( Timeline ) seperti layaknya Blog .
Homepage ( halaman muka ) Website pada umumnya berisi kata sambutan dan ringkasan Profil perusahaan atau website itu sendiri .

Post Page


Blog


Di dalam Blog , Post page adalah halaman bacaan dimana artikel tertaut di situ dan halaman terseut merupakan halaman interaktif dari si pemilik Blog dan juga para pembacanya .
Dai halaman Post biasanya tertaut form komentar yang memungkinkan para pembaca berkomentar dan si pemilik membalas . Selain itu post page juga menjadi lahan yang empuk untuk menautkan link blogger lain pada komentar .

Website


Tidak ada post page pada sebuah website karena semua halaman website merupakan halaman statis berisi informasi lengkap profil perusahaan , Aplikasi , Orang atau grup atau semacamnya . Di halaman informasi ini juga pada umumnya tidak memberikan fitur komentar dan tidak bisa ditemukan interaksi antara pengelola website dan juga para pengguna .
Di dalam website , pengunjung disebut pengguna , bukan pembaca seperti layaknya di Blog .

Memang , pada website juga biasanya ada page khusus yang diberi nama Blog , yakni tempat mereka menupdate info terbaru mengenai aktifitas perusahaab atau instansi terkait website itu . Dan hal itu tetap saja disebut Blog page , bukan post page .
Info yang disuguhkan juga tidak sesering aktifitas Blog yang bisa menyajikan lebih dari 5 artikel setiap harinya .

Static Page


Blog


Blog ( Bloger dan juga Wordpress dan semacamnya ) juga memberikan adanya static page yang bisa digunakan untuk menulis artikel statis yang tidak terpengaruh garis waktu . Biasanya halaman ini digunakan oleh si pemilik Blog untuk menulis profil pribadi , halaman kontak , atau layanan .
Tapi ternyata setelah saya telusuri , masih banyak Blogger yang menggunakan halaman post untuk membuat halaman statis dan itu menurut saya sangatlah lucu .

Website


Semua halaman website adalah halaman statis ( static Page ) , dan saya pikir saya tidak perlu lagi menerangkan fungsi dari hal ini .

Kita bahas detail yang lain .

Otoritas


Blog


Otoritas kepemilikan blog bisa dibilang tidak ada .Karena pada dasarnya para Blogger ( Blogspot dan Wordpress.com ) hanyalah menyewa lahan kosong yang masih bisa ditempati di Blogspot dan Wordpress.com . Tidak ada yang tau pasti seberapa lama blog itu dapat bertahan dan tetap mengudara karena bisa saja sewaktu-waktu yang punya lahan ( Blogspot.com ) menyapu bersih halaman tersebut untuk meringankan Bandwidth yang limit .

Memang para blogger dengan leluasa update , menulis , mengganti template , mendesain ulang template dan lainnya , tapi ya itu tadi mereka tidak punya hak 100% dari halaman blognya itu karena Google si pemilik Blogspot masih jadi tuan rumah di lahan yang mereka tempati .

Website


Otoritas kepemilikan website adalah 100% . Mereka mempunyai hak penuh dan rule sendiri yang mengatur keberlangsungan hidup dari website yang mereka kelola . Bisanya website dikelola oleh profesional .
Tidak ada sangkut paut kepemilikan lahan pada sebuah website seperti layaknya Blog .

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sebuah website juga bisa runtuh dan mendadak hilang , tapi bukan karena di hapus oleh si pemilik lahan , melainkan Hosting yang down yang menyebabkan itu terjadi .

Desain


Blog


Kebanyakan Blogger memilih desain yang ringan , standar , akses cepat . Dan banyak sekali yang menyediakan tempalte siap pakai dengan kriteria seperti itu . Oleh karena itu akhirnya banyak sekali Blog-blog yang memiliki tampilan sama persis dengan muatan yang berbeda , dan itu agak sedikit lucu menurut saya .

Website


Desain website pada umunya berCiri khas . Selalu beda dari satu website dengan website lainnya . Karena Desain website memang sengaja dibuat untuk satu website oleh profesional progammer .
memang mungkin ada beberapa website yang memakai template hasil pembelian online , tapi biasanya juga mereka meredesain dengan look yang sangat berbeda . Tapi sepertinya hal itu akan sangat jarang ditemui .

Fitur


Blog


Memang ada banyak sekali fitur yang bisa digunakan dalam blog seperti misalnya Blogspot , tapi itu masih saja terbatas dan akan sangat terlihat kaku dan memaksa saat digunakan untuk keperluan yang profesional seperi misal bisnis online dan semacamnya .Hal itu disebabkan karena struktur template yang sangat berbeda antara blog dan juga website .

Website


Secara fungsi , Website lebih profesional dan bisa mengangkut banyak sekali fungsi yang berbeda . Mereka bisa menggunakan semua fungsi itu karena Plugin yang mereka gunakan memenuhi kebutuhan untuk itu . Pada umumnya mereka membayar progammer untuk mengerjakan hal itu dan sifatnya ekslusif . meskipun sekarang ini banyak sekali plugin gratisan dengan fitur dan fungsi profesional dapat ditambahkan ke website .

Dan website memang sangat mendukung hal itu karena struktur template yang statis itu tadi .

Template


Blog


Sturktur tempalte blog biasanay sangat sederhana dan sudah mencakup semua halaman yang ada pada satu blog . Dengan begitu fungsi yang dihasilkan jug akan bersifat sama pada setiap halaman blog .
Memang hal ini bisa diakali dengan memanfaatkan fitur tambahan dari luar , tapi tetap saja tidak bisa sekelas dengan website .

Website


Template webiste biasanya di desain khusus untuk mendukung semua fitur yang terkait dengan instanti terkait website tersebut . Progammer sengaja membuat beberapa fitur yang kemudian di bundle bersamaan dengan seluruh page yang ingin ditampilan dalam website tersebut .

Pada umunya ,s atu template berfungsi untuk satu halaman . Dengan kata lain setiap halaman website memiliki template yang berbeda-beda .
Kemudian mereka disatukan oleh satu frame yang bertugas untuk memanggil semua setting masing masing template halaman . Jika anda ingin tau lebih dalam mengenai struktur template website , anda bisa mencoba membuat website di wordpress.org .


Huh , mungkin itu saja dulu , dan silahkan jika ada yang ingin menambahkan keterangan lanjutan dan atau ingin mengkoreksi apa yang saya tulis jika ada info yang salah .

Dan saya ucapkan terimakasih sudah membaca dan mengunjungi blog ini .

Oh iya ,sekali lagi saya tegaskan bahwa halaman ini namanya Blog , bukan website :v . Semopga anda mudeng ...

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon