Keanehan Dalam Ngeblog

Keanehan Dalam Ngeblog 14:18
Fiuh ... karena sibuknya ngurus kerjaan di layanan baru saya Cloning System sampai-sampai saya tidak sempat untuk menulis lagi di blog kesayangan ini . Meskipun sekarang ini masih ada projek projek yang belum terselesaikan , tapi tetap saja saya sempatkan untuk menuliskan sedikit kisah yang mungkin bisa dibilang uneg-uneg saya pribadi terlepas dari konsep Blogger kawakan yang selama ini jadi panutan di dalam kegiatan blogging Indonesia .

Dan sekaligus juga posting ini saya tulis untuk kembali membuat blog ini tampak hidup dimata Google :v , ya mengingat belakangan ini rank blog ini terus menurun layaknya di turunan lereng gunung :3 .

Oke , di dalam posting ini materi yang ingin saya angkat adalah mengenai sebuah atau banyak sekali keanehan yang membuat mata saya risih dibuatnya .
Danyang kali ini akan saya bahas adalah spesifik mengenai pemahaman spamming dalam komentar blog .
Dan tentunya dari sudut pandang saya pribadi .

Dalam dunia per-blogger-an , dikenal istilah BW ( blog walking ) yang artinya adalah kegiatan saling berkunjung ke blog tetangga dan meninggalkan jejak berupa komentar yang nantinya komentar itu adalah menjadi jalur akses masuknya pengunjung ke blog pribadi .

Hal ini sangat disarankan oleh para blogger yang sudah begitu ngerti soal dunia blogger . Karena selain mengangkat trafik blog , juga bisa menjadi lahan kenalan dan menambah persahabatan di dunia maya , tentunya sesama blogger .

Tapi , ada beberapa hal yang berkaitan dengan ini yang kadang membuat saya sangat risih .
Yang pertama adalah perihal spamming .

Spamming dalam komentar blogger biasanya dilakukan untuk ajang promosi entah itu layanan ataupun sebagai lahan memajang produk yang dijual leh si komentator . Dan tentu saja isi komentar ini sudah dikonsep dengan html yang begitu panjang dan berisi banyak link yang ketika di klik langsung menuju ke URL target . Dan biasanya pula link hidup ( Active Link ) yang dititipkan lebih dari satu . Bahkan biasanya ada begitu banyak link hingga puluhan link .
Dan itu benar-benar spam .
Dan sialnya komentar begitu selain katanya memperburuk kualitas blog di google juga akan mengundang puluhan orang yang berunnjung untuk melakukan hal yang sama .

Saya pernah melihat hal itu di salah satu blog . Dan itu miris sekali .

Selain itu ada juga koomentator berlabel "Anonim" atau "Anonymous" .
Ini merupakan komentator yang sama sekali tidak bertanggung jawab . Dan biasanya digunakan oleh orang yang bertujuan tidak baik . Perkataan kotor sering digunakan oleh Anonymous di dalam komentar blogger .

Ya , mereka menggunakan nama itu karena tidak ingin orang lain melihat sisi buruk dari si komentator tersebut dengan perkataannya yang kadang tidak masuk akal bagi kalangan orang normal .

Sebenarnya blogger sendiri sudah menuediakan fitur setting komentator yang mengatur siapa saja yang boleh berkoentar di blog .
Tapi ,menurut para pakar blogger yang sudah lama sekali melanglang buana di blogger zone mengatakan bahwa untuk bisa mendapat komentar yang banyak ( agar blog terkesan ramai ) adalah dengan membiarkan siapa saja boleh berkomentar . misal seperti ini settingannya .



Dengan set seperti itu memang ada pilihan anonim atau name dan Url . Dan memang tujuannya adalah memberikan user pilihan , dan rekomendasinya adalah "Name & Url" agar si empunya blog bisa berkunjung balik pada blog si komentator .

Tapi demi keamanan komentar dari spam , langkah paling mudah adalah dengan mnyetting untuk registered user saja yang bisa komentar di blog . Dan bonusnya disitu adalah ada pilihan OpenID .

OKe , terlepas dari semua fitur bawaan blogger yang masih saja digunakan untuk spamming , ada juga fitur "blocker" yang sudah dirancang oleh para progammer diluaran sana yang memungkinkan blog akan dengan otomatis memblokir link dalam komentar .

Karena komentar dengan link itu dinilai tidak sehat .

Nah kemudian setelah semua fitur itu di set sedemikian rupa agar tidak ada lagi Link dalam komentar karena dianggap spamming , menjadikan komentar blogger menjadi bersih dari link aktif . Dan hal inilah yang kemudian menggeser kata "LINK AKTIF" menjadi hanya "LINK" .

Jadi komentar dengan memberikan link ( bukan link aktif ) juga menjadi spam .

Saya banyak sekali menemukan ada orang-orang yang berkomentar dengan menitipkan link yang memang tidak aktif dibawah isi komentarnya dan dianggap spam .
Hanya saja memang komentar tersebut tidak dihapus apalagi blocked karena tidak terdeteksi sebagai link .

Nah yang menurut saya aneh adalah mengapa masih ada orang yang menganggap bahwa itu spamming yang sering disebut "nitip link" ...

Yang padahal kalau kita kembalikan ke konsep awal BW ( blog walking ) adalah berkunjung untuk dapat kunjungan , hal itu akan sangat menjadi wajar mengingat hanya itu satu-satunya akses termudah untuk si empunya blog mengunjungi balik blog nya .

Bukankah begitu ?
lah kalau tidak nitip link begitu gimana si empunya blog berkunjung balik ? melalui nama komentator dan harus membuka Google Plus dulu ?


Nah tapi ... untuk perihal menitipkan link ( tautan situs ) ini juga jangan ngasal dengan misal komentar begini
"Nice ! visit back http://blablabla"
Kalau isi komentarnya begitu ya memang itu spamming . karena kalau di selidiki , ternyata si komentator itu menggunakan kata yang sama untuk berkomentar di lebih dari 10 blog mungkin . dan itu sudah jelas spamming .

Hal ini sempat menjadi kemelut dalam pikiran saya kemarin saat saya baca salah satu komentar di blog yang berisi pertanyaan dan dibawahnya meminta untuk si empunya blog meluangkan waktunya berkunjung ke blog si komentator tersebut dengan menempelkan tulisan berupa url blog ( bukan link aktif ) .
Yang menjadi masalah buat saya adalah saat komentator lain membalas komentarnya itu dengan kata "Jiah nitip link" .

Yang saya pertanyakan adalah , kenapa ??? Dia bukan spammer , dan link blognya itu memang patut dikunjungi . Tentunya kalau mau dan sempat . Dan memang itu tidak jadi masalah .

Melihat hal tersebut , saya mengambil kesimpulan sempit dengan berkata , mungkin paham spamming link aktif memang sudah bergeser . Atau mungkin memang saya yang dari awal sudah salah paham terhadap konsep BW , dan perihal spamming komentar blog .

Dan sepertinya itu biar menjadi PR buat saya kedepannya untuk lebih menggali lagi mengenai aktifitas blogging dan komentar di blog .

So , itu saja uneg-uneg saya kali ini dan semoga tidak menjadi bacaan kosong yang tidak penting :v .
Eits bentar , oh udah ... itu saja dan salam ...

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon