Perihal Clone Template Yang Keliru

Perihal Clone Template Yang Keliru 07:08
Sebenarnya hal ini sudah ingin saya bahas dan utarakan lama sebelum hari ini ada . Ya , soal kloning template blogspot .
Belakangan ini saya kenal banyak orang yang punya kebiasaan clone template dan sayangnya kebanyakan dari mereka adalah cloner blogspot template . Terus apa yang keliru ???


Oke , kita lupakan dulu soal perbuatan Clone itu memang sudah keliru , tapi ini lebih dibelokkan lagi menjadi kekeliruan ganda yang merugikan orang lain .
Kenapa saya bilang merugikan ???

Ada banyak hal miris yang sering sekali terjadi di tempat dimana saya pernah singgah disitu , entah di sosial media ataupun sebuah artikel blog pribadi . Tentang apa ? Tentu tentang clone .

Apa tulisan ini saya buat karena saya risih tentang ada begitu banyak cloner di muka bumi ini yang mungkin akan menjadi saingan ? Haha tentu tidak .... Yang membuat saya risih tentu bukan eksistensi mereka yang semakin hari semakin banyak , melainkan visi mereka yang terkadang membuat saya heran .

Bicara soal Clone template , kita harus mengerti konteks pembicaraan kita kali ini yaitu tentang template blog (karena saya pengguna blogger) . Dan untuk urusan template blogger , kita mengenal adanya 2 jenis template blog yaitu Free Template dan Premium Template yang artinya kedua hal tersebut sangatlah berbeda untuk mendapatkannya . Dan Template premium tentu adalah tempalte dengan system berbayar untuk mendapatkannya atau membelinya sedangkan template free itu gratis . Dan sepertinya ini terlalu aneh untuk dijelaskan kembali .

Tapi disitu point pentingnya ... Kenapa Premium template bisa jadi Free dan di share masal ???
Apa sudah dapat izin dari author templatenya ? Saya yakin tidak . Sangat tidak mungkin author template mengizinkan orang untuk share ulang templatenya tanpa Fee dari hasil karyanya itu . Apalagi dengan desain dan nama yang sama .

Dan sebenarnya apa sih tujuan share ulang template ini ? Jawabannya adalah TRAFFICT .
dan hal ini yang dilakukan oleh para cloner template blogspot .

Ini yang menurut saya pribadi keliru .

Kenapa saya katakan demikian adalah mereka mengambil keuntungan dari kerugian orang lain . Caranya adalah dengan cara Clone template ternama dan membaginya secara gratis untuk mendapat trafik besar .

Itu sangat disayangkan mengingat seperti apa perasaan author template jika mengetahui hal ini terjadi .


Perihal Clone


Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dari Clone System tanpa merugikan sesama blogger Indonesia yang merupakan author template blogger .

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya di postingan sebelumnya mengenai hal ini bahwa tujuan Cloning itu tidak hanya sebatas meniru tampilan dan menunjukkan kepada khalayak umum tentang keahlian kita meniru template orang lain , tapi lebnih ke arah pengembangan blogger template .

Semisal begini , Apa saja sih yang bisa kita lakukan dengan template blogger ( blogspot ) ?
Apa bisa menjadi seperti WP theme ?
Apa bisa tampak seperti Web HTML ?
Apa bisa seperti Joomla theme ?

Untuk mengetahui hal tersebut saya memilih jalan clone untuk eksperimen . Alasannya adalah kita mengambil konsep yang sudah ada untuk menentukan point-point tujuan kita mengcustom blogger template .

Hal itu saya lakukan karena sama sekali tidak ada tutorial mengenai membuat tampilan sendiri seperti keinginan kita karena ya saya tau keinginan semua orang itu berbeda .

Dan alasan saya mengembangkan atau hanya mencoba mengembangkan tempalte blogspot adalah karena menurut saya Blogger template yang bisa kita temui di internet itu sangat jauh sekali kualitasnya jika dibandingkan dengan Wordpress Theme, meskipun itu merupakan premium templat . Dan itu memang benar .

Melihat kenyataan itu , apa keuntungannya cloning blogger template ? Meniru tampilan blogger template untuk diterapkan di blogspot ? Apa manfaatnya dan apa yang berkembang ???

Selama ini clone maker , cloner,atau clonner atau apa saja sebutannya selalu dipandang sebelah mata sipit karena memang kebanyakan yang berbedar adalah cloner blogger template dan sudah ada begitu banyak blogger yang dirugikan oleh ulahnya . Tapi sayangnya tidak ada perkembangan dari itu dan masih terus terjadi .

Sudah sering saya katakan bahwa Clone Blogger template ke Blogspot itu sama saja mindahin nasi dari satu piring ke piring yang lain , tidak ada gunanya dan hanya ngotorin piring saja .
Dan tentu itu merugikan , membuang waktu dan tenaga . Dan yang parahnya lagi adalah si pemilik asli konten harus menanggung kerugian telak .

Dan sebenarnya kasus ini termasuk pemalsuan konten . Kenapa saya katakan begitu ? karena masih menggunakan nama konten yang sama (Merk) dan desain keseluruhan yang sama .
Itu sama saja anda membuat rokok dengan merk Djarum Sup*r dengan bungkus yang sama dan rasa yang sama tapi anda bagi dengan gratis .

Dan tentu saja ada hukum yang mengawasi hal ini diatas sana .


Saya juga melakukannya ??? Oh my god ...

Sepertinya anda bisa melihat konten template saya yang sering saya sebut sebagai Clone Series di halaman template dan silahkan lihat semua isinya ... Sampaikan keluhan anda jika anda menemukan kesamaan desain ataupun nama dan konsep template blogger koleksi saya dengan blogger tempalte yang lain .

Itu maksud saya .

Terkadang kita harus melalui jalan yang salah untuk menemukan sesuatu yang mungkin benar . Dan kesalahan akan membawa kita pada pengalaman .
Jadikan Clone adalah sebuah jalan untuk lebih mengenal Blogger template dan Web desain yang nantinya anda bisa menjadi pengembang blogger template , bukan semata-mata hanya ingin meniru konten milik orang lain dan merugikan si pemilik konten dengan cara memalsukan hasil karya si author tersebut .

Sampai disini saya keliru dalam berkata ? Atau mungkin sok iye ?

Ya itu sih jujur saja terserah anda menilai .

- Apa saya tidak pernah Clone blogger template ???

- Terus terang saja saya pernah ,

- Dikemanakan template clone itu ???

- Sebenarnya dari awal sudah sering sekali saya katakan bahwa saya tidak melayani clone blogger template ( Template blog tetangga ) , tapi karena saya harus memenuhi permintaan pelanggan , jadi kadang terpaksa saya lakukan .
File clone saya kirimkan via Email secara eksklusif dan tidak ada pihak lain yang terlibat . Dan file Clone Original yang ada di HD saya tetap tersimpan dan tidak akan pernah di share ke publik . Begitu juga dengan data klien saya .
Sok paling bener kah saya ???

Memang seperti itu yang terjadi yang biasa saya lakukan mengenai Clone template . Dan sekali lagi anda tentu sangat berhak untuk melihat koleksi template saya untuk membuktikan kebenaran ucapan saya .

Saya rasa sudah cukup saya ngomong panjang lebar yang semakin lama semakin tidak karuan ini dan semoga saja Apa yang saya katakan bisa dimengerti dan bisa menggugah pikiran anda semua .

Dan terimakasih sudah membaca . Sampaikan pendapat anda bila perlu .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon