6 Makanan Peningkat Kecerdasan

6 Makanan Peningkat Kecerdasan 14:06
6 Makanan Peningkat Kecerdasan - Banyak yang mengatakan bahwa kecerdasan otak adalah bawaan lahir. Padahal, meningkatkan kecerdasan otak bukanlah hal yang mustahil. Selain didukung dengan pelatihan tertentu yang merangsang perkembangan otak, makanan ternyata juga mampu meningkatkan kecerdasan otak seseorang.

Berikut 6 makanan sehat yang dapat meningkatkan kecerdasan otak seperti dilansir dalam situs Daily Health Post, Kamis, 27 Juni 2013.


1. Kenari

Pernah melihat bahwa kenari sedikit terlihat mirip otak? Hal ini memang tidak berhubungan, tapi kenari benar-benar baik untuk otak. Kenari kaya akan omega-3. Zat ini dan kandungan antioksidan lain dalam kenari dapat mengurangi peradangan otak. Bahkan, kenari dapat melindungi otak dari penyakit demensia dan Alzheimer.

2. Kafein

Untuk jangka pendek, kafein dapat meningkatkan kemampuan otak. Secangkir kopi atau teh dapat dengan cepat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Sebab, kafein akan meningkatkan konsentrasi. Meskipun demikian, hindari konsumsi kafein untuk jangka waktu yang panjang. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kafein dalam jangka panjang akan memperburuk kondisi kesehatan.


3. Beri

Buah beri mengandung antioksidan yang dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Seperti halnya kenari, buah beri juga diklaim dapat mencegah Alzheimer. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan, blueberi dapat meningkatkan memori dan kognisi otak. Selain itu, blueberi juga memperlambat penuaan.

4. Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dapat memperlambat penurunan kognisi akibat penuaan. Ini disebabkan tingginya kadar folat dalam bayam. Studi juga telah menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran pada umumnya cenderung memiliki kemampuan otak yang lebih baik lagi dalam hidup.

5. Wortel

Sayuran serbaguna berwarna oranye ini mengandung senyawa yang disebut luteolin, yang berfungsi untuk mengurangi peradangan otak. Para ilmuwan percaya bahwa dengan mengurangi peradangan, luteolin dapat membantu mengurangi penurunan memori yang berkaitan dengan usia. Selain dalam wortel, luteolin juga terdapat dalam paprika dan seledri.

6. Ikan

Ikan, terutama salmon, adalah salah satu sumber alami terbaik dari omega-3, yang benar-benar penting untuk fungsi otak. Omega-3 juga memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan ini juga dapat mencegah demensia dan membantu memperlambat penurunan kognisi akibat penuaan.

Itulah 6 Makanan Peningkat Kecerdasan yang dapat anda konsumsi untuk meningkatkan kecerdasan anda dan juga keluarga anda . Semoga bermanfaat .

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/01/060492493/6-Makanan-Peningkat-Kecerdasan-Otak

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon