All About Internet . Anda Harus Baca

All About Internet . Anda Harus Baca 06:31
All About Internet - Posting ini sama sekali tidak penting bagi para penjelajah internet dan para Blogger . Ya , saya akui memang ini bukan hal yang penting . Tapi buat yang belum tau apa itu internet dan apa saja yang ada di dalamnya , kemungkinan , potensi , dampak baik dan buruk , Sejarah , dll mungkin akan sangat penting buat mereka yang baru saja mengenal internet dan ingin tau lebih dalam tentang internet .

So biarpun posting ini mungkin gak penting , tapi tetap saja ini penting karena banyak sekali hal yang mungkin saja belum anda ketahui di dalamnya . lanjutkan membaca .

Sejarah Internet 
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. 

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Untuk lanjutan dari peristiwa apa saja yang ada tentang Internet dan perkembangannya , anda bisa membuka wikipedia dan anda akan menemukan banyak sekali Informasi mengenai Sejarah dan berdirinya serta perkembangan Internet dari tahun ke tahunnya .

Namun disini saya tidak akan membahas itu semua karena kita akan membahas hal lain mengenai Internet .

Mengenai Potensi , Dampak dan hukum dari Internet . Dan mungkin itu akan lebih menarik untuk kita bahas daripada kita harus mengenali sejarah yang terlalu rumit dan tidak pernah dipertanyakan itu . So , keep reading .

Potensi Internet
Bicara soal Internet apa yang pertama muncul dibenak anda ? Informasi ? Googling ? Blogging ? Website ? Atau malah jangan-jangan yang muncul pertama di benak anda adalah Facebook ?

Wah wah wah ... kokk bisa yak yang muncul di benak anda Facebook ? 
Kita semua pasti kenal dengan facebook , jaringan komunitas pertemanan Online terbesar saat ini atau sering disebut Social Networking atau jejaring sosial . Dan apa anda tau apa saja yang bisa anda dapat dan ketahui di Faebook ? banyak sekali informasi disana ? ya , dan itu baru sebagian kecil dari Internet .

Internet itu sebuah jaringan tanpa batas . Jutaan Informasi yang selalu update dapat kita temukan di Internet .
Dan lalu apa saja potensi dari Internet ini ?

Dari Internet kita bisa mendapat teman baru
banyak sekali orang yang menjalin persahabatan Online seperi misalnya di Facebook yang pada awalnya mereka sama sekali tidak saling kenal di dunia nyata dan tidak  di mungkinkan untuk bertemu , dan melalui Internet dan Situs Facebook akhirnya mereka dipertemukan .

Jodoh
Tidak sedikit orang yang akhirnya menemukan pasangan ( pacar ) dari internet . Banyak sekali layanan yang dapat mempertemukan para jomblower dengan jomblower lainnya . Dan yang paling sering terjadi adalah di layanan media sosial seperti halnya facebook .

Informasi
Kita dapat menemukan banyak sekali informasi lama maupun terbaru melalui raja Internet saat ini yaitu Google . Dengan Googling kita akan disuguhkan jutaan informasi yang kita butuhkan dengan waktu yang sangat cepat . Info apa saja ada disana . karena Google mengumpulkan data dari semua Website yang ada di dunia dan menampilkannya untuk anda baca dan pahami . 

Oleh karena itu sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk menjadi primitif karena semua informasi bisa kita dapatkan melalui Google di Internet .

Finansial 
Tidak sedikit orang yang kahirnya sukses menjadi pengusaha Online . Bisa dengan cara membuka Toko Online ataupun menjadi Publisher iklan dari sebuah perusahaan . Banyak sekali cara sukses di internet .

Bahkan sekarang kita bisa mengajukan pinjaman secara Online ke Bank . Semua bisa kita lakukan dengan Internet . 
Jika anda ingin tau siapa saja orang yang telah berhasil menjadi pengusaha hanya karena Bisnis Online di Internet , silahkan anda Googling . 

Relasi
Ini sama halnya dengan menemukan teman baru di Internet . namun dalam kasus ini kita fokuskan pada area Bisnis . Tidak sedikit para pengusaha yang akhirnya menemukan Klien dan relasi mereka melalui jalur Online . Meskipun tidak pernah bertemu tapi mereka bisa bekerja sama dengan baik . Dan anda juga bisa melakukan hal ini sendiri .

Dampak
Jika ktia melihat dari beberapa point diatas kita akan melihat dampak positif dari adanya Internet . Dan masih banyak lagi dampak positif yang kita dapatkan dari internet selain beberapa point diatas dan anda bisa menemukannya sendiri .
Dan disini saya juga akan memberikan beberapa data dampak Positif maupun negatif dari Internet .

Dampak Positif Internet

Bisnis
Sekarang ini berbisnis di Internet menjadi pilihan yang lagi Booming buat para pengusaha . Dengan modal yang lumayan Murah para pengusaha bisa mengembangkan bisnisnya melalui media Online ini dengan kapasitas yang besar . yakni pengusaha bisa memasarkan produk dan bisnisnya ke seluruh dunia tanpa batas . Tentu hal ini akan berbeda sekali hasilnya dengan Berbisnis dengan cara Konvensional seperti yang terjadi sebelum adanya internet .

Bisnis internet terbuka untuk siapa saja . Orang fari latar belakgan apapun bisa menjadi bisnisman di internet dan sukses dari internet . Dan saya pikir sudah saatnya anda memuli bisnis Di internet , dan rasakan perbedaannya dengan berbisnis konvensional .

Hiburan
Internt menyediakan berbagai macam hiburan dari berbagai jenis hiburan . Anda bisa menemukan apa saja dari internet ini . Anda bisa sekdar menonton TV online , Video Streaming , bermain game atau mendownload Game favorit anda secara gratis . 

Sarana Komunikasi
Jika kita mengingat jaman dulu semasa kita kecil dulu , untuk menghubungi keluarga yang jauh terasa sangat sulit . Komunikasi dilakukan dengan melalui Surat yang sama sekali tidak efisien karena lamanya waktu pengiriman . Dan semua itu kini dipermudah dengan adanya internet . Bahkan sekarang kita bisa menghubungi orang yang sama sekali tidak kita kenal di negara lain secara realtime . 
Dan sekarang kita bisa melihat aktivitas apa saja yang dilakukan oleh anggota keluarga kita yang jauh melalui sosial media . Kita bisa ngobrol dengan mudah dan hemat biaya .

Dan masih banyak lagi dampak Positif dari Internet untuk kehidupan kita ini .

Dampak Negative
Selain dari dampak positif , tentu setiap hal yang ada memiliki dampak negatif jika salah penerapannya . Dan dibawah ini akan diuraikan sekilas dari beberapa dampak Negatif Internet .

Filter Informasi
Sebagai wadah Informasi yang tidak terbatas , menyebabkan semua orang bisa mengakses Informasi apa saja baik yang bermanfaat maupun yang sama sekali tidak membawa manfaat . Hal yang tidak membawa manfaat adalah seperti situs Pornografi , Perjudian , Dan beberapa Situs yang memberikan informasi yang menyesatkan . Dan hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi pelajar dan anak-anak dimana sekarang mereka bisa dengan mudah menemukan hal tersebut dengan gadget mereka .
Disini peran orang tua sangatlah penting untuk memantau aktifitas Online anak .

Kecanduan
Dengan akses yang tanpa batas dan jutaan Informasi yang bisa di dapatkan menjadikan internet ini menyebabkan orang jadi kecanduan . Tidak sedikit orang yang akhirnya rela menghabiskan waktu seharian hanya untuk facebook-an dan bahkan ada juga orang yang sengaja tinggal di warnet dan tidak pulang selama seminggu hanya untuk bermain game Online . 

Kecanduan internet tentu akan berdampak tidak baik karena akan dapat membuat orang jadi malas bahkan efek terburuknya adalah ketika orang menjadi Anti sosial . 

Dampak Buruk Bagi Kesehatan
Duduk berlama-lama di depan monitor tentu tidak disarankan karena akan memperburuk kesehatan . Bisa nyeri pinggang dan banyak lagi . Sinar pada layar monitor juga dinilai tidak sehat untuk mata karena bisa menyebabkan kerusakan mata . 

Pergaulan Sosial
Sekarang setiap orang punya gadget canggih dengan menyuguhkan kebebasan mengakses internet , kecepatan dan fitur canggih lainnya . 
Sekarang lihat di area nongkrong anak muda , setiap orangnya memegang ponsel masing masing dan biasanya kalau sudah asik dengan gadgetnya maka mereka akan hidup sendiri dengan gadget canggihnya tersebut . 

Dan yang memakai komputer dirumah , maka dia akan malas untuk keluar rumah karena bisa mengakses jutaan informasi di dalam rumah .

Kriminalitas
Banyak oknum yang menggunakan kemudahan internet sebagai media melakukan tindak kejahatan mulai dari penipuan hingga pembunuhan . Beberapa waktu lalu banyak beredar berita penculikan dan berujung dengan pembunuhan yang dilakukan 

Kebebasan Yang Berlebihan
Dengan perkembangan internet yang ditunjang oleh peralatannya saat ini memungkinkan pengguna untuk memperkaya komunikasi menjadi lebih interaktif dan canggih. Hal ini terkadang dapat membawa dampak negatif bila digunakan secara salah. Sebagai salah satu contoh adalah kegiatan Sex Cam atau yang secara sederhana dijelaskan sebagai hubungan seksual jarak jauh dengan memanfaatkan kamera chatting dengan orang lain ditempatnya masing – masing.


Internet sudah dibuat untuk memudahkan kebutuhan hidup manusia ,Banyak sekali hal hal yang dapat kita pelajari melalui Iternet . Dan disinlah tugas kita sebagai pengguna untuk lebih bisa mengontrol baik buruk menggunakan internet .

Internet dibuat dengan tujuan baik , dan kita sebagai pengguna seharusnya lebih bijak dalam mengunakan layanan internet untuk kebutuhan dan hal-hal yang positif .

Dan itulah Informasi yang saya sajikan dalam Ringkasan All About Internet , dan semoga menjadi tambahan ilmu pengethuan anda . Terimakasih sudah membaca dan selamat melanjutkan aktifitas Googling anda .


Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon