Ejekan Berpengaruh pada Hati ?

Ejekan Berpengaruh pada Hati ? 12:23
Ejekan Berpengaruh pada Hati ? Belakangan ini saya lagi sibuk memikirkan tentang Hati manusia yang selalu dikaitkan dengan keadaan manusia dalam artian mendominasi sifat dan pola pikir manusia . Bahkan ada yang bilang bahwa Hati adalah pusat kehidupan manusia . Benarkah ?


Dalam pencarian fakta mengenai hati yang saya lakukan saya sedikit terkejut saat membaca satu artikel dari seorang Blogger . Disana dikatakan bahwa telah ada penelitian yang menemukan keterkaitan hati dengan pola tingkah kita ( Sikap ) . Bahwa kabarnya hasil penelitian mengatakan bahwa setiap kali kita melakukan hal buruk maka akan menyebabkan flek hitam di hati yang nantinya jika sudah terlalu banyak bisa menjadi Kanker Hati . Dan peneliti Amerika itu akhirnya masuk Muslim karena dinilai hasil penelitian itu sesuai dengan Hadits Nabi . Waw lucu sekali .

Pernah juga ada yang bilang sama saya mengenai Hati ini yang dibacanya dari sebuah Buku . Di dalam buku itu diceritakan ada seorang Dokter spesialis hati yang mengalami Hal diluar Logika saat melakukanpembedahan Hati . Dalam ceritanya dikatakan bahwa Dokter tersbut mendengar suara takbir dalam Hati yang tengah di bedah itu . Apa itu suara hati ? Entahlah . Saya sempat nanya siapa saja yang terlibat dalam cerita itu tapi jawabannya hanya "banyak si soalnya dokter dari segala penjuru" jadi saya belum menemukan referensi terkait artikel tersebut , dan silahkan jika anda tau dimana saya bisa membaca artikel tersebut , beritahu saya .

Sebelmunya saya pernah membahas hal ini di blog lama saya yang kini sudah tidak lagi Eksis dan saya juga tidak mengcopy artikel tersebut di PC saya . Yaitu pembahasan mengenai keterkaitan antara Cinta dan Hati serta perasaan .

Dalam artikel itu saya paparkan panjang lebar mengenai pemahaman yang menurut saya masih agak membingungkan antara hubungan hati , perasaan dan Cinta .
Dimana mereka selalu dikaitkan satu sama lain yang padahal mereka itu berbeda dan mungkin tidak ada kaitannya .

Selama ini kita sering sekali mendengar bahwa Perasaan , Cinta , Kasih dan Emosi itu berasal dari hati . Bahkan hati pula yang menentukan kita menjadi manusia seperti apa , baik atau buruk . Hati yang busuk akan membuat si pemiliknya melakukan hal buruk dan begitu sebaliknya hati yang bersih akan membuat si pemiliknya melakukan hal baik . Dan disitulah tugas manusia untuk selalu menjaga kesucian hati .

Dalam satu acara televisi setiap pagi juga ada "Bengkel hati" yang di dalamnya berisi ceramah dan penyembuhan penyakit hati . Saya pernah menonton acara itu dan saya jadi agak bingung lagi karena menurut saya yang disembuhkan disitu bukanlah hati melainkan pola pikir dan Sikap .

Oke , sekarang mari kita bahas sedikit demi sedikit mengenai Hati dan keterkaitannya ini dengan apa yang sudah menjadi paham manusia selama ini . Oh iya , saya bukan ahli kedokteran apalagi spesialis Hati , disini saya hanya ingin menyumbangkan hasil pemikiran Kritis saya mengenai apa yang menjadi paham masyarakat selama ini , dan benar salahnya ucapan saya mohon dikoreksi dan diambil sisi positifnya saja .

Mengenal Fungsi hati 
Saya tidak akan menjelaskan hal ini dan anda bisa menemukannya pada ahli kedokteran ataupun di situs yang membahas mengenai Hati atau semacamnya . Disini saya sampaikan beberapa point saja mengenai Hati manusia ini .
Fungsi hati adalah untuk menyaring racun , Menyebarkan nutrisi ke seluruh tubuh , mengurai protein ,membersihkan darah dll .Lalu dimana kaitannya dengan perasaan ?

Pada artikel mengenai Flek hitam yang timbul karena perilaku buruk disebutkan hasil akhir dari banyaknya flek hitam yang menumpuk akan menyebabkan Kanker hati . Dan saya pikir semua manusia sering sekali melakukan hal buruk meskipun hanya menggumam , dan jika begitu semua manusia diatas usia 20 tahun sudah terjangkit penyakit Kanker hati .
Di artikel itu yang berasal dari Pulsk.com juga disebutkan berbagai macam hal yang bisa menyebabkan munculnya Kanker hati . Dan semua itu berkaitan dengan makanan dan pola hidup sehat . Dan itu memang lebih masuk akal dan itu yang memang benar karena hati berhubungan dengan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh .

Mengenai keterkaitan dengan perasaan , Kita bahas disini . 
Dimana letak perasaan manusia ?
Perasaan mausia itu berasal dari yang namanya Emosi ( EQ ) yang letaknya berada di Otak . Bagaimana anda sedih , marah , kesal , kecewa bahkan galau itu asalnya dari Otak anda . Silahkakn cari artikel mengenai hasil penelitian ini di mana saja anda mau dan anda akan menemukan detailnya .

Sekarang kita sudah tau dimana letak perasaan itu yang ternyata bukan di Hati melainkan di Otak anda . Lalu bagaimana dengan Cinta ?
Cinta adalah mengenai perasaan ( Emosi ) yang tentu saja letaknya di Otak . Bukan di hati . Bingung ? Silahkan cari referensi lanjutan mengenai Cinta .

Sikap
Selama ini dikatakan bahwa sikap dan sifat itu munculnya dari hati , hati yang buruk akan membawa perilaku buruk dan juga sebaliknya . masa sih ? Darimana sikap itu berawal ?

Anda hidup dari Informasi bukan ? Sudah berapa banyak informasi yang anda dapatkan selama hidup anda ? Anda pasti akan menyaring informasi yang anda terima dan menerapkannya ke dalam hidup anda . Informasi yang paling melekat dalam diri kita biasanya yang berasal dari Ibu kita sendiri yang mengajarkan kita banyak hal sejak kecil dulu . Dan anda akan diajarkan untuk bersikap menjadi orang baik dan jujur . benar begitu ?

Pertanyaannya adalah siapa yang menerima Informasi ? hati atau otak ? Lalu siapa yang memprogram diri anda untuk menerapkan Informasi itu kedalam diri dan hidup anda ? Sayang sekali jika sejauh ini anda menjawab dengan kata " Hati " .

Segala Informasi yang masuk entah disadari ataupun tidak itu tersimpan dalam otak yang memiliki milyaran jaringan dan triliunan Space memory melebihi komputer tercanggih 100 abad ke depan .Dan dari Informasi itulah anda berawal . bagaimana anda bersikap , berperilaku dan juga mengenai sifat anda juga berasal dari pola pikir anda . Nah lalu dari mana pola pikir itu berasal ? ya jelas dari otak toh ??

Silahkan anda cari refersni terkait otak yang sudah banyak sekali dibahas . Dan anda akan menemukan banyak hal yang mengerikan .

Hati dan Jantung
Di dalam bahasa Inggris Jantung dan hati itu memilki kesamaan kata yaitu "Heart" meskipun Liver juga berarti Hati secara medis . Dan disinilah letak kekeliruannya . Dalam bahasa Inggris Heart itu lebih identik dengan jantung . Jika tidak percaya , seilahkan ketikan kata "heart" pada Google , maka yang muncul adalah ribuan hingga jutaan info mengenai jantung . Bukan hati .
Dengan begitu Heart lebih merujuk ke arti jantung dan sementara liver itu hati .
Dan jika anda ketikkan kata "Liver" , maka akan muncul hingga ratusan juta informasi mengenai hati .

Simbol Cinta ( Love ) Dan keruwetannya 
Silahkan anda cari tahu darimana simbol Love ini berasal . Simbol Love atau Cinta ini sekarang begitu akrab dengan kehidupan kita sehari hari bukan ? Dan orang Indonesia saja yang menamainya dengan "simbol hati" yang padahal itu simbol jantung . Apa itu tidak konyol ?
Silahkan baca sejarah mengenai kemunculan simbol Love ini .
Dalam sejarah simbol Cinta salah satu filsuf berpengaruh adalah Aristoteles yang mengisyaratkan Cinta dengan jantung dimana dirinya berpendapat bahwa Jiwa itu terletak di jantung .

Selain itu Pelukis terkenal Da Vinci juga menlukiskan bentuk detail Jantung yang mengisyaratkan tentang Cinta .

Dan mengenai Simbol Love yang kata orang Indonesia ini Simbol hati , jika diperhatikan ternyata simbol ini memang menyerupai jantung . Bukan begitu ?
Dan ternyata Love ini digunakan sebagai simbol jantung di dunia kedokteran . Kok bisa disebut jadi simbol hati yah di Indonesia ?

Kata Broken Heart
kata broken heart ( English ) diartiken menjadi "Patah hati" di Indonesia . Dimana hal ini selalu berkaitan dengan perasaan kecewa , terluka , sedih dan juga galau . Karena diartikan "patah hati" maka di kaitkan dengan suasana hati . Sehingga pada akhirnya suasana hati meliputi perasaan, dan sikap berkaitan dengan hati . Dan itu sudah jauh sekali melenceng dari arti sebenarnya . Dan kesalahan itu sudah dianggap benar karena lumrah yang padahal itu "Salah Kaprah" ( kesalahan yang dibenarkan ) . Dan mungkin itu hanya terjadi di Indonesia .

Jika merujuk ke artian sebenarnya , kata Broken heart berarti jantung rusak ( Baku ) atau bisa lebih enak lagi menjadi Jantung Terluka . Artinya adalah keadaan jantung tidak stabil .
Kata "Broken Heart" ini selalu dikaitkan dengan perasaan cinta , oleh karena itu artiannya juga spesifik yakni mengenai cinta biar lebih simple .

Jantung dan Cinta
Kenapa anda jatuh cinta ? Apa alasan anda jatuh cinta ?
Dari dua pertanyaan itu saya yakin banyak sekali yang menggelapkan jawaban dengan tujuan "Nge-Gombal" biar lebih romantis seperti misalnya dengan menjawab " Aku tak punya alasan untuk mencintaimu " .

Pernah seperti itu ? Saya juga pernah . Padahal setiap manusia punya alasan tersendiri kenapa dirinya jatuh cinta . Dan itu sangatlah Logis . Oke , saya akan bocorkan saja hal paling lumrah kenapa anda bisa jatuh cinta terhadap pasangan anda jika anda masih tetap saja menyangkal bahwa sebenarnya anda punya alasan untuk mencintai -_- .

Alasan kenapa anda jatuh Cinta terhadap pasangan anda.

  • Nyaman
  • Nyambung
  • Se-pemikiran
  • Kebiasaan
  • Iba
  • Berhutang budi
  • Nafsu
Itu alasan paling masuk akal kenapa anda mencintai pasangan anda . Terlalu logis ? jadi menurut anda cinta itu bukan hal yang logis ? 
Hidup ini logis dan semua bisa diperhitungkan . Sebaiknya anda tau itu .

Oke , keterkaitan jantung dengan Cinta . Jantung adalah simbol cinta karena .... ?
Tubuh manusia dialiri darah , dan darah itu adalah tugas jantung untuk mengalirkannya . Jantung secara tulus akan mengalirkan darah keseluruh bagian dalam tubh anda tanpa henti . Dan jika anda kehilangan jantung anda maka darah akan berhenti dan Otak anda tidak akan berfungsi . Disaat itulah anda akan tewas . 

Dan lagi . organ tubuh mana yang akan merespon Saat anda melihat sosok yang manraik untuk anda setelah otak ? jantung ! jantung akan berdetak tidak stabil dan saat itulah manusia menyebutnya dengan istilah "Deg Deg Serrr " . Disitulah anda mengalami yang namanya jatuh cinta pada pandangan pertama .. ceilee _ _"

Sekarang sudah jelas mengenai keterkaitan jantung dengan Cinta ? Semoga saja .

Perbedaan Jantung Dan Hati
Banyak sekali kekeliruan anggapan tentang 2 organ penting ini . Dan semuanya sudah saya bahas diatas . 
Kenapa kok bisa Jantung dan Hati itu di bolak balik tidak jelas dan membingungkan seperti itu ? 
Yah selama ini sih orang menikmati saja toh gak ada ruginya juga dengan menganggap jantung sebagai hati . Tapi jika kita manusia , sudah selayaknya kita tau kebenaran dari pada membenarkan kesalahan toh ? 

Jantung >< Hati
  • Jantung itu ada di dada sebelah kiri dengan fungsi memompa darah ke seluruh jaringan sel tubuh .
  • Hati terletak di perut sebelah kanan berfungsi menyaring racun dan menyebarkan nutrisi ke seluruh aliran darah .
Masihkah jantung dan Hati itu memiliki kemiripan ? Ya ,keduanya justru sama ... sama sama pentingnya bagi diri kita .

Kembali keawal
Jika dikaitkan dengan judul artikel ini yaitu Ejekan Berpengaruh pada hati terkait dengan fungsi hati , apakah sinkron ? Sepertinya tidak . Mengejek itu adalah perbuatan yang di dasari dari pola pikir negatif dan itu asalnya dari otak . Sementara kanker hati yang katanya ada hubungannya dengan ejekan itu berawal dari pola makan yang tidak baik . Nutrisi yang kurang akan menyebabkan kesehatan menurun . 

Kerusakan hati bukan disebabkan dari sikap kehidupan sosial dan spiritual melainkan dari pola hidup yang tidak sehat . 


Mungkin masih banyak kesalahan pada artikel ini dan anda akan bingung membacanya karena tidak urut dan Zig zag . Saran saya , gunakan Otak kanan anda agar bisa memahami isi artikel ini . 

Artikel ini tidak saya bikin urut karena saya bukan tukang urut . Jadi terima saja . Dan jika artikel ini bermanfaat , silahkan share ke teman-teman anda . Dan kalau anda menilai ini tidak bermanfaat , silahkan berikan komentar anda dan sampaikan apa yang anda pikirkan . 

Ketemu lagi di Pembahasan berikutnya .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon