Cara Paling Mudah Mencegah Bullying

Cara Paling Mudah Mencegah Bullying 15:04
Bullying memang sering sekali terjadi entah dimanapun melalui media apapun dan kepada siapapun dan juga oleh siapapun . Dan termasuk juga melalui media internet ini . Dan salah satunya adalah melalui Blog .


Banyak sekali kasus penghinaan , penganiyaan karakter bahkan hingga pembunuhan karakter yang dilakukan melalui form komentar di blog . Dan hal itu memang sering sekali terjadi . Saya juga sering meliaht kejadian itu , meskipun si pemilik blog sudah memberikan pesan peringatan dan informasi berkomentar untuk larangan berkomentar tidak sopan segala macam , namun tetap saja hal itu tidak di gubris .

Dan pertanyaannya adalah , kenapa hal itu bisa terjadi ?

Banyak sekali hal yang bisa mendasari terjadinya bullying melalui media komentar blog seperti misal tidak terima atas perlakuan gelap seperti pencurian konten , kritikan pedas atau yang paling simpel adalah karena sebatas iri atau sirik . Dan pada umumnya si pelaku penghinaan ini tidak mencantumkan identitasnya dengan jelas .

Entah apa sebenarnya alasannya , apa ia masih ingin menjaga nama baiknya dan berlindung dibalik topeng anonim atau memang dia sendiri tidak memiliki identitas dan nama baik itu belum jelas . Tapi yang jelas ini benar benar terjadi dan saya juga sempat mengalaminya beberapa kali . Dan para blogger menganggap komentar kotor seperti itu sebagai spam .

Mengenai masalah spamming yang menjurus ke penghinaan dan penganiyaan psikis ini para blogger sebenarnya sudah memiki penangkalnya yakni menggunakan filter komentar yang akan menyaring kata kata yang ditulis oleh si komentator tidak bertanggung jawab . Dan memang itu berfungsi dengan baik dan masih dapat dikembangkan dengan menginput kata kata baru ke detabase script yang di tanam .

Tapi terlepas dari itu sebenarnya Blogger ( Layanan microblogging ) sendiri sudah memiliki cara yang paling ampuh dan sangat sederhana sekali dan sama sekali tidak memerlukan script tambahan dan beberapa plugin yang kadang justru bermasalah terhadap blog itu sendiri . yaitu dengan menggunakan pengaturan komentar .

Ada beberapa pengaturan yang bisa diterapkan di area komentar yang bisa dilakukan dengan mudah . Seperti misalnya memperbolehkan pengguna menggunakan nama Anonim atau komentator yang diijinkan hanya komentator khusus dengan ID yang sudah terdaftar .

Kita lihat dulu fakta yang ada bahwa ternyata sebagian besar komentator tidak bertanggung jawab adalah komentator tanpa identitas yakni menggunakan Anonim atau Anonymous . Biasanya nama ini juga digunakan untuk menebar link dalam jumlah besar dalam komentar dengan bertujuan untuk promo ngasal .

Bagaimana bisa orang berpromosi tanpa menyertakan identitas -_- .

Kemudian lagi , di pengaturan blogger ada yang namanya pengguna Name dan URL yang ditulis sendiri ketika berkomentar . Dan itu juga biasanya digunakan untuk berkomentar ngasal dan juga menebar link tidak jelas dengan maksud promo .

Lantas apa yang harus dilakukan oleh si pemilik blog ?

Lah ya kita tinggal mengganti saja pengaturan berkomentar untuk mencegah hal buruk itu terjadi .


Dengan begitu sekarang tidak ada lagi orang yang berkomentar menggunakan akun anonim dan meninggalkan komentar tidak bertanggung jawab .

Tidak akan lagi kita jumpai para komentator anonim seperti dengan menggunakan pengaturan bebas seperti dibawah ini .


Kenapa banyak orang menggunakan akun anonim ?
Mungkin karena tidak mau ribet , itu alasan yang pertama . padahal menggunakan akun google itu sama sekali tidak ribet .

Atau mungkin ingin tidak ada orang yang mengenali siap pelaku bullying komentar , tapi pada faktanya tetap saja ketahuan .

Ingat saudara , kejahatan selalu meninggalkan jejak dan pasti akan selalu terungkap . Dan itu pasti .


Nah bukankah cara ini paling mudah untuk dilakukan ? Daripada harus bermain script hanya untuk menangani komentator tidak penting ?

Dan saya pikir ini adalah cara paling mudah untuk mencegah bullying dan komentar kotor di blog yang meresahkan .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon