I'm a Cloner !

I'm a Cloner ! 09:24
Cloner ... apa itu Cloner ? Haha entahlah , saya sempat nyari definisi dan arti dalam bahasa Indoneisa , translate sana sini dan tidak mendapat jawaban jelas dari kata Cloner , kecuali Clone yangmemang berarti . Apa mungkin cloner itu bukan sebuah kata yang benar ? Hah bodo amat . Ngapain juga saya malah bahas soal arti kata Cloner .

Clone , Clon , Cloner atau dalam bahasa Indonesia itu Kloning yang artinya seperti dibawah ini :v .

Clone

Kloning dalam biologi adalah proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik. Kloning merupakan proses reproduksi aseksual yang biasa terjadi di alam dan dialami oleh banyak bakteria, serangga, atau tumbuhan. Dalam bioteknologi, kloning merujuk pada berbagai usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk menghasilkan salinan berkas DNA atau gen, sel, atau organisme. Arti lain kloning digunakan pula di luar ilmu-ilmu hayati.
Kata ini diturunkan dari kata clone atau clon, dalam bahasa Inggris, yang juga dibentuk dari kata bahasa Yunani, κλῶνος ("klonos") yang berarti "cabang" atau "ranting", merujuk pada penggunaan pertama dalam bidang hortikultura sebagai bahan tanam dalam perbanyakan vegetatif.

Ngerti kagak ?

Nah lalu yang jadi pertanyaan adalah sekarang apa bedanya Cloning sama Plagiarism atau Plagiat ?

Plagiat

Nah ini yang perlu dibahas sedikit . Dan sebenarnya bukan ini yang akan saya bahas :(
Dalam buku Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah, Felicia Utorodewo dkk. menggolongkan hal-hal berikut sebagai tindakan plagiarisme.[2]:
- Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri,
- Mengakui gagasan orang lain sebagai pemikiran sendiri
- Mengakui temuan orang lain sebagai kepunyaan sendiri
- Mengakui karya kelompok sebagai kepunyaan atau hasil sendiri,
- Menyajikan tulisan yang sama dalam kesempatan yang berbeda tanpa menyebutkan asal-usulnya
- Meringkas dan memparafrasekan (mengutip tak langsung) tanpa menyebutkan sumbernya, dan
- Meringkas dan memparafrasekan dengan menyebut sumbernya, tetapi rangkaian kalimat dan pilihan katanya masih terlalu sama dengan sumbernya.

Yang digolongkan sebagai plagiarisme:
- menggunakan tulisan orang lain secara mentah, tanpa memberikan tanda jelas (misalnya dengan - menggunakan tanda kutip atau blok alinea yang berbeda) bahwa teks tersebut diambil persis dari tulisan lain
- mengambil gagasan orang lain tanpa memberikan anotasi yang cukup tentang sumbernya

Yang tidak tergolong plagiarisme:
- menggunakan informasi yang berupa fakta umum.
- menuliskan kembali (dengan mengubah kalimat atau parafrase) opini orang lain dengan memberikan sumber jelas.
- mengutip secukupnya tulisan orang lain dengan memberikan tanda batas jelas bagian kutipan dan menuliskan sumbernya.


Lah kalau sudah begitu berarti kebanyakan Blogger itu Plagiator kah ? Lihat saja tulisan yang beredar , hampir bisa ditemui topik yang sama lebih dari 1juta blog . Wew ...

Dan saya termasuk juga fufufufufu :v

Bodo ah ... repot amat . Yang penting saya mengakui kalau saya juga plagiator . Dan katanya Mario Teguh juga Plagiat loh , Nah Loh O.o .

Iya , dia bilang begini . "Jadilah Peniru yang tidak gampang ditiru" dan ternyata dia juga mengakui dirinya adalah peniru . Ya meniru siapa saya tidak tau persis , mungkin niru bapaknya , ibunya atau tetangga nya saya kurang tau :v .

Tapi yang jelas kalau mengenai Plagiat danOriginal sepertinya tidak ada sesuatu yang original di bumi ini karena tiruan itu diakses secara turun temurun , dan yang mungkin sekali yang paling Original adalah Adam yang sampai sekarang belum jelas juntrungannya .

Saya Cloner !


Disini saya mengakui bahwa saya adalah Clone yang menjaddi virus di dunia maya . Dan saya ( mungkin ) tidak akan berhenti . Clone yang saya lakukan bukan mengenai tulisan dan artikel karena itu menggelikan -_- . Template dan desain itu lebih menantang .

Bully ?


banyak akhirnya terjadi kasus Bully di kalangan blogger terkait hal penjiplakan atau plagiarism yang berakhir dengan pembunuhan karakter . Haha dan itu wajar saja ketika si penemu konten merasa dirugikan karena kontennya di copy tanpa ijin dan akhirnya marah dan kemarahan itu menyulut emosi teman temannya . Dan itu sering sekali terjadi . Dan hal itu sering sekali terjadi terkait dengan kasus pencurian konten ( artikel ) yang menggelikan . Tulisan saja dicuri ...

Dan pengakuan saya ini mungkin bisa memancing terjadinya aksi Bully yang mengerikan . Dan apakah saya khawatir ? Tidak . Saya mengaku menjadi tukang kloning itu berarti saya sudah melakukan tindakan ekstrim yang sama tidak terpunjinya dengan aksi clone ( mungkin ) , atau malah sebaliknya . Entahlah dan lagi lagi saya katakan Bodo amat .

Sekarang saya tengah belajar untuk menjadi orang jahat dan saya sangat menyukai penyesuaian ini . Menjadi orang baik itu melelahkan . Meskipun jahat dalam artian tertentu yang tentunya bukan jahat secara fisik atau materiil , tapi lebih ke pola pikir kritis yang mungkin akan terkesan jahat . Lah gak jelas ngomong apaan -_- .

Apa saya Takut ?


Saya bukan Anonim yang dengan sengaja menyembunyikan dirinya dan identitasnya dibalik sikap pecundangnya . Dan saya tidak melakukan itu . Dengan terang terangan saya meajang foto asli di profil blogger dan juga Facebook . Sok aja lah terserah ente mau gimana .

Tuntukan Hukum


Mengenai tuntutan hukum yang berlaku terhadap aksi plagiarism dan clone mungkin memang mengerikan . Tapi sejauh ini saya baru tau ada hukum tentang plagiarism dan mungkin itu memang mengerikan . Dan apa saya peduli akan hal itu ? Tidak .

Im a Free Man


Apa begitu tulisannya ? Bodo amat . Saya bukan orang baik toh yang harus benar dalam mengeja danmenulis ? haha ...

Lalu apa yang akan saya lakukan ?


Terserah saya mau melakukan apa saja asal saya suka dan tidak merugikan orang lain .
Clon itu kan merugikan orang lain ... Masa ?

Apa setelah suatu situs saya Clone terus situs tersebut berkurang ??? Tidak .

Clone tidak kreatif


Saya sudah bosan menjadi orang kreatif . Dan saya ingin menjadi orang yang tidak kreatif ( Origin ) tapi kreatif dalam mengcloning .
Siapa bilang Cloner itu tidak kreatif . Apa sih arti kreatif ? Orang yang suka membuat . That's it . Saya salah mengartikan itu ? Apa saya harus selalu benar ? fufufufu


Clone itu Misteri


Clone itu bukan hal yang umum di bahas dimanapun . Danitu masih menjadi hal yang rahasia di dunia ilmuwan . Beberapa waktu lalu ada bocoran kasus kloning bayi dan kambing yang akhirnya kasus itu disamarkan oleh undang undang . Padahal Cloning masih terjadi dan terus berjalan .

Tidak semua orang bisa melakukan ini . Dan saya juga belum bisa :D , cuma asal jadi saja . yang penting judulnya Cloning .

Apa ini bukan saya ?



Arti cloner itu bisa meliputi tentang kamuflase yang mengerikan . Dan dalam kamus lesson English atau apalah saya lupa disebutkan bahwa Cloner adalah Orang yang berpakaian dan bertingkah seolah olah suatu kelompok atau perorangan . Tau artinya ?

Silahkan diterjemahkan .

Share this Article

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Anonymous
14 December 2013 at 23:37 delete

Ijin Kopas bang :)

avatar
15 December 2013 at 03:45 delete

Sertakan sumber sebagai penanggung jawab konten :)

avatar
7 January 2018 at 21:42 delete

Saya setuju dengan ente soalnya nggak mudah untuk mengclone suatu situs tanpa tau bagaimana struktur awal situs tersebut.

avatar

Arahkan Kursor dibawah ini untuk memberikan komentar.
No HyperLink dan Komentar Hit&Run akan diacuhkan . Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar EmoticonEmoticon